Tidak hanya orang tua baru, ayah bunda yang sudah berpengalaman juga bisa bingung dalam memilih popok bayi yang baik.

Seringkali kita memilih pampers bayi yang bagus dan aman berdasarkan merek atau harganya. Padahal, ada beberapa kriteria lainnya yang perlu kita pertimbangkan.

Selain hal itu, mempertimbangkan apakah akan memakaikan popok celana atau model perekat juga kadang jadi bahan pertimbangan. Begitu pula, apakah memilih yang harganya terjangkau atau yang lebih mahal.

7 Tips Memilih Popok Bayi yang Baik

Nah, dilansir dari Popmama, berikut ini adalah tips memilih popok bayi yang baik sehingga aman dan nyaman untuk si kecil. Cara ini dapat ayah bunda terapkan ketika ingin mencari popok sekali pakai untuk si kecil.

1. Menentukan Popok Perekat atau Tipe Celana

Biasanya pampers bayi ada dua tipe, yaitu model celana dan model perekat. Umumnya, popok perekat cocok untuk bayi baru lahir karena mudah untuk kita kenakan kepada bayi dan lebih tahan bocor.

Aktivitas bayi baru lahir juga tidak banyak, sehingga kita lebih mengutamakan kemudahan mengenakan dan melepasnya. Apalagi bayi baru lahir akan lebih sering berganti popok karena frekuensi pup lebih sering pula.

Sedangkan popok tipe celana lebih tepat kita pakaikan kepada bayi yang sudah mulai aktif. Bayi yang sudah mulai duduk, merangkak, dan bermain. Si kecil akan lebih leluasa bergerak. Memakaikan tipe popok celana lebih praktis, mudah, dan cepat.

2. Memiliki Lapisan Dalam yang Berpori

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), popok bayi yang bagus adalah yang memiliki lapisan dalam berpori.

Jenis diapers yang bagian dalamnya berpori dapat membantu sirkulasi udara dengan baik supaya kulit bayi cepat kering dan tidak lembap. Bayi pun terhindar dari ruam popok.

3. Menyerap Cairan dengan Baik

Cara menentukan daya serap yang kuat adalah dengan melihat bahan lapisan inti diaper. Sebagaimana kita tahu, popok sekali pakai terdiri dari lapisan dalam, lapisan inti, dan lapisan luar.

Nah, popok yang memiliki daya serap bagus biasanya lapisan intinya terbuat dari absorbent gelling material (AGM). Fungsi bahan ini dapat memisahkan cairan pipis dan pup bayi dengan cepat, menahan cairan, dan membuat pH tetap stabil.

4. Ada Perubahan Warna Bagian Luar

Meskipun popok sekali pakai dapat menahan cairan dalam waktu cukup lama, namun IDAI menyarankan menggantinya 2 hingga 3 jam sekali. Terutama setiap anak selesai pipis atau buang air besar (BAB).

Lebih baik, jika popok yang kita pilih memiliki “alarm” perubahan warna pada bagian luarnya jika terdapat urine di dalamnya.

5. Bagian Luar Popok Berpori, Bukan Waterproof

Biasanya diapers menggunakan bahan waterproof bagian luarnya agar tahan air. Namun, ternyata kita lebih disarankan membeli popok sekali pakai yang justru berpori bagian luarnya.

Alasannya, popok yang berpori bagian luarnya dapat menghindari masalah kulit bayi. Aman dan nyaman bagi kulit bayi, terutama yang sensitif.

6. Menentukan Ukuran Popok Berdasarkan Berat Badan

Kadang kita masih ragu memilih ukuran pampers. Anak dengan usia 6 bulan namun sudah memiliki berat 8 kg, misalnya. Tentu memilih popok lumayan bingung.

Sebenarnya, memilih pampers yang tepat adalah berdasarkan berat badan (BB) anak. Usia bayi yang sama biasanya memiliki BB yang berbeda satu sama lain.

Jadi, tentukan ukuran diapers yang ayah bunda beli dengan acuan bb si kecil saja. Biasanya merek setiap diaper mencantumkan rentang bb bayi untuk setiap ukuran.

7. Jangan Terpaku Pada Harga

Tips memilih popok bayi yang terakhir adalah mengenai harganya. Biasanya faktor ini menjadi acuan juga. Harga lebih hemat belum tentu baik untuk anak. Tergantung kondisi si kecil, misalnya memiliki kulit sensitive atau lebih sering pipis.

Begitu juga sebaliknya, harga popok yang ramah di kantong kadangkala juga tetap baik dan aman untuk buah hati.

Kuncinya, kenyamanan dan kesehatan bayi yang utama. Jangan sampai alasan harga malah mengakibatkan masalah kulit bayi, seperti ruam popok. Kulit bayi menjadi kemerahan hingga iritasi sehingga bayi jadi rewel.

Hasilnya, bukannya hemat, justru kita perlu mengeluarkan biaya lain untuk mengobati ruam popok pada bayi. Meski demikian, dalam kondisi tertentu, ruam popok bisa saja terjadi tanpa mengenal penggunaan diapers mahal atau tidak, ya.

Tips Mengatasi Ruam Popok dan Masalah Kulit Pada Bayi

Meskipun kita sebagai orang tua sudah berusaha mencegah ruam popok, namun ada kalanya bisa tetap terjadi. Misalnya bayi yang kulitnya sensitif atau faktor lainnya.

Oleh karena itu, sedia salep ruam popok itu penting supaya masalah kulit si kecil dapat diatasi dengan cepat.

Memilih krim atau salep ruam popok juga perlu kita perhatikan. Bahannya harus aman dan cepat menyembuhkan.

Rekomendasi salep ruam popok yang bagus adalah Mama’s Choice Baby Rash Cream. Krim dari Mama’s Choice ini juga bisa mengatasi masalah kulit pada bayi seperti biang keringat, ruam susu, dan termasuk ruam popok. Bahan dasarnya alami sehingga aman bagi kulit bayi yang sensitif.

Mamas Choice Baby Rash Cream
Krim Ruam Popok dari Mama’s Choice

Mengapa memilih krim ruam popok Mamas Choice? Mama’s Choice Baby Rash Cream punya empat keunggulan:

  1. Cepat menyembuhkan, hanya dengan 3 kali pemakaian
  2. Tidak lengket dan lebih cepat meresap
  3. Tidak mengandung bahan berbahaya, seperti Paraben, Phtalates, Alkohol, dan Mineral oil
  4. Sudah mengantongi sertifikat halal.

Di Mana Membeli Mama’s Choice Baby Rash Cream?

Bunda bisa membeli krim ruam bayi ini di Shopee dengan harga Rp. 89.000 ukuran 50 gram. Segera dapatkan kebutuhan bayi sekarang juga, karena ada promo spesial Shopee Moms Club 1st Birthday bagi anggota baru. Promo ini berlaku mulai dari tanggal 25 Februari sampai dengan 3 Maret 2021.

Apa saja promo Shopee Moms Club 1st Birthday? Bunda bisa mendapatkan hadiah gratis (jika merupakan member baru), dapat promo terbatas Rp. 1, cashback hingga 1 juta rupiah, serta promo-promo dari brand kebutuhan ibu dan bayi yang ternama. Salah satunya dari Mama’s Choice.

Apabila Bunda bergabung menjadi member Shopee Moms Club, Bunda bisa mendapatkan banyak promo menarik. Mulai dari hadiah gratis, harga eksklusif member, voucher cashback hingga 200 ribu, serta mendapatkan live streaming bersama KOL ternama serta pakar keseharan, lho.

Keren, kan? Belanja di Shopee dan manjadi bagian dari Shopee Moms Club, yuk.

Memilih popok bayi yang baik dan aman serta nyaman untuk bayi punya beberapa faktor. Di antaranya memakaikan tipe diapers sesuai kebutuhan bayi, punya pori di lapisan dalam, menyerap lebih cepat, dan lain-lain.

Meski begitu, kondisi kesehatan kulit bayi seperti ruam popok bisa saja terjadi meski sudah memimih popok bayi dengan ketat. Sediakan krim ruam kulit seperti Mama’s Choice Baby Rash Cream supaya kesehatan kulit bayi terawat dengan baik.

Berita sebelumyaPendanaan UMKM Menguntungkan di P2P Lending Akseleran
Berita berikutnya5 Tahun Bersama Samsung J2 yang Awet dan Prima
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here