Cara Mudah Membuat Foto Produk Cantik Menggunakan Smartphone

Gambar bisa menceritakan lebih banyak hal ketimbang kata-kata. Oleh karena itu, seorang content creator juga perlu keterampilan membuat foto produk. Ini penting dalam kegiatannya membuat content marketing.

Mengapa foto produk? Ya, karena biasanya pembuat konten, khususnya blogger seperti saya seringkali berhadapan dengan job review produk atau menjadi influencer sebuah brand.

Blogger maupun influencer media sosial biasanya mendapatkan kesempatan mencoba produk dari sebuah brand, kemudian harus menginformasikan produk tersebut lewat tulisan dan gambar yang bagus.

Memang banyak orang bilang bahwa dalam fotografi tidak ada salah dan benar. Semua adalah karya seni yang subjektif. Namun, dalam membuat foto produk ada beberapa “hukum” yang berlaku bagi setiap pembuat konten.

Misalnya, foto produk harus jelas, pencahayaan yang baik, serta tidak mengubah warna aslinya. Meskipun sesekali perlu mengedit hasil foto produk supaya lebih cerah dan menarik.

Membuat Foto Produk Bersama Kanayant Online School

Karena kebutuhan tersebut, saya mendapatkan kesempatan mengikuti kelas online di WAG (WhatsApp Group) yang diselenggarakan oleh Kanayant Online School (KOS), yaitu sebuah bisnis di bidang pendidikan online untuk para perempuan. Silahkan cek link tersebut untuk info lebih lanjut ya.

Tujuan KOS adalah agar perempuan yang telah berumah tangga mampu berbisnis dari rumah melalui jalur pemasaran online. Para wanita ini, dalam komunitas Kanayant disebut sebagai Dasterpreneur. Weiihh.. salut deh sama para dasterpreneur!

Oh ya, materi membuat foto produk ini aslinya berjudul “Tips Mudah Foto Produk Cantik Pakai Hape” dengan pemateri, Cikgu Sinta. Beliau bernama lengkap Sinta Ro’iyyati dan juga merupakan Dasterpreneur dan mentor fotografi di KOS. Materi ini sudah mendapatkan izin posting dari admin KOS juga.

Persiapan Membuat Foto Produk dengan Handphone

Sebelum menjepret objek foto, ada beberapa peralatan penting yang perlu kita siapkan. Tenang, tidak ribet kok. Cukup perlengkapan sederhana yang ada di rumah. Apa saja?

membuat foto produk dengan hp
membuat foto produk dengan alas warna hitam
  1. Lantai atau meja
  2. Alas Hitam doff atau alas yang tidak mengkilap ( bisa kertas, atau jilbab segi empat)
  3. Produk
  4. Properti (aksesoris yang mempercantik foto, misal bunga atau bebatuan cantik)
  5. Handphone

Selain perralatan, kita juga perlu menyiapkan setting kamera hape supaya sesuai ya. Pastikan setting kaera 3:4 atau 1:1 (segi empat). Saat memotret, posisi kamera sebaiknya vertikal meskipun tidak wajib. Silahkan sesuaikan dengan kebiasaan atau kenyamanan kita.

Proses Memotret Produk

Kini kita akan melakukan pemotretan dengan kamera hape. Ada beberapa langkah mudah dalam membuat foto produk. Caranya simpel.

  1. Posisikan meja di tempat yg terang. Misalnya di teras atau deket jendela atau pintu.
  2. Bentangkan alas diatas lantai atau meja. Pastikan tdk ada lipatan supaya hasilnya merata.
  3. Letakkan produk di tengah
  4. Posisikan kamera di atas objek (top angle)

Posisi kamera ada di atas (top angle).

Sesuaikan dengan objek yang mau kita foto. Misalnya produk yang mungkin tidak menggunakan top angle adalah minuman dalam gelas, sepatu yang ingin kita shoot dari samping, dan sebagainya.

Tahap Terakhir, Mengedit Foto

Kenapa diedit? Jadi tidak jujur dong. Hihi… Kadang terlintas begitu ya di pikiran kita. Ya barangkali begitu. Tenang saja. Fungsi editing foto ini adalah menghilangkan objek-objek yang tidak diinginkan seperti warna background yang membuat hasil jepretan kurang menarik, atau mempertegas warna dan mencerahkan foto agar lebih menarik.

Cikgu Sinta merekomendasikan aplikasi Snapseed untuk mengedit foto produk kita. Silahkan teman-teman download di smartphone masing-masing ya. Untuk praktek, bisa coba sendiri secara otodidak.

Oh ya, alasan mengguanakan alas atau background hitam di sini fngsinya. Warna hitam itu paling simpel dan paling mudah saat proses editing.

foto produk latar warna hitam
hasil foto sebelum editing
foto background hitam
foto setelah editing

Tips Agar Menghasilkan Foto Produk yang Kreatif dan Cantik

Ada sesi pertanyaan yang sayang untuk kita abaikan ilmunya. Bukan hanya sayang untuk diabaikan sih, tapi memang bermanfaat sekali.

Pertama, supaya kita punya banyak ide kreatif dalam menghasilkan foto, kita perlu sering menjelajahi gambar-gambar produk di Instagram (IG). Begitu kata Cikgu Sinta.

Kedua, harus sering latihan agar semakin paham kekurangan kita dalam memotret. Selain itu, kita akan semakin lihai juga dalam penataan objek foto.

Ketiga, foto menggunakan hape sebenarnya lebih direkomendasikan di luar ruangan jika di dalam rumah kurang cukup cahaya. Bisa sebenarnya kita membuat studio mini khusus untuk memotret produk. Namun, jika tidak ada, maka solusinya memotret di luar ruangan menggunakan cahaya ilahi.

Keempat, memotret produk dengan hape di luar ruangan sangat baik dilakukan pada pagi hari pukul 8 sd 10 dan pukul 3 sd 4 sore. Jam-jam tersebut sering disebut jam emas untuk memotret.

Kelima, rajin-rajinlah mengoleksi benda-benda cantik dan unik untuk melengkapi aksesoris foto produk. Tidak perlu mahal kok. Sebenarnya tidak beli juga bisa kalau kita kreatif. Bisa menggunakan bunga yang tumbuh di taman rumah, dedaunan, ranting, atau hiasan yang ada di rumah.

Nah, itulah Cara Mudah Membuat Foto Produk Cantik Menggunakan Smartphone yang sangat beranfaat bagi fotografer pemula. Meskipun masih awam di dunia fotografi, namun tips ini sangat mudah diaplikasikan. Setiap content creator pasti bisa menghasilkan gambar cantik dengan cara sederhana ini. Good luck!

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Membuat Foto Produk Cantik Menggunakan Smartphone”

  1. memang kalau udah profesional foto pke kamera handphone pun akan terlihat oke ya mbak. eh nggak perlu profesional ding, asal punya poperti, pencahayaan cukup, dan menguasai beberapa teknik pengambilan angel pasti hasilnya ciamik. sepakat banget sih, untuk menghasilkan foto produk yang bagus wajib banget sering latihan 🙂

    Balas

Tinggalkan komentar