About Me

blog iim rohimah

Halo…

Saya Iim Rohimah, seorang ibu rumah tangga lulusan S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam yang memutuskan untuk terjun dalam dunia blog sejak tahun 2019. Namun, sudah mulai otodidak menulis dan mengelola blog untuk “iseng” sejak 2012.

Tanah kelahiran saya di sebuah desa di Kabupaten Tasikmalaya. Saat ini saya tinggal di kota Purwokerto, Jawa Tengah bersama keluarga kecil saya.

Berawal dari kesenangan saya dalam menuliskan berbagai gagasan, punya banyak hal yang ingin saya tuangkan (curhat), saya memilih blog sebagai sarananya. Memang bukan karena punya skill menulis sebagaimana blogger kebanyakan, saya justru belajar menulis lewat kebiasaan ngeblog.

Jadi, memutuskan untuk terjun ke dunia blog bukan karena punya bakat menulis, namun sebaliknya, blog adalah tempat saya melatih kemampuan tersebut hingga saya benar-benar siap.

Bahkan, saya bisa benar-benar merasa percaya diri menyebut diri sebagai penulis blog setelah lulus S2 pada tahun 2020. Berkali-kali “dipaksa” menulis berbagai karya ilmiah dalam tugas perkuliahan dan tugas akhir untuk mencapai tulisan yang minimal sesuai Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang benar dan nyaman dibaca. Huhu….  

Kerjasama dalam Bentuk Tulisan Blog dan Juara Lomba

Meskipun tidak memiliki basic sebagai penulis – yang umumnya membuat tulisan enak dibaca – Saya tetap percaya diri menjadikan blog sebagai pilihan profesi. Mengapa? Blog termasuk sarana menulis yang cukup longgar. Bahkan, dengan bahasa santai pun tetap bisa diterima dalam dunia profesionalnya.

Selain itu, ada banyak parameter lain yang masih bisa saya kejar. Misalnya ilmu Search Engine Optimization (SEO), optimasi media sosial, mengatur tampilan blog, dan lain-lain. Dan saya menyukai kegiatan optimasi blog ini.

Bersyukur sampai saat ini, saya memiliki banyak relasi dan tergabung dalam berbagai komunitas blog yang membantu saya untuk meningkakan skill tersebut. Lewat mereka saya dapat ilmu baru. Apakah dari komunikasi dalam grup WhatsApp, workshop online di Google Meet atau Zoom, pelatihan blog, dan sebagainya.

Alhamdulillah sejak September 2020, sudah banyak brand bekerjasama dengan blog saya hingga kini. Mulai dari brand kecantikan, teknologi, finansial, food and bavarage, dan lain-lain.

Selain itu, saya juga mendapatkan kepercayaan sebagai juara favorit 1 Lomba Blog IndiHome di akhir tahun 2021 melaui artikel: “Cerita 6 Tahun Bersama Indihome, Aktivitas Tanpa Batas di Rumah

Tentang Blog Iimrohimah.com

Blog ini awalnya saya khususkan untuk membahas tentang tips dan gagasan terkait rumah tangga yang mengarah kepada kesetaraan gender. Saya memiliki ketertarikan untuk mengangkat isu tersebut karena latar belakang ideologi patriarkhi yang ada di kampung halaman saya.

Meskipun kemudian saya tinggal di perkotaan, ideologi seperti ini sangat mempengaruhi berbagai keputusan yang saya ambil setelah menikah. Butuh “wejangan” intensif dalam berbagai materi dari dosen dalam kuliah Pascasarjana untuk meluruskan berbagai pemikiran yang keliru soal kodrat perempuan dalam rumah tangga. Sehingga saya mulai berani menyuarakan keinginan saya, melangkah dengan percaya diri untuk menjalani karir saya (termasuk ngeblog), meminta bantuan suami untuk urusan pekerjaan rumah dan mengasuh anak, dan lain-lain.

Blog ini menjadi tempat saya menyuarakan pendapat dan bahkan unek-unek yang ada di hati dan pikiran saya – Betapa pemahaman patriarkhi itu merugikan diri sendiri sebagai istri dan seorang ibu. Apalagi jika suami ikut serta memiliki ideologi tersebut. Perempuan akan selalu “dilemahkan” perannya dalam rumah tangga.

Nah, kira-kira itu topik yang dulu saya bahas sampai saya benar-benar merasa lega. Lalu, tulisan dalam blog ini mulai berkembang ke berbagai topik. Apakah karena tuntutan permintaan brand dan agency, atau sekedar optimasi blog karena melihat animo pembaca dalam topik tertentu.

Jadi, yaps blog ini kini merupakan blog “gado-gado” yang banyak topiknya. Iimrohimah.com ini membahas tentang lifestyle, teknologi, parenting, bisnis, kecantikan, properti, home decor, otomotif, dan lain-lain.

Nah, karena saya merasa sangat ingin punya blog dengan niche khusus, saya mulai launching blog lainnya, yaitu;

  1. Bisniskulinerku.com, membahas tentang bisnis dalam bidang kuliner dan hal-hal terkait food and bavarage. Blog ini saya khususkan untuk terget AdSensens karena memiliki internal linking yang lebih kuat dan potensi visitor lebih tinggi. Meskipun, sudah banyak juga menerima job menulis dan content placement berbayar.
  2. Hellocantik.id, mengulas tentang dunia kecantikan dan tips seputar beauty.
  3. Galihfamily.com, berisi tulisan tentang parenting, pendidikan, dan lifestyle terkait keluarga.

Jika ada yang ingin Teman-teman sampaikan atau menjalin kerjasama, Teman-teman dapat hubungi saya melalui email : blogiimrohimah@gmail.com atau lihat selengkapnya di halaman Kontak Saya.

Semoga kita semua selalu diberikan rezeki berlimpah dan kesehatan oleh-Nya.

Salam Hangat,

Iim Rohimah