Ini adalah cerita saya tentang smartphone yang awet, yang punya banyak jasa dalam hari-hari saya. Yups, itulah Samsung J2 yang saya beli pada tahun 2016 lalu. Sekarang, sudah sekitar 5 tahun umurnya.

Samsung J2 launching pada bulan September 2015. Tidak menunggu waktu lama, awal tahun 2016 saya yang memang sudah memiliki trust dengan brand Samsung, langsung memilih hp yang mendukung 4G LTE ini. Saat itu, spesifikasi ini sedang naik daun memang.

Waktu itu, saya memang masih memiliki hape yang hanya bisa saya gunakan untuk panggilan telepon dan SMS saja. Paling banter, main game mini bawaan hpnya.

Namun, karena kebutuhan mendesak supaya bergabung dengan grup WhatsApp (WAG) wali murid, saya pun langsung beli smartphone. Samsung J2 pilihannya. Selain mencukupi keperluan seperti komunikasi lewat WAG, media sosial, juga harganya yang sesuai kantong saya waktu itu.

Memilih Handphone Seperti Menentukan Pasangan Hidup, Ahihi..

Jujur, bagi saya smartphone bukan sekedar untuk mengejar gaya hidup. Jadi, tidak ngoyo harus beli hp setiap ada keluaran baru.

Memilih hp layaknya menentukan jodoh, ahaha. Ya, ada benarnya kan, teman-teman? Soalnya zaman sekarang hp itu sangat membantu rutinitas kita. Kita sudah hampir tidak terpisahkan dengan yang namanya handphone.

Bahkan ada yang bilang, kalau orang lupa membawa handphone bakal panik dan rela balik lagi ke rumah. Sedangkan lupa barang lain, bisa santai.

Nah, terkait pilihan mengenai gadget, saya punya kriteria layaknya memilih jodoh. Apa saja?

1. Punya nasab yang baik

Memilih jodoh dengan nasab atau keturunan yang baik rasanya sudah sangat populer. Banyak orang memilih pasanga hidup dengan melihat apakah calon pasangannya berasal dari keluarga baik-baik, tidak punya riwayat kejahatan, keluarga dengan status sosial bagus, dan sebagainya.

Bagitu juga dengan smartphone. Bagi saya, Samsung adalah brand yang sudah saya percayai kualitasnya. Merek itu bagaikan nasab dalam hal calon pasangan hidup. Hihihi.

2. Tahan dalam menjalani banyak hal

Sama seperti jodoh, sebaiknya pasangan hidup adalah orang yang tidak mudah menyerah. Ada masalah sedikit, langsung pergi. Wkwk. Pasangan yang baik adalah yang berusaha mencari alasan bertahan dan memperbaiki kekurangan. Cie…

Samsung J2 juga begitu. Jasanya sangat banyak, namun tidak mudah rusak. Selama 5 tahun masih prima, lho. Pernah jatuh di atas aspal, pernah dibanting sama anak, sering jatuh dari meja, sering saya dan anak saya pakai untuk main game, dan lain-lain. Kondisinya masih bisa bekerjasama sampai sekarang.

Ya, hanya kualitas kamera makin berkurang, serta tampilan luarnya “luka-luka”. Sama kaya orang berumah tangga, pasti mata panda keluar, body jadi gendut, kena anemia, hahaha…

Lelah yang bernilai ibadah. Samsung juga kalau jadi orang, pasti punya banyak pahala, tuh… (Ekekekek.. lama-lama makin lebay saya)

3. Mendukung Produktivitas

Jodoh juga ada untuk saling mensupport, bukan malah menjatuhkan. Ye kan? Jangan sampai kita memilih pasangan yang malah membuat kita jatuh dan makin mundur. Pasangan yang baik adalah dia yang membuat kita sukses, semangat, dan makin berkualitas. Apapun peran kita.

Samsung J2 yang menamani saya juga banyak jasanya. Silaturahmi terus terjalin lewat berbagai aplikasi media sosial, WhatsApp, hiburan lewat game, menunjukkan arah lewat Google Map, berjualan online, dan lain-lain. Performa yang handal membuat semua lebih lancar. Awet, anti boros beli hape melulu.

Jasa Samsung J2 dalam Hidupku

Samsung J2 keluaran 2015
Samsung J2 saya sudah 5 tahun (difoto pake hape suami) xixixi

Meskipun memiliki harga relatif terjangkau, Samsung J2 saya ini telah berperan banyak dalam aktivitas saya. Selain untuk terhubung secara terus menerus dengan orang banyak, jasanya juga banyak. Apa aja?

1. Mendampingi Sekolah Anak

Tahun 2016 ketika anak saya masuk sekolah TK, di situ saya mulai mebutuhkan smartphone untuk bisa bergabung dengan wali murid lain. Setiap kelas pasti memerlukan WAG supaya koordinasi tetap lancar.

Maklum, kegiatan sekolah TK sangat memerlukan peran serta orang tua. Mulai dari mengatur jadwal snack, kegiatan komite sekolah, rapat wali murid, pemberitahuan jam jemput, perubahan jadwal, dan masih banyak lagi. Nggak kebayang kalau tidak gabung WAG ya. Pasti buta informasi.

2. Bisnis Online

Samsung J2 ini juga berjasa membantu bisnis online saya, lho. Tahun 2016 hingga 2019 saya aktif berjualan lewat media sosial dan WA. Cek ongkir dengan aplikasi, serta mengantar barang ke pelanggan satu kota dengan bantuan GPS yang ada di hape.

Berkat dukungan smartphone yang handal, jualan online lancar dan tambah laris. Hanya saja, sejak hamil dan punya bayi di tahun 2020, saya berhenti bisnis online karena keterbatasan waktu dan tenaga.

3. Menunjukkan Jalan Alternatif Saat Mudik

Saya lupa kapan mulai mencoba jalan alternatif mudik ke kampung halaman. Rute Purwokerto – Tasikmalaya biasanya saya tempuh lewat jalur memutar, melalui jalur kota selama hampir 9 jam lamnya ke kampung halaman saya. Kendaraan umum juga rutenya ke sana.

Namun, karena sudah ada Google Map, akhirnya suami inisiatif nyoba mudik dengan kendaraan pribadi melalui jalur alternatif yang lebih dekat. Waktu itu, perjalanan malam hari. Untungnya ada smartphone Samsung J2 punya saya.

Hape saya waktu itu masih kinclong, dan mulai mendaptkan hempasan pertamanya. Hape saya jatuh saat diganggam suami. Waktu itu, peta Google menunjukkan arah melalui jalan rusak dan kami pun terpaksa turun mengamati sekitar. Ketika itulah hape saya pertama kali lepas genggaman langsung dari tangan suami ketika berdiri ke jalan bebatuan.

Untungnya hapenya tidak kenapa-napa dan hanya sedikit sekali retak di pojok atas. Tidak sampai kena LCD. Kami pun tetap bisa melanjutkan perjalanan dan sampai tujuan dengan selamat.

4. Bermedia Sosial dan Silaturahmi

Meskipun punya kapasitas tidak terlalu banyak, Samsung J2 tetap bisa menampung aplikasi media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram bersamaan. Asal rajin membersihkan memori lewat Smart Manager, pasti space lega kembali.

Saya juga lancar menggunakan WhatsApp dan berinteraksi dengan banyak orang di sana. Baik alumni, teman baru, pelanggan, keluarga, dan lain-lain.

5. Sarana Menulis Kapan Saja dan Di Mana Saja

Smartphone ini teman setia saya menulis juga lho. Sejak 2019 akhir saya memutuskan menekuni blog, aplikasi Memo bisa saya gunakan untuk menulis setiap ide.

Ukurannya yang nyaman dalam genggaman, membuat saya bisa menulis draft postingan blog dengan nyaman. Bisa sambil rebahan, sambil duduk, saat menunggu antrian, dan lain-lain.

Setelah postingan blog saya rasa komplit, tinggal saya kirim ke email saya yang aktif untuk blogging. Nanti, bisa saya posting kapan saja melalui komputer Samsung.

Btw, komputer buat usaha keluarga (desain order percetakan, dll) serta blogging juga pake PC Samsung lho. Hihi… Fix penggemar Samsung.

6. Media Nonton Film dan Youtube

Jangan dikira jasa Samsung J2 hanya sampai di situ. Nonton film streaming dan Youtube juga lancar kok. Ketika saya sedang butuh hiburan, pengan nonton sambil rebahan di atas kasur, paling asik pake hape saya ini. Tinggal tap tap, cari, klik, nikmati film atau video di Youtube lancar terus.

7. Main Game Lancar

Kapasitas Samsung J2 masih kuat nampung aplikasi game berukuran ringan. Saya pernah main banyak game di hp ini. Ada bertani (lupa namanya), Subway Surfer, Mine Craft, game cacing-cacing (banyak jenis), dan lain-lain.

Hanya saja, memang kalau untuk game ukuran besar tentu bikin hape lemot. Namun, karena saya bukan penggila gaming, permaian bermuatan kecil sudah sangat menghibur.

Menjadi Blogger, Perlu Dukungan Smartphone Tangguh dan Memori Banyak

menjadi blogger mambutuhkan dukungan media yang bagus
Ngbelog makin asyik

Makin bertambah umur hape J2 ini, otomatis saya mulai mencari tahu penggantinya buat berjaga-jaga. Sejak sebelum pandemi terdeteksi di negara kita tercinta, akhir tahun 2019 lalu saya sudah berencana membeli hape baru.

Namun, karena Samsung J2 saya masih oke dan prima, sampai saat ini belum juga eksekusi beli baru. Yah, faktor belum urgen dan masih punya hp dengan kondisi baik. Meskipun, ada faktor budget, Hahaha… Masih nabung buat upgrade kualitas smartphone yang bisa mendukung kegiatan sebagai blogger.

Sebagai pembuat konten di blog, harus memiliki gadget pendukung. Biasanya blogger juga harus membuat foto produk yang cantik dengan hp, video, aplikasi editing, memiliki sokongan media sosial yang aktif, dan lain-lain. Semua itu memerlukan smartphone yang bagus.

Pengen Dapat Hadiah Kuis Samsung Galaxy A51

Nah, ketika ada info kuis di akun resmi @SamsungID di Twitter, saya langsung deh kepoin hadiah dan spesifikasi smartphonenya. Ternyata hadiahnya Samsung Galaxy A51 yang keren banget. Punya memori banyak sebesar 256 gb. Legaa banget kan?

Kamera juga bagus untuk selfie dan fotografi. Samsung Galaxy A51 punya banyak kelebihan yang saya cari untuk mendukung profesi saya sebagai blogger. RAM juga besar sehingga pertemuan komunitas lancar jika harus mengikuti Zoom Meeting, ikut berbagai kursus online, atau memakai lebih banyak aplikasi.

meme kuis Samsung Galaxy A51
begadang biar menang kuis Samsung, hahaha

Itulan curhat sekaligus ucapan terimakasih kepada smartphone Samsung kesayangan saya, Samsung J2 yang sudah berjasa selama 5 tahun ini. Semoga Admin kuisnya senang dengan ulasan ini. Xixixi.. Dan..temen-temen pembaca juga makin cinta dengan brand Samsung yang memang terkenal dengan performa produk yang handal. Semoga bermanfaat. Salam hangat, Dear..

Berita sebelumyaCara Memilih Popok Bayi yang Baik, Mulai dari Bahan Hingga Harganya
Berita berikutnyaAplikasi Kesehatan SehatQ, Direktori Medis Lengkap dalam Genggaman
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here