menu MPASI 9 bulan
MPASI

Tips Menyusun Menu MPASI 9 Bulan Lengkap, Ada Contoh Jadwalnya!

Seringkali, saya sendiri suka bingung bagaimana menyusun menu Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI). Memasuki usia bayi 9 bulan, orang tua masih perlu rekomendasi menu MPASI 9 bulan yang tepat ya.

Pasalnya, setiap bulan bayi kita makin berkembang. Bulan demi bulan, ia memerlukan pemberian MPASI dengan cara yang terus berubah seiring perkembangannya.

Misalnya, di usia 9 bulan, tentu akan berbeda dengan pemberian MPASI 6 bulan yang masih sederhana. Pada usia 9 bulan, ada bayi yang sudah timbuh gigi, sudah mengenali makanan favoritnya, sudah pintar menggenggam makanan dan memasukkannya ke mulut, serta memiliki kemampuan mengenali rasa dan tekstur makanan.

Hal-Hal yang Perlu Orang Tua Perhatikan Mengenai Menu MPASI 9 Bulan

Nah, apa saja hal-hal yang perlu Bunda ketahui tentang menu MPASI 9 bulan ini? Mulai Dari porsi, tekstur, bahan,rasa, hingga jadwal pemberian MPASI. Yuk simak.

Pertama, Porsi Menu MPASI 9 bulan

Pada usia bayi 9 bulan, pemberian MPASI perlu Bunda tingkatkan. Bayi pada usia ini membutuhkan 700 hingga 900 kalori setiap harinya. 400 kalori di antaranya memang dari ASI. Sisanya bisa Bunda berikan lewat menu MPASI 9 bulan.

Dalam ukuran mili liter (ml), porsi MPASI 9 bulan sebanyak 125 hingga 175 ml. Kalau dalam ukuran mangkuk, sekitar setengah atau seperempat mangkuk ya Bun.

Namun, pengalaman saya, bayi usia 9 bulan seperti anak saya yang bungsu, tidak selalu mampu menghabiskan porsi tersebut. Kadang habis kadang tidak. Hal ini, menurut berbagai sumber karena bayi 9 bulan sedang belajar mengenal rasa dan tekstur makanan. Bunda tidak perlu khawatir. Yang penting, terus memberikan MPASI ini sesuai jadwal dan menu yang beragam.

Kedua, Tekstur Menu MPASI 9 bulan

Karena pencernaan bayi sudah mulai berkembang pesat, bahkan ada juga bayi yang sudah memiliki gigi susu, maka tekstur MPASI 9 bulan mulai lebih kasar ya Bun. MPASI 9 bulan berupa makanan yang dicincang halus serta disaring kasar.

Selain itu, MPASI 9 bulan bisa ditambah dengan jenis finger foods supaya semakin melatih koordinasi gerak bayi. Selain itu, pemberian finger foods bisa meningkatkan rasa ingin tahu si kecil. Lihat saja, Bunda sering kan ya melihat si kecil memasukkan apa saja ke mulutnya.

Ketiga, Bahan Makanan Pada Menu MPASI 9 Bulan

Bunda tentu sudah mengenal menu 4 bintang yang disarankan dokter ya. Nah, pada usia 9 bulan juga masih sama. Bahan dalam menu MPASI 9 bulan ini juga ragamnya sama. Makanan bayi 9 bulan biasanya juga terdiri dari makanan yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serta berbagai nutrisi yang didapat dari sayur dan buah-buahan.

Biasanya bahan yang saya berikan kepada bayi 9 bulan saya adalah daging ayam, daging sapi, telur ayam, ati (protein hewani). Kemudian tempe atau tahu (protein nabati). Untuk sayuran biasanya saya menambahkan salah satu di antara sayuran ini, brokoli, bayam, wortel, buncis. Sedangkan karbohidrat didapat dari beras merah, kentang, jagung, atau beras putih biasa. Pilih salah satu atau dua jenis untuk variasi.

Jangan lupa, memberikan bahan makanan di atas secara bertahap. Jadi, bila ada alergi makanan tertentu, Bunda bisa ganti dengan bahan yang lain. Seperti anak saya yang merah-merah setelah mengonsumsi tempe pada menu MPASI, saya pun memberikan protein nabati dari bahan lain.

Keempat, Rasa Pada MPASI 9 bulan

Sebenarnya, untuk rasa makanan, bayi masih menyukai rasa gurih dari rasa alami bahan makanan yang kita berikan. Jadi jangan sampai ada tambahan MSG ke menu MPASI bayi 9 bulan ya.

Namun, untuk rasa asin dan manis seringkali membuat orang tua ragu apakah perlu menambahkan garam atau gula. Saya pun begitu. Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) membolehkan pemberian garam atau gula pada menu MPASI bayi. Hanya saja, jangan terlalu banyak.

Cukup seujung cubitan jari saja. Lagipula, bayi 9 bulan, sepengalaman saya, masih menikmati makanan dengan garam yang sangat sedikit kok. Malah jika terlalu asin atau manis, bayi saya tidak suka dan melepehnya.

Contoh Jadwal MPASI 9 bulan

Supaya ada gambaran yang jelas, Bunda bisa terapkan contoh jadwal MPASI 9 bulan berikut ini. Nanti, untuk variasinya, Bunda bisa atur sendiri setiap hari sesuai selera si kecil atau ketersediaan bahan makanan yang ada.

Oh ya Bun, meskipun ada jadwal menu MPASI, tentu pemberian ASI tetap berjalan dan menyusui bayi waktunya sesuai kemauan bayi.

Sarapan (sekitar pukul 06.00 sd 07.00)

Menu sarapan bayi 9 bulan sudah mulai berubah, ya. Jika dulu bayi hanya kita berikan bubur nasi dengan berbagai tambahannya, kini menu sarapan bayi 9 bulan bisa dengan telur orak arik, roti campur susu, atau biji-bijian yang dihaluskan.

Snack Pagi (08.00 sd 09.00)

Salah satu contoh snack pagi adalah keju sekitar 4 sendok makan, atau buah-buahan potong. Jika bayi tidak ingin, Bunda bisa berikan ASI atau susu formula.

Jangan lupa, cemilan juga harus dengan tekstur yang lunak dan tidak akan membuat bayi tersedak. Seperti apel mentah seringkali jika berhasil ia gigit, maka bisa membuatnya tersedak.

Bunda juga bisa berikan biskuit bayi. Misalnya seperti biskuit kesukaan bayi saya PROMINA PUFFS 15gr (UNTUK 8+ BULAN KE ATAS), yang bentuknya menarik dan enak rasanya. Ada berbagai rasa seperti pisang, apel, kentang, dan blueberry.

Promina Puffs ini diperkaya 7 vitamin, omega 3 dan 6, kalsium dab zat besi dengan porsi tepat untuk menutrisi harian si kecil. Sangat cocok untuk melatih kamampuan motorik bayi juga, karena bayi belajar memegang, menjimpit, dan memakan makanannya sendiri.

promina puffs
promina puffs rasa pisang (by Shopee)

Oh ya, biasanya saya beli secara online di Shopee karena selain membatasi diri ke luar rumah, juga ingin membelinya secara praktis lewat gadget. Pesan, kilik klik, lalu datang deh produknya.

Makan Siang (sekitar pukul 12.00 sd 13.00)

Pada saat makan siang, menu MPASI 9 bulan contohnya nasi tim dengan sayur dan daging. Ingat, teksturnya sekarang lebih kasar daripada menu MPASI pada bualn-bulan sebelumnya.

Untuk resep MPASI 9 bulan pada makan siang, Bunda juga bisa memberikan yoghurt atau keju pada makanan si kecil.

Snack Siang (pukul 14.00 sd 15.00)

Pemberian snack siang juga perlu. Menu yang bisa Bunda berikan sama dengan menu snack pagi. Bisa dengan potongan buah, keju, atau biskuit bayi. Untuk buah-buahan, jangan lupa perhatikan teksturnya. Buah-buahan yang cocok untuk bayi 9 bulan di antaranya melon, pisang, semangkan, manga, papaya. Budan juga bisa memberikan perasan jeruk, asal jangan jeruk yang rasanya asam. Berikan jeruk yang rasanya manis.

Makan Malam (17.00 sd 18.00)

Uasahakan jadwal makan malam ini tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat ya Bun. Kalau terlalu cepat, khawtir bayi kita cepat lapar lagi di malam hari dan rewel. Jika terlambat, bayi juga bisa keburu tidur dan akhirnya tidak jadi makan malam.

Biasanya, kalau bayi saya usia 9 bulan kadang tidur pukul 17.30 hingga malam hari atau mulai tidur pukul 20.00 tergantung pola tidur siang serta aktivitanya di siang hari. Jadi, usahakan makan mala mini tepat waktu.

Untuk menu makan malam bayi 9 bulan ini bunda bisa berikan nasi tim ayam atau ikan, sayurnya brokoli dan wortel. Bahan karbohidrat bisa ada tambahan kentang. Tembahan kentang biasanya selain mengenyangkan, juga rasa MPASI lebih enak.

Jika bahan-bahan untuk menu MPASI 9 bulan ingin lebih mudah Bunda daptkan, belanja online pun bisa. Kalau saya paling sering belanja di Shopee yang memang komplit. Berbagai bahan serta MPASI banyak ragamnya di Shopee.

Tentunya, saat menyiapkan makanan untuk anak, kita perlu menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas, bukan? Nah, hari ini, ada promo Supermarket Day dalam Shopee 11.11 Big Sale, lho! Dengan promo ini, belanja makanan anak berkualitas tentu jadi lebih murah!

Nah itulah Tips Menyusun Menu MPASI 9 Bulan Lengkap. Gimana sudah komplit ya Bun? Tinggal perbanyak refrensi menu, resep, serta bahan yang terbaik dan tentunya si kecil suka. Selamat mencoba!

14 Komentar

  • rozi

    waktu aku punya keponakan saat di kasih beginian sangat suka banget dan lahap makanya, apalagi dari promina puffs rasa pisang susu pasti si bayi yg umur 9 bulan sangat suka

  • LIdya

    Betul banget mbak untum Mpasi anak usia 9 bulan gak perlu pakai gula garam, cukup dari ASI aja supaya anak juga gak terbiasa dengan rasa yang macam-macam terlebih dahulu

  • Samleinad

    Komplit banget informasinya. Jadi utk bayi usia 9 bulan, sudah boleh diberikan MPASI ya. Makanannya cukup beragam, disesuaikan dengan tekstur gigi atau mulut bayi. Terima kasih utk sharingnya

  • Eri Udiyawati

    Noted nih. Karena saya juga lagi MPASI, tapi masih tahap awal. Ada pelajaran penting yang bisa diambil nih buat nanti pas anak saya usia 9 bulan. Bikin menu MPASI itu memang repot, tapi kita mesti kreatif, ya.

    Siap-siap nih saya, nanti kalau udah 9 bulan pastinya bakalan rempong bikin menu MPASI.

  • Dewi Adikara

    Masa-masa yang menenangkan adalah menyiapkan MPASI apalagi kalau sang anak lahap makannya. Tips mbak Iim pasti buat anak makin suka makan dan bundanya pun semangat deh buatkan lagi. Ada jadwalnya pula bisa merapikan kebiasaan baru yang baik. Trims mbak:)

  • Kiky

    Noted banget nihhh. Mana tau aku bakal nikah n punya anak di tahun ini atau tahun yang akan datang. Hehe. Ternyata mesti extra banget yaaa, ngurus anak bayi emang perlu belajar banyak n ga bisa sembarangan. Sangat bermanfaat mba Iim, trims sharingnya <3

  • Marita Ningtyas

    Masa2 MpASI masa2 Paling melelahkan sekaligus ngangenin. Untungnya dulu anakku makannya gampang pakai metode BLW, tahu aja emaknya nggak bisa masak, wkwk. Tapi setelah anaknya bisa makan apa aja, jadi kangen nyiapin makanan2 bayi hehe.

  • Hani

    Zaman sekarang praktis banget yah. MPASI engga pake ribet plus dijamin bersih dan sehat. Ada perbagai varian rasa juga, jadi engga bosan. Sembilan bulan mah udh lumayan bervariasi ya, apalagi ada yg udah tumbuh gigi…

  • Damar Aisyah

    Ahh, serunya. Buat saya masa MPASI anak ini memang sangat menyenangkan karena bisa bermain dengan berbagai bahan dan rasa. Dua anak saya punya gaya makan yg berbeda, jadi tahapan MPASInya juga beda. Kalau kakakknya aneka puree dan bubur tim, adiknya model BLW. Meskipun begitu tetep ya, baik makanan utama sama camilan harus dari bahan2 yang aman. Kayak Promina Puff ini.

  • umimami

    saya suka ikut nyemilin promina puff ini nih, rasanya enak ^_^ masa masa pasi itu masa kreatifitas bikin menu untuk anak hihi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *