manfaat minyak cengkeh
Kesehatan,  Tips

Selain Obat Sakit Gigi Alami, Yuk Ketahui 5 Manfaat Minyak Cengkeh

Biasanya, orang mengenal manfaat minyak cengkeh untuk sakit gigi, termasuk saya. Minyak cengkeh biasanya menjadi pilihan paling cocok sebagai obat sakit gigi untuk anak maupun orang dewasa.

Mengapa? Sebagaimana dilansir dari tanyapepsodent.com, minyak cengkeh mempunyai kandungan zat yang bisa menimbulkan efek mati rasa pada gigi dan gusi. Bila gigi anak sedang sakit, maka wajar jika minyak cengkeh mampu mengatasi sakit gigi buah hati kita.

Bukan hanya anak, orang dewasa juga bisa mendapatkan khasiat minyak cengkeh jika sakit gigi. Caranya, tuangkan minyak cengkeh pada kapas, lalu tempelkan atau selipkan pada gigi yang sakit. Manfaat minyak cengkeh ini bisa menjadi bius lokal sehingga bisa meredakan rasa sakit di area gigi hingga rasa sakit itu hilang.

5 Manfaat Minyak Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak cengkeh untuk mengobati sakit gigi memang bagus sekali ya. Minyak ini cocok untuk sedia di rumah dan menjadi salah satu stok bahan alami untuk kesehatan keluarga.

Nah, selain untuk gigi, ternyata minyak cengkeh punya manfaat lainnya untuk kesehatan. Jika Ayah Bunda punya minyak ini di rumah, siapa tahu bisa digunakan untuk keperluan kesehatan berikut ini.

Mengatasi Mual

Jika Ayah Bunda punya minyak cengkeh di rumah, khasiatnya juga baik untuk mengatasi mual lho. Minyak cengkeh bisa untuk aromatherapy dan dipercaya menguragi mual dan muntah.

Bagaimana cara mengobati mual atau muntah dengan minyak cengkeh? Caranya, oleskan minyak cengkeh pada bantal atau sapu tangan untuk dihirup orang yang sedang mengalami mual atau muntah supaya lekas membaik. Pusing yang biasa menyertai mual muntah juga bisa berangsur pulih dengan herbal alami ini.

Meredakan Sakit Kepala

Khasiat minyak cengkeh juaga ampuh untuk meredakan sakit kepala. Cara meredekan sakit kepala dengan minyak cengkeh adalah dengan mengoleskannya pada dahi penderita.

Proses penyembuhan terjadi karena minyak ini bisa meredakan ketegangan pada pembuluh darah penyebab sakit kepala. Minyak cengkeh ini mengandung banyak flavonoid yang ampuh sebagai antiperadangan penyebab ketegangan tersebut.

Jadi, bila Ayah Bunda atau anggota keluarga sakit kepala, minyak cengkeh bisa menjadi obat alami untuk meredakannya.

Mengatasi Masalah Pernapasan

Minyak cengkeh juga bagus untuk masalah pernafasan lho. Kandungannya yang memiliki efek pendingin dan antiperadangan ini membuat saluran hidung lebih lega. Selain itu, kandungan ekspektoran yang ada apada minyak cengkeh mampu mengatasi masalah pernafasan berupa pilek, batuk, bronchitis, asma, dan sinusitis. Menghirup minyak cengkeh dipercaya mampu mengatasi masalah pernafasan tersebut.

Mengatasi Jerawat

Selain manfaat kesehatan tadi, ternyata manfaat minyak cengkeh juga baik untuk masalah kulit seperti jerawat. Sifat antimikroba yang kuat mampu menghambat pertumbuhan bakteri seperti bakteri staphylococcus penyebab jerawat, bisul, lepuh, impertigo, dan ruam.

Cara mengobati jerawat dengan minyak cengkeh adalah dengan meneteskan minyak cengkeh pada kapas lalu mengoleskannya pada area kulit berjerawat. Setelah kering, bilas dengan air bersih.

Mengobati Infeksi Jamur

Manfaat minyak cengkeh untuk kulit lainnya adalah megobati infeksi jamur. Selain antimikroba, minyak cengkeh memiliki kandungan antijamur juga. Kandungan antijamur dalam minyak cengkeh adalah eugenol dan carvacol mampu mengobati kandiasis yang disebabkan jamur candida albicans. Jamur ini menjadi penyebab infeksi pada mulut, kuku, telinga, vagina, hidung, dan saluran pencernaan.

Cara mengobati infeksi jamur pada kulit, sama seperti mengobati jerawat di atas ya. Namun, untuk mengatasi infeksi jamur pada saluran pencernaan, adalah dengan mengonsumsinya dalam jumlah sedikit. Hanya saja, harus dengan pengawasan dokter ya.

Ternyata, manfaat minyak cengkeh banyak ya. Selaian khasiatnya yang terkenal untuk mengobati sakit gigi, minyak cengkeh bisa menjadi obat alami untuk berbagai masalah kesehatan sperti mual, muntah, sakit kepala, masalah pernafasan, serta masalah kulit seperti jamur dan masalah jerawat.

Oh ya, artikel ini punya sumber terpercaya kok. Berikut ini adalah sumber referensinya:
https://www.tanyapepsodent.com/artikel/anak-anak/sakit-gigi-pada-anak-inilah-penyebab-dan-cara-mengatasi-dari-ahlinya.html
https://www.sehatq.com/artikel/9-manfaat-minyak-cengkeh-yang-sayang-untuk-dilewatkan

Itulah manfaat minyak cengkeh selain untuk mengobati sakit gigi. Melihat manafaatnya yang banyak, rasanya minyak cengkeh ini layak menjadi bagian dari bahan yang perlu kita sediakan di rumah.

14 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *