pantai karangtawulan
Tempat Wisata,  Travelling

Pantai Karangtawulan Tasikmalaya, Pantai Eksotis di Kampung Halaman

Pantai Karangtawulan buat saya seperti mengingatkan kenangan masa kecil. Keindahan pantainya khas sekali. Ada banyak pohon pandan yang menjadi ciri khas di sepanjang pesisir pantai daerah Cikalong, kecamatan tempat tinggal saya.

Keindahan pantainya tidak jauh berbeda dengan Pantai Menganti seperti yang pernah saya ulas di blog ini.

Tinggal sejak kecil di daerah Cikalong, Tasikmalaya, saya mengenal pantai yang bertaburan pohon pandan. Oh ya, buat yang belum tahu, pohon yang saya maksud adalah pandan laut yang punya nama ilmiah Pandanus odorifer. Penampakannya seperti pada foto berikut ini.

pandan laut
pandan laut di pantai Karangtawulan

Pohon pandan ini mengingatkan masa pelesir setiap lebaran bersama keluarga. Pesisir yang sangat dekat di kecamatan Cikalong karena keterbatasan transportasi waktu itu. Pelesir, ya pasti ke pantai terdekat. Orang sana menyebutnya “basisir” (bahasa Sunda, yang artinya pesisir). Nah, di situlah pohon pandan yang menjadi kenangan itu bertebaran di sepanjang pesisir pantai.

Dan rupanya, setelah saya mulai bisa bepergian jauh, menginjak usia sekolah menegah, sepanjang pantai di kecamatan Cikalong memang punya ciri khas itu. Selalu punya pandan laut di sekitarnya. Banyak. Ya, jumlahnya melebihi pantai lain yang pernah saya kunjungi selama ini.

Jika teman-teman melewati pantai di sepanjang jalan Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, maka akan melihat tanaman ini menghiasi pesisir. Bagi saya, itu memorable sekali. Sepanjang pinggiran jalan raya juga turut disuguhi tanaman tersebut.

Lokasi Pantai Karangtawulan

Lokasi pantai Karang tawulan di Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat 46195. Jika teman-teman datang dari daerah Jawa Tengah seperti saya, maka teman-teman bisa melewati jalan jalur selatan.

Kalau saya yang dari Purwokerto, Jawa Tengah, perjalanan melalui daerah Cilacap – Pangandaran – Cimanuk – Kalapagenep (Kecamatan Cikalong). Di situlah lokasi pantai Karangtawulan berada.

Lokasi persisnya sendiri tidak berada langsung pinggir jalan utama ya. Kita akan memasuki jalan aspal sekitar 50 meter kurang lebih. Tidak terlalu jauh. Jalannya juga mulus, jadi tetap nyaman memasuki area wisata Pantai Karang tawulan ini.

Oh ya, lama perjalanan jika dihitung dari Pangandaran, sekitar 1,5 jam.

Ciri Khas Pantai Karangtawulan

Ciri khas Pantai Karangtawulan, selain punya pandan laut yang mempercatik pemandangan, adalah tebing yang menjorok ke laut. Kita bisa menikmati indahnya laut dari atas tebing ini.

Udaranya yang sejuk dan teduh oleh pepohonan rindang, membuatnya tetap nyaman walau tengah hari. Ini membuat pantai satu ini makin nyaman untuk jadi tempat wisata.

Jika teman-teman ingin menikmati pasir pantai juga bisa. Teman-teman bisa turun melalui pinggiran tebing dan taraa… Pantai dengan pasir hitamnya bisa kita nikmati. Namun, ketika turun, perlu hati-hati karena banyaknya karang yang tajam.

pantai karangtawulan
pulau karang di Pantai Karangtawulan

Oh ya, di lepas pantai, ada pulau karang sebagai penyempurna indahnya pemandangan. Pulau karang ini biasanya menjadi sarang burung camar pada waktu tertentu.

Pantai Karangtawulan juga dilengkapi gazebo serta jalan setapak dari tembok cor sehingga menambah kenyamanan untuk berjalan kaki.

Fasilitas di Pantai Karangtawulan

Fasilitas di Pantai Karangtwaulan juga tergolong bagus dan lengkap. Area wisata tertata rapid an bersih. Apalagi jika melihat bahwa pantai ini belum begitu ramai pengunjung, karena cukup jauh dari keramaian kota.

Parkir yang luas dan tertata rapi juga membuat kita nyaman memarkir kendaraan di sana. Selain itu, ada tempat beli makan minum serta jajanan yang harganya relatif normal. Harga wajar di pantai lah. Toilet juga ada, sehingga tidak perlu khawatir jika pengunjung perlu buang air.

Oh ya, sayangnya belum ada penginapan. Itu dia, mungkin karena pantai tidak begitu ramai pengunjung seperti pantai-pantai yang ada di dekat perkotaan. Saya pun memaklumi itu.

Namun, jika pengunjung benar-benar perlu menginap, bisa mencari di sepanjang jalur pantai selatan yang tidak jauh dari lokasi.

Tiket masuk

rumput hijau di pantai karangtawulan
foto rumput hijau di pantai karangtawulan

Tiket masuk Pantai Karangtwaulan adalah Rp. 5.000 per-orang. Penjaga pantai menarik Rp.15.000 untuk saya dan suami serta anak saya yang berumur 7 tahun. Anak bungsu tidak dihitung karena masih bayi. Oh ya, biaya parkir sepeda motor waktu itu Rp. 2.000. Sedangkan parkir roda empat, biaya parkirnya Rp. 10.000. Cukup murah sih, dibandingkan dengan keindahan dan kenyamanan wisata di sana.

indahnya pantai karangtawulan
keindahan pantai karangtawulan saat mendung

Itulah sedikit review saya waktu wisata ke Pantai Karangtawulan Tasikmalaya. Kebetulan lokasinya dekat rumah, sekitar 30 menit lah dari rumah saya di Cikalong, Tasikmalaya. Banyak yang upload foto wisata di sana, saya pun tertarik dengan keidahannya saat ini. Dan betul, Pantai Karangtawulan begitu eksotis. Cantik alami tiada tara.

30 Komentar

  • 3835info

    wih keren nih tempat, untuk menjangkau pantai pastinya ada jalur khusus ya kak, selain itu ada jalan setapak keren gitu di sekitar, pas banget untuk olah raga pagi atau sore.

  • Siti Mustiani

    Menarik juga nih pantainya, bisa sepi gini mungkin masih pandemi kali yaa jadi gak rame orang yang mampir. Btwe pohon pandan laut biasa juga aku temui beberapa pantai dan pulau kecil di Kalimantan tapi gak setinggi ini dan agak berduri juga. Kapan2 kalau main ke Jawa Barat mampir ah, semoga dapat cuaca cerah hehe.

    • Iim Rohimah

      Iya mba.. karena pandemi dan mungkin juga musim hujan waktu itu sehingga banyak orang enggan plesir… Kalau saya kebetulan lewat. Soalnya pas perjalanan Tasik – Purwokerto. Semoga bisa mampir kapan-kapan ya mba,,

      • Fenni Bungsu

        Kalau lihat suasana Pantai Karangtawulan jadi kangen pengen traveling, semoga usai pandemi bisa ke sana.

        Oh iya, kak Iim itu dibagian sub judul, seharusnya “Ciri Khas Pantai” ya, cuma kok itu typo mungkin jadinya “Panti”

  • Bambang Irwanto

    Pantai-pantai Indonesia memikat dan memesona ya, Mbak. Dan ini memang mirip pantai Menganti yang bertebing dan menjorok ke pantai. hanya Pantai Karangtawulan ini ciri khasnya adalah pandan laut. Sedangkan karakter sisi pantai-pantai lain kebumen itu cemara laut.
    Pas buat santai nih, Mbak. Apalagi tiketnya pas di hati dan kantong. Hanya sayangnya, itu kok ada saja yang jahil corat-coret ya, Mbak.

  • Lidya

    Oh mbak Iin ternyata orang sunda juga ya, eh iya sih dari namanha udah kutebak sebelumnya πŸ™‚
    AKu gak tau kalau di Tasik ada pantai eksotis kaya gini. Udah lama banget gak ke Tasik nih. Masuk ke pantainya murah juga ya mbak & bersih gitu jadi enak buat refreshing

      • Eri Udiyawati

        Baru tahu nih, ada Pantai Karangtawulan di Tasikmalaya. Pantainya masih sepi, saya suka itu. Pemandangannya cakep bener. Jadi pengen liburan, tiketnya juga murah.

        Semenjak ada covid, saya udah gak pernah bepergian nih. Jadi rindu main ke pantai di Jawa Barat.

        Ohalah, Mba Iim asli Tasik toh. Tapi sekarang tinggal di Purwokerto, ya? Semoga next time bisa ketemu ya, Mbak. Saya sudah lama juga gak main ke Purwokerto, padahal suami saya juga orang Purwokerto.

  • Nurul Fitri Fatkhani

    Saya juga senang pergi ke pantai, menikmati keindahan di sana. Yang paling saya sukai itu, gradasi warna biru langit dan air laut, ditambah buih ombaknya.
    Belum pernah main ke Pantai Karangtawulan, penasaran ingin lihat dari dekat pohon pandan lautnya

  • Damar Aisyah

    Pantainya asri, bersih dan kayaknya anginnya semilir banget. Mesti dijaga banget kondisi alamnya karena lokasi seperti ini tuh aset daerah banget. Apalagi di jaman traveling udah jadi kebutuhan. Dan wisata alam gini beneran jadi primadona lho, sejak pandemi.

  • umimami

    wah baru tahu kalau di tasik ada pantai, kirain pegunungan loh klo tasik, haduu geografikuhh
    asyik ya mba bisa liburan, bagus lagi pantainya, biaya masuknya juga murah ya, jadi pengen liburan ^_^

  • Siska Dwyta

    Pantai yang indah. Apalagi lokasinya nggak begitu jauh dari rumah ya Mbak pastinya bakal nyaman banget bisa menikmati weekend di sana apalagi di saat senja. Duh liat postingan ini jadi kanget, udah lama juga gak lihat sunset di pantai

  • Dewi Adikara

    setuju…. pantainya eksotis banget! bagus deh mbak. Dewi lama enggak ke pantai jadi kangen mantai lagi heheheh… Kalau masuk ke area pantai tuh cenderung murah ya mbak? Seringkali tahu harganya rata-rata sekitar 5000.

  • Marfa

    Hueeee seneng banget kalau ada pantai yg bisa dijangkau nggak perlu waktu lama dari rumah gini ey kak, pemandangannya bagus dan bs bikin relaxing. Mana tiketnya muraaah cuma 5reboo, asyik beneeer

  • Khoirur Rohmah

    Beh, kalau 30 menit dr udah sampai ke pantai Karangtawulan ini. Bisa dipastikan kalau mau liburan tipis tipis bisa langsung kesini dah ya mbak. Hehhehe.

    Kalau di Jember ada yg viewnya sedikit mirip sama pantai ini mbak. Namanya Pantai Papua. Sekilas aja. Tapi Papua model lama, soalnya yg skrg dah diperbaiki.

    Btw TFS ya mbak. Aku jadi kepikiran pengen liburan T_T

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *