Sudah punya ide liburan singkat saat cuti bersama tahun ini, teman-teman? Kalau belum, 7 ide liburan singkat ini pasti seru.

Cuti bersama adalah liburan bagi pegawai negeri maupun swasta. Momen liburan ini tidak termasuk libur nasional ya. Misalnya tahun 2021 cuti bersama ada 2 hari, yaitu 12 Mei 2021 sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri, dan 27 Desember setelah Natal.

Adanya liburan yang singkat ini tentu harus kita rencanakan supaya tetap menyenangkan. Meski dalam kondisi pandemi, tapi harus bisa tetap berkesan dan membuat happy.

Saat pandemi seperti di kota saya, Purwokerto, tempat wisata tutup. Memilih mall atau tempat ramai untuk bersenang-senang tentu bukan pilihan tepat bagi saya saat ini. Apalagi bepergian selalu bersama anak yang masih sekolah dasar dan satu lagi masih bayi.

Memilih libur ke kampung halaman orang tua saya, tentu butuh waktu lebih dari sehari. Apalagi, bercengkrama bersama keluarga besar tidak puas jika hanya sebentar.

Liburan ke luar kota juga bukan pilihan bagus, ya. Selain menguras energi, juga masih khawatir dengan penularan virus.

7 Ide Liburan Singkat Saat Cuti Bersama Tahun Ini

Jadi, saat sedang cuti bersama, baiknya gimana? Nah, inilah tujuh ide liburan singkat saat cuti bersama tahun 2021.

1. Mencari Lokasi Seru dalam Kota Sendiri

Karena waktu yang singkat, memanfaatkan momen cuti bersama tentu dengan mengunjungi lokasi yang dekat-dekat saja. Piknik tipis-tipis istilahnya.

Pasti deh ada tempat yang bisa kita kunjungi di dalam kota sendiri saat pandemi ini. Misalnya di kota saya, ada musieum yang masih buka, taman pinggir rel kereta, tempat makan di area pesawahan, bendungan air yang menyuguhkan pemandangan sungai yang lebar.

Di kota teman-teman pasti ada dong tempat seru yang masih boleh dikunjungi dan tidak ditutup oleh pemerintah. Malah mungkin ada yang tempat wisatanya masih buka semua. Lebih banyak ide buat jadi turis lokal. Asal tetap patuhi protokol kesehatan tentunya.

2. Staycation

Masih agak mirip dengan liburan nomor satu. Bedanya, staycation adalah tinggal di rumah atau menyewa tempat menginap seperti hotel atau villa di dalam kota sendiri. Kita juga menggunakan akomodasi yang disediakan oleh hotel dalam menikmati liburan.

Staycation juga tidak melulu harus terus di dalam rumah atau hotel. Pergi ke luar rumah untuk menikmati bersepeda, mengunjugi tempat wisata terdekat, termasuk dalam istilah ini.

Kalau saya, paling suka staycation di hotel dalam kota. Suasana menginap yang berbeda membuat efek liburan tidak kalah asik.

3. Mengunjungi Pantai Terdekat

Siapa yang punya akses ke pantai paling dekat? Jarak perjalanan maksimal 2 jam ke pantai masih bisa dikejar kok untuk menghabiskan masa cuti kerja.

Lintas kota juga bisa. Seperti saya yang tinggal di Purwokerto, pantai terdekat adalah di desa mertua, di Kabupaten Kebumen yang jaraknya 2 jam perjalanan.

Sore sebelum hari cuti berangkat ke rumah mertua, dan paginya hingga siang menikmati indahnya pantai di sana. Kamu ada pantai terdekat? Bisa tuh jadi ide liburan singkat yang seru.

Berlibur ke pantai terdekat akan lebih hemat dan hanya butuh waktu singkat. Namun, jika liburan singkat ke luar kota, bahkan beda pulau, tentu memerlukan budget lebih.

Tidak ada salahnya jika ingin suasana lain, sih. Misalnya melirik pantai eksotis di Bangka Belitung yang terkenal dengan latar novel Laskar Pelangi ini. Jangan lupa sewa mobil Belitung supaya liburan makin nyaman, anti nyasar. Liburan singkat saat cuti pun lebih sistematis.

4. Berkemah Bersama Keluarga

Berkemah pasti menyenagkan. Tidur dalam tenda bersama keluarga kecil, lalu memasak liwet atau membakar daging atau ikan.

Bisa berkemah dekat rumah atau ke lokasi perkemahan alam bebas dalam kota. Sesuaikan dengan keamanan, baik dari penularan virus, lokasi yang aman bagi keluarga, dan sebagainya.

5. Bakar Ikan atau Daging Bersama

Setuju nggak kalau bakar ikan itu seru? Memancing di kolam, atau beli ikan di pasar, lalu membakarnya di rumah bersama keluarga besar. Bisa juga bersama teman.

Liburan seperti ini biasanya saya lakukan jika reuni bersama alumni sekolah menengah. Kita mengunjungi salah satu rumah teman, memancing atau menangkap ikan dengan jaring, lalu membakarnya. Ada yang bertugas memasak nasi liwet, ada yang membuat sambal dan lalapan, ada yang menangkap dan membakar ikan.

Nah, ini bisa jadi ide liburan singkat saat cuti kerja. Kamu kumpul bersama keluarga besar, membakar ikan atau daging (ayam, sapi, kambing, dan lain-lain), lalu menikmati makan bersama di atas daun pisang, dengan tambahan sambal lalap dan nasi liwet.

6. Wisata Kuliner dalam Kota

Menikmati kuliner dalam kota juga bisa jadi pilihan ide liburan singkat kamu saat cuti bersama tahun ini. Selain praktis, suasana makan di tempat yang menyenangkan dan berbeda pasti cocok buat liburan.

Tidak jarang kita mendambakan makan di tempat tertentu ya. Misalnya ada restoran yang kita incar, kedai kopi yang unik, foodcourt keren, dan lain-lain, bisa jadi sasaran.

Mulai hunting tempat makan keren dalam kota yang bisa membuat cuti kamu lebih berkesan.

7. Nonton Film di Rumah

Ide yang tidak kalah asik adalah menonton film bersama keluarga. Buat yang biasanya pergi bekerja, pasti momen kebersamaan seharian di rumah terasa berbeda.

Menonton film bareng pasti seru. Tentukan film yang pas sebelum hari H, siapkan segalanya, termasuk cemilan, suasana ruangan, biar hari libur singkat ini berkesan.

Ide yang satu ini pastinya lebih aman untuk kesehatan, murah meriah, cocok untuk yang mendambakan kebersamaan lebih banyak bareng keluarga kecil.

Gimana? Kamu sudah merencanakan ide apa untuk momen cuti kerja? 7 ide liburan singkat saat cuti bersama ini pas sekali dihadapkan dengan situasi pandemi ini. Hemat budget, tenaga, tapi tidak kalah seru. Stay health and happy.

Berita sebelumyaCara Memadukan Warna Baju dan Celana Supaya Lebih Stylish
Berita berikutnya8 Penyebab Sulit Mendapatkan Jodoh, No 4 Paling Banyak Terjadi
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here