5 Jenis Buah untuk Melancarkan ASI, Ibu Sehat Bayi Kenyang

Ibu menyusui pasti ingin punya ASI (air susu ibu) yang melimpah. booster ASI bisa Bunda lakukan dengan mengonsumsi makanan dan buah untuk melancarkan ASI, selalu bahagia selama menyusui, dan melakukan berbagai cara untuk meningkatkan produksi ASI.

Baiknya kualitas ASI serta kuantitasnya yang melimpah tentu akan membuat bayi kenyang dan sehat. Bahkan, para ibu perlu punya stok ASI Perah (ASIP) untuk berjaga-jaga. Misalnya untuk stok saat bepergian meninggalkan bayi dalam waktu sehari penuh, untuk ibu bekerja, bahkan ibu rumah tangga juga perlu punya stok ASIP.

ASIP bisa berguna untuk MPASI (Makanan Pendamping ASI) ketika bayi mulai belajar makan. Usia 6 bulan biasanya bayi perlu kita kenalkan pada jenis-jenis makanan yang dicapur ASI atau susu formula (sufor) agar bayi tidak menolak makanan yang Bunda sajikan untuknya.

Seperti pembarian pure buah, ubi, labu, dan makanan menu tunggal lainya memerlukan campuran ASI. Lidah bayi akan familiar dengan makanan barunya jika ada air susu yang biasa ia konsumsi.

Nah, mengingat pentinya ASI lancar dan banyak, serta punya stok ASI, maka Bunda yang sedang menyusui perlu sekali melakukan cara melancarkan ASI serta mengnsumsi makanan pelancar ASI.

Kenapa Mengonsumsi Buah untuk Melancarkan ASI?

Sayangnya, kondisi menyusui tidak selalu berjalan sesuai harapan. Idealnya ibu menyusui (busui) bisa makan makanan bergizi dengan tenang dan dalam jumlah yang ideal, bisa melakukan berbagai hal yang bisa membuat ASI lancar. Kenyataannya, ada saja kendala ya.

Saat mau makan di pagi hari, bayi menangis atau tidak ada orang yang menghendel bayi dengan tenang selama busui menikmati makanannya. Bisa juga durasi mandi yang tidak bisa lama-lama. Momen mandi biasanya adalah waktu yang tepat untuk melakukan pijat payudara untuk melancarkan ASI. Jangankan bisa melakukan pijat payudara, masuk kamar mandi saja kadang hanya punya sedikit waktu.

Selain kendala tersebut, pasti ada kendala lainnya yang memang tidak sesuai rencana. Meskipun sejak hamil sudah merencanakan banyak hal untuk ASI eksklusif, namun kenyataannya selama menyusui tidak selalu sesuai harapan.

Namun demikian, busui tidak perlu menyerah. Pasti ada banyak cara untuk memperbanyak ASI. Salah satunya, Bunda bisa mencoba mengonsumsi cemilan pelancar ASI berupa buah-buahan.

Bunda yang sedang menyusui biasanya kadang tidak bisa makan dengan tenang, memijat payudara, dan sebagainya, namun bisa memiliki waktu luang ketika bayi sedang tidur atau sedang tenang.

Meskipun sedang memangku atau menggendong bayi, Bunda bisa memanfaatkan momen ini dengan makan buah untuk melancarkan ASI. Pasti mudah dan lebih leluasa untuk Bunda lakukan ya.

Kondisi ini juga tidak hanya untuk ibu rumah tangga, tapi juga berlaku bagi wanita karir. Bunda bisa menaruh buah untuk meningkatkan kualitas ASI di meja kerja dan sesekali menyantapnya sebagai cemilan. Selain rasanya enak, menunda lapar, juga nutrisinya baik sekali untuk ibu dan bayi.

5 Buah-Buahan untuk Melancarkan ASI

Jadi, apa saja buah untuk melancarkan asi? Nah, ada beberapa buah yang direkomendasikan untuk ibu menyusui agar produksi ASI lebih banyak. Sebagaimana dilansir dari berbagai situs kesehatan, berikut ini merupakan buah untuk melancarkan dan memperbayak ASI.

1. Buah Naga

buah naga adalah buah untuk melancarkan ASI
buah naga untuk melancarkan ASI

Pertama, ada buah naga yang memiliki kandungan zat besi tinggi. Selain berkhasiat memulihkan ibu pasca melahirkan, juga punya kandungan kalsium untuk mendukung partumbuhan tulang bayi.

Buah naga memiliki vitamin C yang baik untuk ibu menyusui sebagai antioksidan. Ini bermanfaat dalam menjaga imun tubuh ibu dan bayi.

Pengalaman saya sendiri, rajin mengonsumsi buah naga sebagai cemilan, ampuh membuat ASI lancar dan lebih banyak. Buah ini saya konsumsi sebagai cemilan ketika kurang asupan makanan lain karena berbagai kendala selama menyusui.

2. Alpukat

alpukat berkhasiat untuk booster ASI
alpukat punya manfaat sebagai booster ASI

Buah alpukat ternyata bisa menjadi booster ASI alami. Alpukat memiliki kandungan lemak baik yang banyak, seperti omega 3, 6, dan omega 9. Selain itu, alpukat punya kandungan asam amino esensial yang dapat meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan ibu.

Alpukat bisa Bunda konsumsi langsung atau menjadikannya campuran salad, campur dengan minuman susu, atau madu supaya lebih enak dan bisa Bunda nikmati sebagai cemilan sehat. Jangan lupa, kurangi gula dalam menyajikan buah alpukat ya Bun.

3. Pisang

pisang bisa berfungsi untuk booster ASI
pisang juga punya manfaat booster ASI

Selain mudah didapat dan harganya yang ekonomis, buah pisang juga bagus untuk ibu menyusui. Pisang memiliki kandungan asam folat yang kaya sehingga bisa melancarkan ASI.

Pisang juga kaya akan vitamin, kalori, mineral sebagai nutrisi yang Bunda butuhkan selama menyusui. Sediakan buah pisang di dekat Bunda selama menyusui supaya lebih mudah memakannya secara berkala.

4. Jeruk

jeruk dapat meningkatkan produksi ASI
jeruk bisa berkhasiat meningkatkan produksi ASI

Buah satu ini juga mudah ditemui dan banyak variannya. Jeruk bagus untuk ibu menyusui karena bisa melancarkan ASI. Vitamin dalam jeruk sangat dibutuhkan oleh busui supaya tetap sehat dan imunitas terjaga dengan baik.

Kandungan vitamin C juga memiliki peran penting untuk menumbuhkan tulang, gigi, dan otot bayi melalui ASI. Kandungan dalam buah jeruk juga bagus untuk meningkatkan perbaikan jaringan selama menyusui.

Berapa banyak busui perlu mengonsumsi jeruk? Popmama.com menyebutkan bahwa busui perlu mengonsumsi setidaknya 120 mg vitamin C atau setara dua buah jeruk kecil setiap hari.

5. Pepaya

pepaya punya kandungan nutrisi yang baik untuk ASI
pepaya dapat memperbanyak ASI

Buah papaya termasuk juga buah-buahan yang mudah didapat dan harganya ekonomis. Papaya mengandung galactogogue yang mampu meningkatkan produksi ASI meningkat.

Pepaya juga memiliki kandungan kalium tinggi sebesar 50% dibandingkan dengan buah jeruk, lho. Kalium tinggi ini penting bagi busui karena mampu melancarkan ASI dan meningkatkan hormon oksitosin yang memiliki peran penting dalam merangsang aliran ASI saat bayi menyusui. Oksitosin juga berperan dalam meningkatkan bonding ibu dan anak. Oleh kerena itu, hormon ini juga sering dikenal dengan hormon cinta.

Selain kandungan di atas, pepaya juga mengadung antioksidan dan melancarkan buang air besar. Ibu dan bayi pun terhindar dari sembelit.

Manfaat Lain Buah-buahan Bagi Ibu Menyusui

Selain meningkatkan produksi ASI, ada manfaat penting buah-buahan bagi ibu menyusui. Antara lain menghindari asupan makanan tidak sehat. Buah yang saya sebutkan tadi, selain bisa menjadi cemilan pelancar ASI, juga merupakan sumber nutrisi penting untuk tubuh ibu menyusui.

Kandungan vitamin, serat, dan mineral dalam buah-buahan mampu menjadi makanan penunjang diet sehat busui, cemilan yang bisa menunda rasa lapar, serta menjaga imunitas tubuh. Rasanya yang enak dan manis membuat busui makin semangat juga mengonsumsinya.

Buah-buahan tadi bisa Bunda kupas dan potong-potong selagi luang, lalu letakkan tidak jauh dari Bunda. Jadi, selama menyusui atau melakukan aktivitas bersama si kecil, bisa sambil menyantap buah-buahan tersebut.

Referensi:
https://morinagaplatinum.com/id/milestone/cara-menyimpan-asi
https://www.popmama.com/pregnancy/birth/fx-dimas-prasetyo/buah-untuk-ibu-menyusui-agar-asi-lancar/7
https://www.sehatq.com/artikel/buah-pelancar-asi-yang-murah-dan-mudah-didapat
https://www.sehatq.com/artikel/hormon-oksitosin-adalah-hormon-cinta-apa-fungsinya

Itulah 5 buah untuk melancarkan ASI supaya bayi lebih sehat dan kenyang. Jika ASI banyak dan melimpah, Bunda juga bisa memiliki stok ASI perah yang bisa digunakan ketika ada kondisi darurat dan campuran selama pemberian MPASI. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar