Tips Cantik di Rumah, Perawatan Sederhana Tanpa Harus ke Salon

Wanita senang tampil cantik dan terawat. Sepertinya itu sudah naluriah kaum hawa. Tips cantik di rumah ini untuk para wanita yang ingin selalu tampil cantik terawat walaupun aktivitas sehari-hari hanya di rumah.

Cantik di sini bukan berarti memakai make up seperti eyeshadow, blush on, dan lain-lain. Namun, cantik terawat dengan tampil alami. Tanpa sapuan make up sekalipun, jika rutin melakukan ritual perawatan diri pasti akan terlihat menawan. Setuju, Bun?

Saya sendiri termasuk perempuan yang kurang memperhatikan perawatan diri, lho selama ini. Bahkan, meski sudah lama kepo mengenai rangkaian perawatan yang kita butuhkan untuk menjaga penampilan itu apa aja, tapi semua itu selalu terkubur oleh berbagai kesibukan dan akhirnya lupa lagi. Padahal, bagi saya, dan biasanya juga bagi kaum perempuan umumnya, merawat diri seringkali menghibur dan jadi me-time yang mampu mem- boosting mood.

Akhirnya, sampai suatu sore, saya mendapatkan undangan masuk Group WhatsApp Kajian Fasil FOF dari Bunda Dyah Kusuma Susanti dengan judul “Tips Cantik di Rumah”. Saya pun sangat senang mendapatkan undangan tersebut karena pasti sangat bermanfaat untuk saya yang setiap hari di rumah saja.

Oh ya Bunda Dyah merupakan pembicara untuk materi ini, lho. Beliau merupakan seorang make up artist dari kota Malang. Jika Bunda-bunda ingin kenal lebih jauh, bisa kepoin websitenya Bunda Dyah di makeupbydyah.com serta blog personalnya happydyah.com.

Definisi Cantik

“Cantik menurut saya, bila dipandang akan menyenangkan yang melihatnya, walaupun tanpa full make-up.” Begitu Bunda Dyah memulai kajiannya.

Jadi, tips cantik ini menekankan kepada kecantikan yang terawat, sehingga kita sebagai wanita mampu menjaga kecantikan alami. Bebas dari penuaan, masalah kulit kusam, dan sebagainya akibat kurang perawatan.

Wanita akan cantik di rumah bila senantiasa merawat rambut dan kulit, baik kulit wajah maupun tubuh. Dengan demikian, kulit dan rambut menjadi bersih dan penampilan tampak segar selalu.

Tips Cantik di Rumah, Apakah Melulu Harus ke Salon?

Sebenarnya, kita bisa merawat diri di rumah tanpa harus pergi ke salon, kok. Seperti tips cantik di rumah dari Bunda Dyah. Wanita bisa melakukan perawatan untuk wajah dan rambut cukup dilakukan di rumah saja. Wajah jadi glowing alami, rambut sehat dan cantik, kulit badan juga halus dan sehat. Apa saja langkah-langkahnya?

Merawata Wajah di Rumah

Perawatan diri pertama adalah dengan rajin memperhatikan dan merawat wajah. Dengan rangkaian ritual sentuhan pada kulit wajah ini, maka kita bisa tetap tampil cantik alami di rumah.

Melakukan Skin Care Pagi dan Malam Hari

skin care untuk merawat wajah pagi hari
rangkaian skin care tiga langkah

Untuk merawat wajah, maka perlu sekali untuk mengaplikasikan skin care pagi dan malam hari. Cukup tiga langkah saja setiap pagi dan tiga langkah skin care di malam hari.

Setiap pagi, basuhlah wajah dengan facial foam atau sabun muka. Lalu, setelah wajah menggunakan sabun, lap hingga kering dengan handuk. Setelah itu, lanjutkan dengan pelembab.

Oh ya, jangan lupa gunakan sunscreen untuk mencegah paparan panas matahari maupun panas dari kompor. Panas tersebut biasanya menjadi pemicu flek hitam. Jangan sampai muncul flek hitam dan terus bertambah karena kurang perawatan ini.

Malam hari juga sama, kita aplikasikan skincare tiga langkah. Lakukan double cleansing. Kalau habis menggunakan make up tebal, bersihkan wajah dengan cleansing seperti cleansing milk yang sering kita temui di pasaran. Lalu cuci wajah dengan facial foam atau sabun wajah.

Sebenarnya, meskipun tidak bermake up, Bunda Dyah tetap menyarankan kita menggunakan micellar water atau cleansing oil kemudian dilanjutkan facial foam ya. Wajar sih, karena aktivitas sehari-hari juga membuat wajah kita terpapar polusi, kotoran, dan lain-lain kan?

Setelah membersihkan wajah dengan sabun atau facial foam, lanjutkan dengan menggunakan pelembap. Ingat, Malam hari tidak perlu menggunakan sunscreen ya, hehe.

Pelembab malam hari bisa berupa dari krim dari dokter seperti krim malam atau krim kesayangan yang bisa kita beli di toko online atau offline.

Gunakan Scrub dan Masker Wajah Seminggu Sekali

scrub wajah untuk mencerahkan wajah
scrub dan masker wajah seminggu sekali

Skincare pagi dan malam belum lengkap tanpa yang satu ini. Satu minggu sekali dapat dilakukan perawatan kulit wajah seperti scrub dan masker.

Manfaat scrub untuk membuang kulit ari sehingga kulit tampak cerah. Scrub ada yang berbentuk krim atau lotion. Dengan butiran-butirannya, gunakan scrub secukupnya di wajah bersih dan kering. Biarkan setengah kering kemudian gosok pelan pelan hingga berjatuhan.

Bunda Dyah menceritakan bahwa beliau biasa menggunakan scrub dari bahan yang ada di dapur saja, lho. “Saya suka pakai Quacker Oatmeal saya kasi air dikit kemudian pulaskan ke wajah dan biarkan setengah kering kemudian gosok pelan sampai berjatuhan. Kemudian bilas.” Beliau menjelaskan.

Setelah menggunakan, scrub lanjutkan dengan masker. Manfaat masker untuk mengencangkan kulit wajah, mencegah keriput, mencerahkan, melembutkan dan menghaluskan wajah. Pulaskan masker ke wajah dan leher dengan mengarahkan kuas masker ke arah atas.

Ulaskan di wajah yang telah discrub kemudian biarkan kering dan angkat dengan menggunakan spons lembab atau washlap lembab air hangat. Bilas sampai bersih.

Merawat Rambut di Rumah

Selain wajah, kita juga perlu merawat rambut. Bagaimana dengan perawatan untuk rambut?

Rawat Rambut dengan Shampo, Conditioner, Minyak Rambut, dan Hair Tonic

merawat rambut dengan hair oil
hair oil untuk merawat kesehatan rambut

Selain harus rutin keramas setiap dua hari sekali dengan shampoo dan conditioner, rambut juga harus mendapat perhatian dengan memberi nutrisi yaitu minyak rambut juga hair tonik.

Biasanya Bunda Dyah, sebelum keramas pagi hari, bangun tidur menggunakan minyak rambut . Kemudian biarkan rambut dengan minyak sambil beres-beres dan menyiapkan sarapan. Kemudian mandi dan keramas seperti biasa.

“Nah setelah keramas, rambut masih dalam keadaan lembab saya beri hair tonic. Banyak rambut yang rontok, dengan diberi nutrisi akan tumbuh lagi rambut baru. ”, lanjut Beliau.

Merawat Kulit Tubuh di Rumah

Selain merawat wajah dan rambut, tentu Bunda juga ingin punya kulit tubuh yang terawat ya? Nah, untuk menjaga kecantikan kulit tubuh, perawatannya tidak cukup mandi dua kali sehari lho.

Untuk menjaga agar kulit kita tetap sehat, cantik, lembap, maka ada beberapa perawatan yang tidak boleh kita lewatkan. Apa saja ritual merawat kulit tubuh agar senantiasa cantik di rumah?

Rajin Memakai Body Lotion

tips cantik di rumah dengan rajin memakai body lotion
body lotion untuk merawat kulit tubuh

Setiap hari selain mandi minimal dua hari sekali, tubuh kita juga perlu usapan pelembab badan atau body lotion. Manfaat yang akan kita dapatkan jika rajin memakai body lotion ini banyak ya Bun. Kulit tubuh senantiasa lembap,kencang, lebih cerah merata, bebas kusam, melembutkan bagian kulit yang kasar seperti sikut, lutut, dan lain-lain.

Body lotion biasanya dilengkapi berbagai nutrisi yang dibutuhkan kulit kita. Tiap lotion memang punya funsi sama seperti saya sebutkan tadi. Namun, tidak jarang lotion tertentu lebih menonjokan kandungan vitamim E, AHA, salicylic acid, dan lain-lain sesuai tujuan khasiat lotion tersebut. Pilih produk lotion tersebut sesuai kebutuhan Bunda ya.

Mengaplikasikan Scrub dan Lulur

tips cantik di rumah memakai body scrub
body scrub membuat kulit lebih cantik

Kalau body lotion kita pakai minimal dua hari sekali, maka untuk scrub dapat kita lakukan seminggu sekali. Perawatan tubuh ini tentu sangat mudah kita lakukan di rumah. Lakukan sebelum mandi dalam keadaan kulit kering dan belum terkena air.

Caranya, ambil scrub dan ratakan di seluruh badan dan biarkan setengah kering kemudian gosok-gosok hingga scrub dan daki berjatuhan. Kemudian bilas dengan air dan bersihkan dengan sabun kesayangan. Hasilnya, kulilt akan lebih cerah glowing.

Bermacam-macam scrub yang dijual di pasaran dengan aneka aroma buah seperti kopi, coklat, stroberi, alpukat dll. Bisa dipilih wanginya sesuai selera masing-masing.

Tips Cantik di Rumah Tambahan Supaya Makin Oke

Supaya wajah lebih fresh pada pagi hari, setelah melakukan morning skincare, kita bisa memakai kosmetik ringan seperti bedak tabur dan lipbalm atau lipstick warna nude, ya. Jangan lupa memakai deodorant dan semprotkan body spray. Cantik, bersih, wangi dan fresh siap jalani aktivitas sepanjang hari di rumah.

Itulah Tips Cantik di Rumah, Rangkaian Perawatan Sederhana Tanpa Harus ke Salon. Semoga bisa makin memotivasi kita supaya lebih senang merawat diri. Saya yakin, rangkaian perawatan diri pasti menyenangkan bagi kaum hawa. Salam cantik!

Tinggalkan komentar