Sekarang, mencari kursus online bersertifikat semakin mudah. Terutama semenjak adanya pandemi Covid 19 yang mengharuskan banyak aktivitas kita lakukan dari rumah. Mendapatkan pelatihan keterampilan bisa kita peroleh lewat gawai dan komputer saja, lho.

Teman-teman pasti sudah kenal dengan situs skillacademy.com ya? Nah, situs ini adalah tempat paling tepat untuk memperoleh pelatihan online dengan mudah. Cek langsung ke situsnya, di sana banyak sekali kelas online bersertifikat yang bisa kita ikuti.

Mulai dari kelas softskill seperti public speaking hingga kelas komputer dan persiapan tes seperti tes CPNS dan TOEFL juga ada. Komplit. Supaya makin jelas, yuk kita ketahui berbagai hal tentang kursus online bersertifikat di Skill Academy.

Tentang Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada bidang pendidikan yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. Ada 22 juta pengguna yang mengikuti berbagai bidang pelajaran di situs ini. Skill Academy merupakan inovasi terbaru dari Ruangguru.

Tahun 2020, Skill Academy memiliki pengguna mencapai 4 juta dalam satu tahun. Aplikasi Skill Academy juga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dengan memperoleh rating 5 dari 350 ribu ulasan pengguna. Maka dari itu, aplikasi ini mendapatkan penghargaan dari Dailysocial dan Best Personal Growth App dari Google Playstore. Keren, bukan?

3 Keunggulan Mengikuti Kursus Online Bersertifikat di Skill Academy

Kelas online di Skill Academy juga termasuk ekonomis serta terjangkau. Apalagi, instrukturnya sudah terpercaya dan setiap materi dapat kita akses selamanya. Jadi, tidak ada yang namanya ikut kelas lalu kehilangan catatan materinya.

Selain itu, kita mendapatkan sertifikat setiap kali mengikuti kelas online di Skill Academy. Sertifikat ini penting sekali karena sering menjadi bahan untuk branding diri. Jika kita mengikuti pelatihan keterampilan, tentu akan sangat meyakinkan jika memiliki sertifikatnya.

keunggulan kursus online bersertifikat di Skil Academy
tiga keunggulan kursus online di Skill Academy

Ada Kursus Online Apa Saja di Skill Academy?

Yups, seberapa lengkap kursus online bersertifikat di situs ini? Kalian bisa lihat pilihan pelatihannya di bagian atas situs Skill Academy.

1. Kelas Mentoring

Di kelas mentoring, ada bimbingan karir untuk memperoleh pekerjaan. Biasanya di sekolah ataupun di tempat kuliah tidak ada yang namanya ilmu membuat surat lamaran kerja, membuat curriculum vitae (CV) yang baik dan benar, serta tips mengikuti interview kerja. Skill seperti ini sangat penting supaya makin memudahkan kita saat melamar kerja.

2. Bisnis dan Keuangan

Kelas online bisnis dan keuangan lebih beragam dan banyak pilihannya. Ilmu finansial hingga merintis usaha ada di sini. Misalnya kalian ingin merintis usaha bidang travelling, make up artist, dan lain-lain bisa cari di sini. Begitu juga tips mengelola keuangan dan investasi juga ada.

3. Kelas Pemasaran

Pelatihan marketing atau pemasaran sangat kita butuhkan. Mulai dari keterampilan memasarkan produk secara umum hingga digital dan content marketing ada di sini. Tips bisnis online shop di Instagram, membuat iklan di Google Ads, cara mendapatkan penghasilan melalui blog, cara membuat foto produk dengan hp, dan lain-lain begitu beragam.

4. Pengembangan Diri

Ada apa di kelas pengembangan diri? Sebagaimana kita tahu, pengembangan diri adalah proses kita dalam membantuk bakat dan potensi diri melalui pembelajaran berulang. Seringkali pengembangan diri tidak kita dapat di bangku sekolah, ya.

Nah, kursus online bersertifikat di Skill Academy punya kok pelatihan pengembangan diri yang bisa kita ikuti. Misalnya teknik memandu talk show, memulai karir sebagai aktor, melakukan presentasi penjualan hingga closing, dan banyak lagi.

5. Teknologi dan Software

Pernah merasa kesulitan dalam salah satu bidang teknologi? Misalnya ketika mendapat tugas membuat laporan keuangan di sekolah, atau kebetulan ada pekerjaan incaran yang memerlukan skill komputer? Misalnya memerlukan penguasaan Microsoft Excel sementara skill kita kurang, bahkan belum pernah bersentuhan sama sekali dengan software ini.

Nah, di Skill Academy by Ruanggguru, kita bisa ikuti berbagai kursus online bersertifikat dalam bidang tersebut dengan mudah. Bagitu juga dengan bidang teknologi dan software lainnya seperti belajar menulis untuk aplikasi, pemrograman, membuat website toko online, dan lain sebagainya.

6. Persiapan Tes

Ada yang membutuhkan pelatihan online untuk persiapan tes CPNS atau tes TOEFL dan sebagainya? Di sini mudah sekali kita dapatkan. Selain harganya yang relatif ekonomis, juga mengikutinya pratis.

Berbagai pelatihan untuk persiapan tes bisa kita pilih. Mulai dari try out CPNS, tes SKD, tes SKB bidang keguruan, dan bidang lainnya, penguasaan Grammar Bahasa Inggris, pelatihan menghadapi tes TOEFL, baik pemula maupun tingkat lanjut.

7. Prakerja

Buat yang pernah mendaftar situs Prakerja, pasti sudah tahu ya bahwa program pemerintah satu ini punya agenda pelatihan juga. Skill Academy by Ruanggguru kini bekerjasama dengan program Prakerja ini. Pada bagian menu Prakerja, teman-teman bisa menemukan juga banyak pelatihan online bersertifikat seperti saya sebutkan di atas.

Cara Daftar dan Mengikuti Kursus Online di Skil Academy by Ruangguru

Mendaftar di Skill Academy mudah sekali. Ada dua cara yang bisa kita lakukan. Bisa melalui website atau melalui aplikasi yang bisa kita unduh di Playstore atau Apps Store.

Daftar Melalui Website

cara daftar kursus online skill academy
cara daftar Skill Academy by Ruangguru

Buka situs https://skillacademy.com/ kemudian klik “Daftar” yang ada di pojok kanan atas.

Isi nama lengkap, email, nomor handphone, dan kata sandi. Lalu klik tombol “Daftar”.

Untuk kata sandi, pastikan terdiri dari huruf besar, huruf kecil, angka, dan symbol. Minimal 8 karakter, ya.

Daftar Skill Academy via Aplikasi

cara daftar Skill Academy melalui Aplikasi
Daftar Skill Academy via Aplikasi

Cara lainnya tidak kalah mudah. Teman-teman bisa install aplikasi dengan nama “Skill Academy” di Google Play Store atau App Store.

Pilih menu “lainnya” yang ada di kiri bawah layar. Akan muncul tombol “Daftar” dan “Masuk” di bagian atas. Pilih “Daftar”.

Sama seperti via website, teman-teman tinggal mengisi data lengkap di sana ya. Nama lengkap, email, nomor hp, dan kata sandi.

Oh ya, teman-teman juga bisa mendaftar melalui Facebook atau akun Google yang sudah teman-teman miliki ya. Tinggal pilih saja dan masuk melalui akun yang sudah ada.

Setelah daftar, kita akan diarahkan kembali ke halaman utama. Teman-teman bisa mulai mengedit dan melengkapi profil yang terdiri dari jenis kelamin dan tanggal lahir.

Selanjutnya, kita bisa langsung memilih kelas online yang kita butuhkan.

Bagaimana Cara Membeli Kelas Online Bresertifikat di Skill Academy?

Sebelum memilih kelas, lakukan “login” atau “masuk” terlebih dahulu. Kemudian bisa mengakses aneka kursus online bersertifikat di halaman utama Skill Academy.

1. Cari dan Pilih Kelas Online Bersertifikat

Apakah memilih langsung perkategori atau mencari kelas di kolom pencarian yang ada di bagian atas website atau aplikasi.

Misalnya saya akan membeli kelas online “Membuat Foto Produk dengan Smartphone”, tapi tidak ada di halaman utama maupun kategori. Saya tinggal mencoba mencari di kolom pencarian dengan kata kunci yang berkaitan dengan itu. Saya coba cari “membuat foto produk” dan taraaa… muncul satu kursus online bersertifikat dengan nama “Mahir Foto Produk Menggunakan Hp”.

Apa yang saya cari pun sudah saya temukan. Jangan lupa sebelum memutuskan membeli kelas online, baca deskripsi kelas secara menyeluruh supaya menghindari kekeliruan. Perhatikan juga penilaian dari peserta lainnya. Semakin baik ratingnya, kemungkinan kelas tersebut memang bagus untuk kita ikuti.

Jika sudah mantap, klik tombol “Beli Sekarang”. Lalu, kita akan diarahkan ke halaman metode pambayaran.

2. Lakukan Pembayaran

cara membeli kursus online bersertifikat di Skill Academy by Ruangguru
Mamilik metode pembayaran

Metode pembayaran termasuk beragam. Kita bisa melakukan pembayaran via E-wallet Go Pay atau OVO. Bisa juga melalui transfer bank dengan virtual account lewat akun bank BCA, BNI, Mandiri, dan Bank BRI. Selain itu, bisa juga melalui kasir minimarket Indomaret, alfamart, AlfaMidi, Lawson, DAN-DAN. Bisa juga via kartu kreadit Mastercard, Visa, JCB, atau American Express. Lumayan lengkap.

Jika kita punya voucher, bisa klik bagian “Saya Memiliki Voucher” dan isikan voucher di kolom yang tersedia. Klik “Gunakan Voucher”. Apabila metode pembayaran sudah kita tentukan, saatnya “CHECKOUT”.

3. Ikuti Kursus Online

Apabila semua proses pembayaran telah selesai, kita sudah bisa menggunakan kelas yang kita beli. Kembali ke hamalan utama dan masuk ke “kelas saya” dan ikuti kursus online bersertifikat dengan leluasa. Setelah selesai, kita akan menjawab pertanyaan dan mendapatkan sertifikat. Mudah kan?

Kesimpulan

Adanya pelatihan online yang mumpuni dapat membantu kita dalam upgrade keterampilan. Apakah untuk menyiapkan diri di dunia kerja, meningkatkan branding diri di lapangan kerja, atau bertujuan membangun usaha secara mandiri.

Mau upgrade skill? Yuk segera daftarkan diri dan dapatkan kursus online bersertifikat di situs yang terpercaya Skill Academy by Ruangguru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here