3 Rekomendasi Hotel untuk Staycation di Purwokerto

1
75
hotel untuk staycation di purwokerto
staycation di resort

Staycation rasanya jadi pilihan terbaik untuk refreshing keluarga. Hotel untuk staycation di Purwokerto perlu mulai kita cari, terutama ketika kota yang sedang zona merah saat ini. Sudah beberapa hari tempat wisata tutup karena kasus positif Covid-19 sedang tinggi.

Serem kan, kalau pergi-pergi dan terlalu banyak berinteraksi dengan orang banyak. Apalagi ide wisata ke luar kota, rasanya harus kita tunda dulu. Selain menjaga rasa aman bagi kota yang akan kita kunjungi, juga berbagai prosedur selama perjalanan lumayan rempong ya. Maklum, punya bayi dan anak usia sekolah dasar juga.

Liburan sekeluarga harus sepaket. Nggak mungkin ada yang ditinggal. Tidak tega, dong. Hihi..

Yaps, kini ide refreshing bagi orang rumahan seperti saya dan keluarga kecil saya adalah staycation aja. Pernah sih, sebelumnya melakukan staycation sebelum adanya pandemi. Misalnya di Meotel by Dafam dan COR Hotel. Baru dua sih, hihiy…

Nah, kini saatnya ngumpulin rekomendasi hotel untuk staycation di Purwokerto supaya selama pandemi ini punya kesan yang tidak kalah dengan efek liburan. Sisihkan budget, tentukan tempat, dan cus.. berangkat!

Apa Itu Staycation?

staycation keluarga
liburan bersama keluarga dengan staycation

Istilah staycation mulai booming di Indonesia pada tahun 2018 lalu. Liburan simpel namun berkesan ini mulai digandrungi oleh masyarakat, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan lain-lain.

Namun, kini tidak hanya di kota-kota besar, di kota Purwokerto juga bisa staycation. Selama ada fasilitas, lokasi yang oke, pasti tetap bikin refresh.

Jadi, apa itu staycation? Staycation terdiri dari dua kata, yaitu “stay” yang artinya tinggal, dan “cation” dari kata vacation yang artinya liburan.

Staycation artinya liburan di dalam kota sendiri, di dalam negeri sendiri. Sebagaimana disebutkan dalam kompas travel, staycation artinya kita menjadi turis di kota sendiri dan menikmati berbagai wahana maupun atraksi di sekitar tempat tinggal. Misalnya,menginap di hotel atau apartemen dan siangnya mengunjugi musieum sekitar hotel, makan di street food terkenal sekitar penginapan tersebut, dan kegiatan lain.

4 Kelebihan Staycation Dibanding Travelling

Mungkin saat kita membayangkan melakukan liburan atau travelling di dalam kota sendiri, yang kita pikirkan adalah melihat dan merasakan hal-hal yang sudah kita biasa lihat. Padahal, ternyata staycation punya efek refreshing yang sama dengan wisata ke luar kota. Bahkan, punya kelebihan lainnya. Apa saja kelebihan staycation?

1. Hemat Budget

Kelebihan staycation pertama adalah karena kita tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk tiket kereta, pesawat, dan kendaraan jarak jauh. Cukup menggunakan kendaraan pribadi atau ojek online, langsung tiba di lokasi. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk wahana, dan lain-lain karena hanya perlu biaya akomodasi saja.

2. Hemat Waktu

Staycation dalam kota sendiri memerlukan waktu yang lebih singkat. Tidak perlu terlalu banyak persiapan dan menempuh perjalanan jarak jauh. Berbeda dengan liburan ke luar kota yang harus berkemas agak lama, menempuh perjalanan jauh, serta kondisi tubuh juga lebih lelah.

3. Perencanaan Lebih Simpel

Kelebihan staycation juga memerlukan perencanaan yang lebih simpel. Cukup memesan hotel atau apartemen via online, berkemas, lalu berangkat. Saya pernah melakukan staycation ke Meotel by Dafam, bahkan mendadak hari itu juga bisa langsung jadi.

4. Punya Efek Refreshing yang Sama

Efek yang kita rasakan selama staycation di hotel atau villa juga bikin mood kembali ceria. Tempat menginap yang menyenagkan, suasana berbeda di penginapan, liburan singkat seperti menikmati festival, berenang di kolam renang hotel, berkuliner di sekitar hotel, memesan makanan dari luar, juga merupakan liburan seru.

3 Rekomendasi Hotel untuk Staycation di Purwoketo

Kota Purwokerto kini semakin maju. Aneka kuliner, tempat wisata, serta tempat menginap makin beragam. Mulai dari penginapan paling murah hingga yang paling tinggi harganya ada.

Saya mau share 3 rekomendasi hotel untuk staycation di Purwokerto yang strategis, harga beragam, serta dekat dengan beberapa spot wisata dalam kota Purwoketo. Apa saja hotel untuk staycation di Purwokerto yang recommended?

1. COR Hotel Purwokerto

hotel untuk staycation di purwokerto adalah COR hotel
kamar di COR hotel Purwokerto

Hotel satu ini pernah saya jadikan staycation bersama keluarga kecil saya. Tepatnya, ngungsi sih dari keramaian tetangga yang hajatan. Meski begitu, pengalaman bermalam di COR Hotel Purwokerto sekaligus membuat kami sumringah.

Memilih hotel COR Purwokerto karena harganya yang paling terjangkau, fasilitas juga oke. Sebelum ngungsi waktu itu, pernah juga memang bermalam di sana sekali. Namun, hanya bersama suami. Nginep dadakan, auto deh booking hotel yang sudah kami kenal dan paham fasilitas maupun pelayanannya.

Hotel Cor memang memiliki fasilitas nyaman namun harga aman. Sekitar 259k dapat kamar yang nyaman, desain kamar yang simpel namun mewah, serta pelayanan ramah. Ada kolam renang namun tariff misah dari tarif menginap. Kolam renang 45k.

Breakfast dan makan siang juga beragam menunya. Temen-teman bisa cek di review COR Hotel Purwokerto yang pernah saya tulis. COR memang pas sebahao hotel untuk staycation di Purwokerto.

Nama : COR Hotel Purwokerto
Alamat : Jl. Jend. Soedirman No.508 – 511, Kauman Lama, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53141
No Telp : (0281) 7772777
Fasilitas : TV LED, AC, Tempat Meeting ,Wi-Fi, Breakfast, Resto
Tarif : Mulai Rp 259k per malam

2. Meotel by Dafam Purwokerto

kamar di meotel by dafam purwokerto
salah satu kamar Meotel by Dafam Purwokerto

Nah, ini nih hotel yang cocok banget buat staycation keluarga. Harga menginap sudah include kolam renang. Anak-anak pasti senang karena bisa berenang kapan saja selama staycation di Meotel by Dafam ini.

Oh ya, ciri khas hotel satu ini adalah desain interior yang sangat instagrammable. Buat foto-foto pasti menghasilkan jepretan vintage ala selebgram deh. Apalagi bagian lobi tuh, banyak spot menarik untuk berpose ria.

Selain desain interior dan fasilitas yang oke, resto nya juga nyaman. Menu beragam, mulai dari makanan pembuka, aneka sarapan, dan makanan penutup komplit. Waktu itu, sarapan kami diiringi penyanyi daerah khas Banyumasan. Semakin eksklusif aja.

Harga? Kita bisa membayar mulai dari 358k bisa menginap di Meotel by Dafam Purwokerto. Jika menginap malam minggu, bisa menikmati sunmor (Sunday Morning) di GOR Satria. Banyak aneka jajanan, pakaian, dan lain-lain.

Nama : Meotel Purwokerto by Dafam
Alamat : Jl. DR. Soeparno Selatan No.1, Arcawinangun, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53123
No Telp : (0281) 7771157
Fasilitas : TV LED, AC, Wi-Fi, Breakfast, Kolam Renang, Resto, Parkir
Tarif : Mulai dari 358k per Malam

3. Dominic Hotel Purwokerto

kamar hotel Dominic Purwokerto
salah satu kamar hotel Dominic Purwokerto

Rekomendasi hotel untuk staycation di Purwoketo juga adalah hotel Dominic. Kesan mewah namun harganya masih terjangkau.

Saya beberapa kali ke hotel Dominic, bertemu teman di kamarnya, ikut seminar, kumpul komunitas juga di hotel satu ini. Hotel yang cukup nyaman untuk staycation karena fasilitas juga bagus.

Ada TV LED, free Wifi, Breakfast khas Banyumasan seperti mendoan juga ada. Variasi breakfast juga banyak. Letak hotel juga tidak jauh dari pusat kota. Harganya juga terjangkau, mulai dari 220k bisa menginao di Dominic Hotel.

Nama : Dominic Hotel
Alamat : Jl. Komisaris Bambang Suprapto No.39-41, Purwokerto Lor, Kec. Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53114
No Telp : (0281) 6574888
Fasilitas : TV LED, AC, Wifi, Breakfast, Resto, Parkir, Mobil Antar Jemput
Tarif : Mulai dari 220k per malam.

Selain 3 rekomendasi hotel untuk staycation di Purwoketo ini, sebenarnya masih banyak hotel ataupun penginapan yang sangat variatif. Baik harga, fasilitas, maupun strategisnya dengan lokasi menarik dalam kota. Penasaran? Kepoin saja di Traveloka dan temukan hotel staycation favoritmu! Stay health and happy!

Berita sebelumyaKacang Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit
Berita berikutnyaKetahui Dulu Plus Minus Sebelum Pasang Wifi di Rumah Berikut Ini
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

1 KOMENTAR

  1. Aku suka banget di Meotel ini, Mbak Im. Rasanya kaya beda aja gitu sama hotel kaya biasanya, terus jadi berasa liburan tapi di luar Purwokerto haha. Terus deket GOR yang mana pusat makanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here