Gimana sih cara memadukan warna baju dan celana wanita supaya makin modis? Tips mencocokkan warna outfit ini bersumber dari rumus perpaduan warna yang sudah terpercaya, lho.

Apa kamu sering merasa heran, โ€œKok ada teman kerja atau kuliah yang pake baju kuning kunyit dan calana ungu, cocok dan tetap bergaya ya?โ€ Di lain waktu, โ€œDia pake warna baju merah bata dengan rok hijau tosca. Kok tetep modis?โ€

Padahal kamu sudah nyoba memadukan warna pakaian kamu sendiri, tapi tetep merasa khawatir menghasilkan perpaduan yang malah aneh.

Akhirnya, saking bingung memilih warna pakaian, khususnya bagian celana, kita ambil jalan aman. Yups, pakai jeans melulu atau milih warna netral seperti hitam atau putih. Paling banter, mamakai celana warna abu-abu atau coklat.

Padahal, sebenarnya kita bisa lebih berani dalam memadukan warna pakaian kita. Ini juga ada kaitannya dengan Cara Memadukan Warna Baju Supaya Modis dan Matching yang pernah saya posting sebelumnya. Di dalamnya ada rumus padu padan warna yang tepat.

Mengikuti tips ini, dijamin deh kamu makin banyak kreasi untuk menyatukan warna pakaian dengan kreatif dan percaya diri. Hasilnya juga membuat kamu makin stylish.

Coba Perpaduan Warna Netral Dulu, Deh

Oh ya, tapi tidak ada salahnya kok, kita coba perpaduan warna atasan dan celana dengan warna netral dulu. Siapa tahu kamu memang ingin mengambil warna paling populer dan aman. Warna-warna netral juga memang terkenal banyak disukai.

Secara naluri, memang tidak semua orang yakin dengan warna yang terlalu berani. Padahal, memang ada rumusnya. Misalnya warna kuning dan hijau itu adalah warna serasi dan bikin penampilan makin oke.

Tapi, jika kamu masih belum terbiasa dengan percampuran warna yang tiba-tiba tidak biasa, kita ambil warna netral sebagai permulaan yuk.

Apa saja warna netral itu? Warna netral adalah warna yang tidak terlalu menarik perhatian dan cocok dipadukan dengan warna lain.

Dalam situs attireclub.id ada 12 warna yang tergolong warna netral, yaitu hitam, abu-abu, gading, putih, kuning langsat, coklat unta, nila, khaki, coklat, biru tua, dan merah anggur gelap. Ternyata banyak juga pilihan kita.

memadukan warna netral pakaian
12 Warna Netral dari Dictio.id

Perpaduan Warna Netral pada Baju dan Celana

Pilihan warna netral tidak harus melulu pada celana. Bisa dibolak-balik kok. Bajunya yang hitam misalnya, kemudian celana yang berwarna lain. Bisa juga kita menyatukan warna netral dan netral, jika memang sedang ingin berpenampilan kalem.

1. Warna Celana Netral

Yuk ambil salah satu contoh saja. Kita memilih salah satu warna di atas untuk celana, lalu kita bisa padukan dengan atasan warna lain supaya lebih stylish dan menarik.

Misalnya celana navy (netral) ya. Kita bisa ambil berbagai warna apa saja lho atasannya. Pakai atasan warna kuning atau kuning kunyit ternyata cantik dan stylish. Wow.

Warna pakaian tidak harus polos kok. Bisa menggunakan baju warna kunyit dengan motif ringan juga oke.

Kalau kamu hijabers, bisa memakai hijab dengan warna senada baju atau celana. Bisa memakai gradasi warna misal warna kunyit yang lebih kalem, kuning yang lebih muda, atau biru pastel. Ini berlaku untuk perpaduan selanjutnya, ya.

memadukan warna baju dan celana navy
Baju Kuning Kunyit dan Celana Navy (netral)

2. Warna Baju Netral

Sekarang kebalikannya. Baju yang netral dengan celana warna lain. Contoh jika baju hitam, maka celananya bisa memakai warna merah bata. Wuih, cantik dan modis. Bajunya juga tidak harus polos. Motif bunga yang kecil-kecil menambah kesan manis dan ceria.

memadukan warna baju dan celana merah bata
Baju hitam (netral) dan celana merah bata

3. Memadukan Warna Baju dan Celana yang Sama-sama Netral

Gimana kalau baju dan celana sama-sama netral? Tidak masalah. Namun, hasilnya pasti penampilan kamu lebih kalem aja. Ini tetap bagus kok, asalkan dikreasikan dengan baik.

Kamu yang ingin tetap kalem soal penampilan, 12 warna netral sudah cukup banyak untuk dipadukan. Pasti nggak akan bosan bereksperimen. Misalnya celana coklat bisa cocok dengan atasan putih. Rompi abu atau hitam bisa mempercantik penampilan.

cara memadukan warna baju dan celana yang sama-sama netral warnanya
Contoh outfit baju dan celana warna netral

Cara Memadukan Warna Baju dan Celana Wanita dengan Rumus Roda Warna

Sekarang saatnya mencoba perpaduan yang lebih berwarna. Baju dan celana yang lebih berani dan tetap stylish anti norak pastinya.

Pelajari Roda Warna

rumus memadukan warna baju dan celana dengan roda warna atau color wheel
Color Wheel (Roda Warna) untuk Panduan Memadukan Warna Pakaian

Color wheel atau roda warna ini mengandung warna primer, sekunder, dan tersier. Warna primer adalah warna dasar terdiri dari merah, kuning, biru. Warna sekunder adalah warna oranye, hijau, dan ungu.

Sebagaimana kita tahu, oranye adalah campuran antara merah dan kuning, hijau adalah campuran kuning dan biru, sedangkan ungu adalah campuran biru dan merah.

Sedangkan warna tersier adalah percampuran warna primer dan sekunder. Di antaranya warna merah-ungu (red-violet), biru-ungu (blue-violet), biru-hijau (blue-green), dan seterusnya seperti pada gambar di atas.

Adapun kategori warna tint pada roda warna yang tengah adalah campuran warna-warna dengan putih. Shade adalah campuran dengan hitam. Namun, dalam situs lifehacker.com.au, jenis shade dan tint ini tidak perlu menjadi acuan, karena yang utama adalah pada perpaduan dalam roda warna itu sendiri.

Lalu, bagaimana rumus menyatukan warna yang baik dan stylish dari color wheel ini?

Rumus Memadukan Warna Baju dan Celana yang Benar Sesuai Rumus Roda Warna

5 rumus memadukan warna baju dan celana
5 Rumus Perpaduan Warna dalam Roda Warna

Padu padan outfit makin kreatif dengan rumus ini. Dalam situs lifehacker.com, ada 5 rumus memadukan warna yang tepat, lho, yaitu complementary (berseberangan), analogous (analog), triadic (segitiga), split complementary (satu warna berseberangan dengan dua warna), dan tetradic (segi empat).

Rumus ini adalah cara menggabungkan warna dalam berbagai hal, termasuk desain gambar, logo, hingga pakaian.

Nah, kelima rumus ini tentu tidak dapat kita terapkan dalam sepasang baju dan celana sekaligus. Khusus untuk pakaian, kita tentu sesuaikan dengan kebutuhan. Artinya, celana punya satu warna dan baju juga satu warna.

Apabila kita memcoba menggabungkan tiga warna misalnya, bisa kita coba warna ketiga untuk rompi, gelang, tas, jas, dan sebagainya.

Jadi, karena outfit yang akan kita pakai notabene memerlukan hanya dua warna, jadi bisa kita aplikasikan sebagai berikut:

1. Complementary (Warna Berseberangan)

Penyatuan dua warna berseberangan hanya kita lakukan untuk menciptakan kontras yang tinggi. Ini tepat ketikan ingin lebih menonjol dari segi penampilan. Penggabungan keduanya akan menghasilkan style yang keren, lho.

Coba deh pakai atasan hijau dan celana merah sesuai dengan warna berseberangan pada roda warna di atas. Gimana cantik kan ternyata?

perpaduan warna baju hijau dan celana merah
Celana Warna Merah dengan Atasan Hijau Pasti Oke

Kedua warna ini bisa jadi corak salah satunya, kok. Seperti pada gambar, baju hijau tetap diberi warna merah sesuai celananya. Selain celana, ini berlaku pada rok juga.

Warna bersebarangan juga misalnya kuning dan biru, oranye dan biru muda, dan seterusnya. Coba sendiri deh.

2. Warna Analogi

Warna analogi adalah tiga warna yang bersebelahan dalam roda warna. Misalnya orange (jingga), yellow-orange (kuning jingga), dan (yellow) kuning. Bisa juga yellow-green, green, dan blue green. Berlaku juga dengan tiga warna bersebelahan lainnya.

Untuk menciptakan outfit yang punya warna stylish, rumus ini juga bisa kita gunakan. Hanya saja, catatannya tidak disarankan menyatukan warna hangat dan warna dingin.

Perhatikan roda warna di atas. Yellow green sampai red adalah warna hangat. Sedangkan dari red-violet ke green adalah warna dingin.

Jadi, warna yang tepat dari rumus analogi dalam roda warna misalnya celana warna red-orange (biasanya kita familiar dengan merah bata), dengan warna kuning atau yellow orange (bisa kita sederhanakan warna kuning kunyit). Lihat deh style di bawah ini. Keren dan menawan kan?

memadukan warna baju dan celana dengan rumus analogi
Perpaduan Warna Baju Kuning dengan Bawahan Merah Bata

3. Warna Triadic

Skema warna triadic adalah tiga warna yang terpisah secara simetris. Lihat gambar roda warna kembali. Misalnya warna triadic adalah green, oranye, dan blue-violet.

Menggunakan rumus ini sebaiknya menonjolkan satu warna dari tiga warna perpaduan. Warna lain bisa menjadi aksen atau tambahan seperti syal, kemeja yang hanya terlihat kerahnya atau sedikit bagian depan atau bawahnya.

Sebagai contoh, celana hijau (green) dipadukan dengan baju oranye, lalu aksen blue-violet pada baju bisa sangat cocok. Tidak ada ketiganya, bisa memilih dua warna. Misalnya hijau dan oranye. Lihat deh, bagus juga kan?

Memadukan warna baju dan celana hijau
Baju Oranye dan Celana Hijau Tampil Menawan

4. Split Complementary

Skema warna split complementary adalah perpaduan tiga warna. Skeman ini mencocokkan antara satu warna dengan dua warna yangberdekatan dengan warna seberang. Contohnya hijau dengan red-violet dan red-orange. Atau antara biru dengan yellow-orange dan red-orange.

Penggabungan tiga warna ini termasuk cocok bagi pemula. Memilih salah satu pasangan dari warna seberang juga tetap bagus. Misalnya biru dengan yellow-orange saja, tidak menambah warna red-orange. Atau menggabungkan hijau dengan red-violet.

Lihat saja misalnya baju hijau dan celana ungu ternyata serasi lho. Tidak peduli hijau lebih gelap atau terang, ungu muda atau tua, bisa tetap kita serasikan.

Memadukan warna baju dan celana ungu
Ternyata celana ungu dengan atasan hijau cantik juga

5. Warna Tetradic

Warna tetradic adalah dua set warna complementer, yaitu menggunakan empat warna sekaligus. Lihat gambar tadi tentang rumus memadukan warna.

Sebagai umpama, kita menyatukan warna biru dan oranye dipasangkan dengan kuning dan ungu. Sekali lagi, jika hanya bisa menyatukan dua warna, maka pilih dua warna yangberseberangan dalam rumus triadic. Misalnya biru dengan oranye saja atau kuning dan ungu saja.

Kita bisa menyatukan empat warna jika memungkinkan seperti penggunaan corak pakaian, atribut seperti syal, dan sebagainya.

Contoh busana mengacu pada rumus skema triadic adalah biru dan oranye. Gambar berikut ini cocok banget ya?

Cara memadukan warna baju dan celana biru (jeans)
Perpaduan Warna Celana Biru Jeans atau Biru Kain Lainnya cocok dengan Oranye

Referensi :
https://www.lifehacker.com.au/2014/10/learn-the-basics-of-color-theory-to-know-what-looks-good/
https://www.dictio.id/t/apa-warna-netral-yang-biasa-digunakan-dalam-dunia-fasion/41497/4
https://womantalk.com/

Gimana sudah puas memadu-padankan warna baju dan celana? Rumus roda warna bisa menjadi acuan dalam memadukan warna baju dan celan supaya tidak kehilangan kreasi dalam menggunakan outfit.

Lima rumus di atas bisa menjadi rujukan dikala kamu ingin menambah warna seperti rompi, tas, kemeja, dan lain-lain. Bisa juga untuk corak warna pakaian supaya tidak salah warna.

Itulah cara memadukan warna baju dan celana wanita supaya lebih stylish. Dijamin kamu tidak akan kehabisan ide dan tidak akan bingun lagi memilih warna ketika membeli pakaian baru.

Berita sebelumya5 Pelatihan Pra Kerja yang Banyak Diminat oleh Kaum Milenial
Berita berikutnya7 Ide Liburan Singkat Saat Cuti Bersama, Seru dan Ramah Budget
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

18 KOMENTAR

  1. Saya lebih suka memakai warna netral atas bawah, kalau kepepet pakai model cerah netral. Padahal bagi saya itu sudah bagus, tapi kalau kumpul sama teman-teman style saya yang paling kacau, hehe. Katanya gitu-gitu saja. Terima kasih tipsnya kak, bisa nih jadi referensi biar style saya enggak gitu-gitu aja.

  2. Kalau saya sih nggak bakalan cocok deh make baju dan celana yang warnanya kontras. Kalaupun dipake, dah kayak ondel-ondel, hahahaha….

    Ternyata kalau kita pandai memadukan warna baju dan celana, akan keliatan matching ya.

    Terima kasih kakak sudah berbagi…

  3. Ilmu baru nih yang saya dapatkan…Bagus sekali nih kak Iim atas rekomendasi perpaduan warna baju dan celananya. Terutama kayak saya cowok nih kadang melupakan hal-hal sepele ini. Padahal sangat penting ya kak perpaduan warna baju untuk penampilan yang lebih eye catching supaya enak dipandang.

  4. Ternyata ada rumusnya… Wh, baru tahu. Dan memang cocok ya.
    Saya dulu juga heran kenapa biru tua dan coklat emas cocok, ya karena mirip seragam sebuah bank. Sering lihat jadi cocok… ternyata memang pakai rumus.
    Sava aaah…

  5. Saya juga sukanya main aman aja nih, jadi outfic dengan warna basic kayak hitam, navy, coklat, wajib ada karena mudah padu padan sama warna lain. Cuma dari foto di atas, ternyata deep purple sama hijau army masih masuk juga ya. Emang seru nih main warna untuk outfit kita. Walaupun saya juga suka yang matching gitu atasan dan bawahannya.

  6. Ilmu kombinasi warna ini mesti dipahami betul oleh desainer, saya juga pernah mencari tahu tentang lingkaran warna sebelumnya. Kalau paham dengan itu, jadi gampang memilih pakaian dengan warna yang cocok

  7. Seneng banget memadu-madukan warna, biar tampilannya matching, punya banyak ide penampilan yang enggak bikin bosen dan PD juga ya ke diri kita nya. Makasih Mba sharingnya, walau saya sendiri lebih suka warna-warna netral yang enggak kontras dan enggak terlalu beragam warnanya, tapi mungkin sesekali bisa coba hal yang berbeda seperti memadukan beberapa warna juga ya.

  8. Saya dan keluarga besar pernah punya seragam nikahan sebelum pandemi, gamisnya warna hijau dan hijabnya warna merah. Complementary ya istilah roda warnanya, noted Mba Iim, makasih

  9. Saya termasuk orang yang tidak biasa memadu padankan pakaian dengan warna kontras. Selama ini hanya berani pakai bawahan warna netral saja, kalau atasan sih bisa pakai beberapa warna.

    Tapi habis baca postingan ini jadi pengen nyoba hal baru padu padankan warna baju

  10. Wih lengkap rekomendasi perpaduan warnanya
    Aku salah satu orang yang agak susah untuk memadupadankan warna, suka bingung
    Jadi klo maua beli baju baru, aku tuh mikirnya lamaaaa
    Nanti bakalan dipakai sama bawahan apa, atau mau ditambah aksesoris apa
    Hahaha lieuuuur

    Makasi tipsnya kak
    Ijin save ya buat referensi

  11. Saya masih belum pede padu padan tabrak warna kalau pakai baju sukanya warna selaras atau warna senada sampe suka dibilang kayak seragam panitia kawinan wkwk saking senadanya..abis gmn gak pede ..tapi baca ulasan artikel ini boleh juga nih dicoba tabrak warnanya asal sesuai aturan ya kak

  12. Infonya bermanfaat banget kak Iim, aku tuh dari kecil di doktrin mamaku kalo pake baju harus pas kombinasinya. Jadi di mindset udah bikin pola kalo pake baju harus senada warnanya. Kalo warnanya tabrak lari jatuhnya bikin ngga pd juga. Jadi andalannya sih pake jeans atau bawahan gelap yang bisa dikombinasikan dengan atasan warna apa aja. Haha. Pengen nyobain yang antimainstream juga sih sekali-kali. Makasih tipsnya..

  13. wah ilmu yang aku baru tahu, kadang kita cari amannya saja denagn warna netral yang aman dengan warna apa saja, ternyata bisa spt rumus di atas ya

  14. Wah mbaaa makasih bangettt.
    Kadang aku juga suka bingung padu padan warna kek gini. Jadi cari amannya pake warna yang serupa. Wkwk ga seru bangett yaa.
    Hihi jadi punya banyak refrensi warna akuu setelah baca ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here