Apa saja cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Pembengkakan kaki saat hamil, terutama saat hamil tua biasa terjadi. Bahkan seringkali kaki bengkak saat hamil terjadi sejak memasuki trimester kedua. Tidak jarang, usia kehamilan lima bulan ibu hamil sudah mengalami bengkak di kaki.

Sebenarnya, kaki bengkak saat hamil normal terjadi selama bukan bengkak hanya salah satu bagian kaki. Karena ada kondisi bengkak bagian tubuh saat hamil yang termasuk berbahaya. Jika bumil mengalami kaki bengkak di kedua kaki, itu karena bumil menghasilkan lebih banyak cairan di tubuhnya. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon.

Inilah 7 Cara Ampuh Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

Meskipun begitu, kaki bengkak ini membuat bumil tidak nyaman sehingga ingin mengatasinya. Nah, berikut ini ada 7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil.

1. Jangan terlalu banyak berdiri maupun lama duduk

Terlalu lama duduk maupun berdiri dapat menghambat peredaran darah lho Bun… terutama di bagian kaki. Terlalu lama berdiri juga dengan kondisi perut yang membesar membuat kaki menopang berat berlebih sehingga menyebabkan pembengkakan pada kaki.

Jika kondisi Bunda yang mengharuskan duduk lama seperti karena tuntutan pekerjaan, Bunda bias sesekali berdiri atau berjalan. Hal ini supaya memperlancar peredaran darah di tubuh terutama di area kaki.

2. Kurangi Asupan garam

Apabila kaki Bunda mulai membengkak, maka kurangilah konsumsi garam. Asupan garam yang terlalu berlebih bisa memperparah pembengkakan. Hal ini disebabkan garam dapat meningkatkan prosuksi cairan di tubuh.

Garam tidak hanya dalam bentuk fisik garam yang ada di dapur. Makanan seperti junk food misalnya memiliki kandungan garam dan MSG yang banyak. Jadi, selagi hamil, usahakan kurangi bahkan sedapat mungkin libur makanan semacam itu ya Bun.

Sebaliknya, Bunda justru dianjurkan memperbanyak asupan potassium tinggi. Kandungannya banyak terdapat pada bayam, kentang, alpukat, pisang, dan ikan salmon. Selain sehat, juga dapat mengurangi kaki bengkak yang Bunda alami.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Tidak hanya Bunda yang mungkin heran, kenapa kondisi bengkak yang disebabkan banyak cairan malah ditambah asupan banyak air? Jawabannya karena air putih tidak menambah cairan yang menjadi penyebab kaki bengkak. Cairan air putih justru dapat melancarkan sirkulasi darah kita serta melancarkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

Jadi, wajar sekali dengan menambah asupan air putih dapat mengurangi bengkak atau bahkan mengobatinya.

4. Gunakan Sandal atau Alas Kaki yang Nyaman

Selama hamil, terutama memasuki trimester tiga, kaki akan menopang beban tubuh lebih berat. Kondisi ini menuntut perlakuan yang nyaman dan baik untuk kaki Bunda. 

Selain nyaman, usahakan alas kaki baik sandal maupun sepatu yang empuk, tidak terlalu tinggi (apalagi sejenis high hills). Juga jangan gunakan sepatu yang ujungnya lancip, karena dapat menghambat peredaran darah serta membuat Bunda tidak nyaman.

5. Posisikan Kaki Lebih Tinggi Ketika Duduk

Selain menghindari menyilangkan kaki dan menggantung kaki saat duduk, Bunda dianjurkan mengganjal kedua kaki dengan bantal agar posisi kaki lebih tinggi. Jika tidak memungkinkan melakukan ini di setiap waktu, lakukan di malam hari saat tidur maupun sedang duduk rileks.

Memanjangkan kaki sambal diganjal bantal ini dapat melancarkan peredaran darah yang terhambat. Jika Bunda di kantor dan membuat posisi kaki menggantung saat duduk, Bunda juga bisa mengganjal kaki dengan box atau benda lainnya.

6.  Berenang

Olahraga sangat dianjurkan selama hamil, kecuali untuk bumil yang mengalami masalah kehamilan. Olahraga dapat menyehatkan tubuh dan melancarkan persalinan. Salah satunya renang yang dipercaya dapat mengatasi pembengkakan pada kaki.

Namun, apabila olahraga renang ini bertentangan dengan saran dokter atau bidan, bumil bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi kaki bengkak. Kondisi yang tidak memperbolehkan renang biasanya dokter sarankan apabila perut bumil tergolong longgar, sehingga Bayi yang tadinya sudah di posisi kepala di bawah dikhawatirkan kembali berotasi sungsang. Alternatif olahraga bagi bumil dengan masalah tersebut bisa dengan memperbanyak jalan kaki. Berjalan kaki dapat memperlancar aliran darah di area kaki.Jika tidak ada persoalan demikian, dan dokter memperbolehkan, renang bisa menjadi solusi, karena olahraga ini dapat melancarkan peredaran darah dan melatih pernapasan.

7. Melakukan Senam Telapak Kaki

Caranya bagaimana? Sebagaimana dilansir dari PopMama, cara ini juga dapat mengatasi kaki bengkak saat hamil lho Bun.

Caranya mudah saja. Bunda duduk di lantai dengan meluruskan kedua kaki. Gerakan kedua telapak kaki ke depan, kemudian luruskan lagi. Lakukan ini selama 8 hitungan x 3. Kemudian  memutar telapak kaki, serta Gerakan membuka menutup telapak kaki (lipat ke tengah).

Lakukan senam telapak kaki ini setiap hari terutama sebelum tidur atau saat bangun tidur. Gerakan ini dapat mengurangi bengkak juga mencegahnya sebelum terjadi.

Itulah 7 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya Bun! Semoga Bunda dan dedek bayi sehat selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here