Punya Rencana Liburan? Yuk Atur Liburan Agar Lebih Menyenangkan

tips membuat rencana liburan agar menyenagkan dan berkesan
Vacation, by Freepik.com

Apakah Anda sedang ada rencana liburan dan menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang terkasih? Jika iya, maka Anda harus menyiapkan berbagai hal penting agar wisata menjadi lebih menyenangkan.

Tidak perlu khawatir, ditengah kesibukan Anda tetap bisa mengurus berbagai akomodasi traveling dengan menggunakan promo dari Traveloka.

6 Tips Mempersiapkan Liburan Agar Berkesan dan Menyenangkan

Apa saja yang perlu Anda persiapkan ketika berlibur? Berikut ini adalah tips rencana liburan agar lebih seru dan berkesan. Tentunya, juga akan nyaman.

1. Menentukan Jadwal Liburan

Hal yang sangat penting untuk pergi berlibur bersama dengan orang-orang terkasih ialah menentukan jadwal liburan.

Setiap orang tentu memiliki kesibukan masing-masing yang berbeda, oleh karenanya Anda perlu menentukan jadwal liburan yang tepat.

Tentukanlah jadwal liburan yang memungkinkan semua orang untuk bisa bergabung. Dengan menentukan tanggal yang pasti, maka keperluan liburan lainnya dapat Anda urus dengan lebih mudah.

2. Memilih Tempat Liburan

Sudah menentukan tanggal liburan, kini Anda harus menentukan destinasi liburan. Apakah Anda hanya ingin mengunjungi satu daerah atau lebih, diskusikan dengan rombongan lainnya.

Anda bisa memilih untuk berlibur di luar kota, destinasi populer seperti Jogja, Bandung, Bali, Malang, Lombok dan tempat lainnya.

Lakukanlah riset sebelumnya dan temukan daerah yang memang menarik perhatian Anda. Pilihlah daerah yang memang memiliki banyak pilihan objek wisata.

3. Pilih Transportasi Keberangkatan

Tips rencana liburan selanjutnya adalah memilih transportasi untuk keberangkatan. Anda harus menentukan bagaimana cara Anda untuk mengunjungi destinasi wisata. Apakah harus menggunakan jalur udara atau bisa juga menggunakan jalur darat.

Apabila memang waktu Anda sedikit, maka menggunakan jalur udara akan lebih tepat karena bisa memangkas waktu perjalanan.

Belilah tiket pesawat di tempat yang terpercaya, yakni Traveloka. Anda bisa menemukan berbagai jadwal penerbangan dengan berbagai pilihan maskapai.

Tentunya, Anda juga bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau dengan berbagai promo yang tersedia.

Selain tiket pesawat, Anda juga bisa menemukan tiket kereta api, bus dan sebagainya untuk membuat liburan menjadi lebih nyaman.

4. Pilih Hotel

Pemilihan hotel menjadi sangat penting untuk membuat liburan menjadi lebih nyaman. Oleh karenanya, Anda bisa melakukan riset untuk menemukan hotel mana yang cocok dan akan nyaman untuk Anda jadikan tempat beristirahat saat berlibur.

Bagaimana cara menentukan hotel yang tepat? Anda perlu memperhatikan lokasi hotel apakah dekat dengan berbagai tempat, atau tidak? Misal Anda ingin liburan staycation di sekitaran Malioboro Jogja, maka memilih penginapan di Jogja berupa hotel dekat Malioboro tentunya pasti akan membuat liburan menjadi lebih nyaman, karena lokasi yang berdekatan dengan hotel maka tidak banyak energi terbuang sehingga bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Kemudian, Anda juga bisa melihat fasilitas hotel apakah sesuai dengan kebutuhan Anda selama berlibur. Jika Anda ingin menemukan hotel yang memiliki fasilitas lengkap, tentu Anda juga harus menyesuaikannya dengan budget.

Namun, dengan menggunakan Traveloka, Anda bisa menemukan hotel yang berkualitas dengan harga yang lebih bersahabat.

Hal ini karena Anda bisa memanfaatkan berbagai promo hotel yang tersedia di Traveloka.

5. Buat Rencana Liburan

Agar liburan Anda menjadi lebih efektif, maka Anda perlu membuat rencana liburan selama melakukan perjalanan.

Carilah berbagai tempat wisata, tempat makan dan berbagai aktivitas lainnya yang memang Anda ingin lakukan ketika berlibur.

Buatlah rencana yang jelas, sehingga Anda tidak perlu bingung untuk menghabiskan waktu selama liburan.

Ikuti rencana liburan yang telah Anda buat sebelumnya sehingga perjalanan singkatpun akan terasa lebih menyenangkan.

Perhatikan pula, apakah objek wisata yang Anda hendak kunjungi memerlukan tiket atau tidak.

Jika memerlukan tiket, maka alangkah lebih baik Anda sudah menyiapkannya juga.

6. Perhatikan Protokol Kesehatan

Semenjak awal tahun 2020, dunia mengalami pembatasan aktivitas dan membuat kebiasaan manusia menjadi berubah.

Ketika hendak berlibur, Anda perlu memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh tempat wisata.

Termasuk juga ketika hendak menaiki pesawat, pastikan apakah Anda sudah memenuhi setiap persyaratan untuk bepergian. Jangan sampai, Anda gagal terbang karena belum memenuhi persyaratan untuk terbang.

Ketika mengunjungi berbagai tempat wisata, Anda juga perlu memperhatikan tentang protokol kesehatan. Selalu gunakan masker dan juga mencuci tangan agar kesehatan diri dan orang lain tetap terjaga.

Liburan Anda akan lebih terasa spesial dengan menggunakan fitur layanan Holiday Stays dari Traveloka. Lakukan pemesanan untuk keperluan liburan Anda melalui Traveloka dan nikmati berbagai kemudahan selama liburan. Tidak hanya mudah, namun Traveloka juga menyediakan harga yang lebih bersahabat untuk Anda. Rencana liburan lebih lancar hingga pulang kembali.

You May Also Like

Leave a Reply