Kali ini saya mau review Fogg Body Spray, nih. Seminggu yang lalu, saya mendapat kiriman dua buah parfum, yaitu Fogg Dynamic dan Fogg Marco. Koleksi wewangian saya dan suami bertambah, deh. Rupanya fragrance body spray ini sukses membuat saya dan suami jatuh hati, lho.

Ada beberapa jenis parfum yang pernah saya pakai. Jenis yang paling kuat yaitu parfume, lalu pernah coba juga eau de parfume (edp), eau de toilette (edt), body mist, cologne, dan yang sekarang saya pertama kali merasakan memakai body spray. Padahal tadinya saya sudah pasrahkan dua Fogg Fragrance Body Spray ini sepenuhnya kepada Pak Suami, namun setelah mencium aromanya, kok saya merasa ada aroma feminim.

Yups, saya kira Fogg cocok hanya untuk pria saja. Ternyata bisa juga buat wanita, lho, Terutama Fogg Marco. Padahal, dari namanya aja kaya buat cowok aja ya. Oh ya, karena bentuknya body spray, rasanya saya juga perlu bisa membedakan karakteristik dan cara pemakaiannya.

Perbedaan Parfume, Eau de Parfume, dan Body Spray

Sebelum kita kenalan dengan Fogg Body Spray, yuk kita kenali jenis-jenis wewangian terlebih dahulu. Ketiga jenis wewangian ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Misalnya dalam kandungan konsentrat minyak dan parfum dibandingkan dengan campuran air atau alkoholnya.

Parfume memiliki besar konsentrat paling tinggi, yaitu mencapai 15 hingga 40%. Maka wajar jika wanginya paling kuat dan tahan lama. Biasanya wewangian jenis parfume cocok digunakan saat pesta, kegiatan seharian penuh, untuk bekerja di kantor, dan kegiatan lainnya yang memiliki durasi lama.

Saya biasanya memakai fragrance jenis parfum bisa bertahan sehari hingga ada yang membekas dua hari. Tergantung kegiatan yang dilakukan.

Kemudian ada jenis eau de parfum (edp). Jenis wewangian kedua ini lebih ringan daripada parfume. Kandungan konsentratnya berkisar antara 10 hingga 20% saja. Wanginya bertahan antara 6 hingga 7 jam. Ini juga cocok untuk aktivitas panjang dan butuh menjaga penampilan selalu wangi.

Sedangkan body spray adalah jenis wewangian yang lebih ringan dibanding parfume dan edp. Meskipun memiliki aroma yang sama, namun daya tahannya tidak terlalu lama, lho. Biasanya hanya bertahan selama 2 jam saja.

Penggunaannya juga lebih banyak disarankan ke kulit tubuh langsung. Misalnya area leher, lengan bawah, dan punggung.

Cara Memakai Body Spray yang Benar Agar Wangi Segar Tahan Lama

fogg body spray Marco warna hitam
Fogg Body Spray Marco (warna hitam)

Seperti namanya, body spray adalah fragrance yang manfaatnya untuk membuat aroma tubuh lebih segar. Jadi pemakaiannya pun lebih banyak disarankan pada kulit tubuh langsung. Aromanya yang ringan dibandingkan parfume maupun cologne, membuatnya cocok menjadi pewangi tubuh langsung.

Lalu, bagaimana cara memakai bodu spray yang tepat? Ada beberapa tips menggunakan body spray agar wangi tahan lama dan segar. Ini cocok saat kita akan menggunakan wewangian seperti Fogg Body Spray.

1. Pakailah Sehabis Mandi dan Telah Memakai Deodorant

Saat habis mandi, kondisi tubuh sedang wangi dan belum terkontaminasi bakteri dari keringat. Pemakaian bosy spray akan lebih maksimal dan saat berkeringatpun nantinya justru membuat aroma tubuh semakin wangi dan segar. Jangan lupa gunakan body spray setelah memakai deodorant juga ya, supaya aman dari campuran bau ketiak.

2. Jangan Memakai Body Spray Saat Tubuh Berkeringat dan Kotor

Kondisi tubuh berkeringat justru bukan waktu yang tepat untuk mengaplikasikan wewangian spray ini. Meskipun maksudnya untuk mengharumkan tubuh, tetapi keringat membuat aroma tubuh menjadi tidak enak saat tercampur body spray.

3. Pakai Body Spray Pada Kulit Badan yang Tepat

Cara memakai body spray adalah dengan langsung menyemprotkannya pada tubuh. Area tubuh yang tepat di antaranya adalah pergelangan tangan, lutut, leher, siku, belakang telinga, dan punggung. Agar tidak terlalu menyengat, semprotkan secukupnya saja.

Yuk, Kenalan dengan Fogg Body Spray

Fogg Body Spray ini adalah parfum impor made in India. Diimpor dan didistribusikan di Indonesia oleh PT. Kharisma Sukses Persada yang berada di Menara Batavia Lt. 6 Jakarta Pusat. Parfume ini sudah punya izin BPOM dan pastinya aman digunakan.

Ada dua parfum Fogg yang akan saya review, yaitu Fogg Fragrance Body Spray Dynamic (warna kuning) dan Fogg Fragrance Body Spray Dynamic Marco (warna hitam). Teman-teman bisa kepoin parfum Fogg di media sosialnya IG: @fogg.id, FB: Fogg Indonesia

Aroma Fogg Body Spray Seperti Apa?

Ketika suami menyemprotkan Fogg Body Spray sebelum berangkat ke luar rumah, saya kok suka dengan aromanya. Waktu itu suami mulai mencoba Fogg Dynamic (Fogg kuning itu, lho). Ternyata wanginya khas cowok banget. Seger dan macho.

Nah, setelah suami pergi, anak saya yang berusia 8 tahun ikut-ikutan mau nyoba Fogg. “Aku dong, mau pake Bun..” Terus dia smprotin yang warna hitam ke bajunya. Awalnya saya mengira bakal ada aroma macho lainnya. Ternyata Fogg Marco punya wangi lebih lembut dan manis. Meskipun masih ada segernya.

Aromanya mengingatkan saya pada sebuah parfum wanita jenis edp yang saya pakai dua tahun lalu. Parfum itu sudah tidak produksi lagi, padahal saya suka banget. Nah, ketika ada Fogg Marco yang wanginya sama, saya pun merasa kembali memiliki parfum favorit.

Untuk daya tahan wanginya, luamyan tahan lama.Saya pakai pagi, sorenya masih wangi meski cukup berkurang. Namun, untuk jenis body spray ini wajar dan tetep recommended.

Kemasan

Pas awal mendapatkan paketan parfum ini, saya kurang memiliki ekspektasi tinggi karena kemasannya menurut saya kurang saya suka. Entah belum paham packaging parfum, atau memang benar, parfum Fogg Body Spray ini mungkin desainnya untuk cowok. Padahal katanya ini parfum unisex, bisa buat cowok dan cewek juga.

Bahan kemasan kalengnya mudah penyok. Saat anak bayi tiba-tiba rebut dan dia banting, kalengnya langsung penyok. Ya, wajar sih dibanting, hihi…

Oh ya, bentuk kemasannya tabung (bundar dan tinggi) pas di genggaman. Isi bersih 100 g atau 120 ml. Termasuk besar bagi perempuan yang biasanya menggunakan parfum ukuran 50 ml seperti saya. Jadi, di tas wanita sih lumayan boros space.

Beda dengan cowok, parfum ini mungkin pas buat mereka. Kemasannya juga cowok banget. Maskulin dan memang cocok jika dibawa mereka yang biasanya memakai tas besar seperti laki-laki.

Bahan

keterangan bahan fogg body spray, termasuk segala keterangan lengkapnya
bahan Fogg body spray

Ingredients Fogg Body Spray Dynamic terdiri dari; Alcohol Denat, Perfume, Propylene Glycol, Alcohol 95% v/v, content: 89,10% w/w dan contains 1% w/w Diethyl Phtalate.

Ingredients Fogg Body Spray Marco terdiri dari; Ethyl Alcohol, Perfume, DEP, Propylene Glycol, Alcohol 95% v/v, content: 89,10% w/w dan contains 1% w/w Diethyl Phtalate.

Cara Pakai

Pemakaian Fogg Body Spray adalah Seprotkan ke seluruh tubuh setelah mandi atau ke baju sehabis mandi dengan jarak kaleng dan badan 10 – 15 cm. Hindari kontak dengan mata.

Perhatikan juga penyimpanan ya, teman-teman. Jangan sampai menaruh atau menggunakan Fogg ini dekat api menyala atau material yang mudah terbakar. Simpan di tempat yang terhindar dari sinar mata hari langsung dan temperatur di atas 50 derajat celcius. Oh ya, jangan rusak kalaeng atau membakarnya walau sudah kosong.

Hindari kontak langsung dengan mata. Jangan smperotkan ke wajah karena bisa menimbulkan iritasi, karena kulit wajah lebih sensitif jika terpapar bahan pada body spray. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Beli Fogg Body Spray di Mana? Harganya Berapa?

Nah, jika ingin beli fragrgrance ini mudah banget karena sudah banyak tersebar di berbagai marketplace. Begitu juga di toko terdekat seperi Indomaret dan Alfamart ya. Harga parfum Fogg 120 ml ini antara 33.000 hingga 50.000 rupiah. Tergantung tempat belinya di mana. Termasuk harga yang ramah dompet ya.

Dulu parfum dengan aroma serupa, saya dapat harga 350.000 rupiah dengan jenis edp dan desain kemasan feminim banget. Ukurannya 50 ml pula.

Kesimpulan

Fogg Fragrance Body Spray ini memang unisex atau cocok buat laki-laki maupun perempuan dari segi wanginya. Fogg kuning yang paling cocok buat cowok sedangkan yang hitam bisa dipakai kaum hawa. Sedangkan kemasannya menurut saya tetap belum woman friendly, sih.

Namun, saya pribadi sih tetap pede aja misal harus membawa parfum ini ke luar rumah dan terlihat oleh orang lain. Akan lebih senang jika desainnya khusus perempuan untuk Fogg Marco. Haha, request berlebihan nggak sih?

Sekian review Fogg Body Spray dari saya. Secara keseluruhan sih saya suka karena memang yang utama adalah wanginya. Selamat mencoba.

Berita sebelumyaKelebihan Membeli Jersey Printing untuk Tim Olahraga dan Komunitas
Berita berikutnyaApa Saja Isi Tas Persiapan Persalinan di Rumah Sakit?
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

19 KOMENTAR

  1. Waah baru tahu nih fogg body spray. Saya lebih suka pakai body spray mbak daripada parfum. Mungkin karena gak begitu suka bau-bauan ya . Kalau parfum soalnya baunya awet banget. Jadi lebih suka yang ringan kayak body spray meski kalau kondangan baunya cepet hilang.

  2. Ternyata memakai parfum ke tubuh itu ada caranya ya mba, gak boleh asal semprot aja supaya aroma parfumnya tahan lama.
    Oh ya, Foog Body Spray ini keluaran terbaru ya mba, pastinya recommend banget buat yang beraktifitas diluar rumah.

  3. Wah, kebayang wanginya ya? Bikin percaya diri nambah beberapa centi, eh. Nggak dong …

    Aku juga lebih suka yg body spray gini, baunya lebih soft dibandingkan EDP.

  4. Wah, baru tau nih ternyata beda ya itu perfume, edp, edf. Tergantung konsentrasinya. Setauku sih semuanya minyak wangi. Ternyata ada yg unisex juga, jadi enak bisa ngirit pakainya nih

  5. Aku kayaknya pernah lihat Fogg body spray di minimarket deh, Kak, jadi penasaran sekarang gara-gara Mbak Iim mengulas. Soalnya bisa dipakai cowok dan cewek sih, aku sama istri penginnya ngirit pakai satu merek aja biar couple-an eaaa. Pernah pakai merek lain yang udah terkenal, beli di minimarket juga, kok wanginya terlalu strong dan kayak menggaggu hidung malah. Kalau lembut dan manis ya maulah. Thx infonya, kudu disebar nih Kak!

  6. Baca artikel ini aku jadi ingat, udah setahun setengah nggak pernah pakai parfum. Xixi. Dulu aku dan suami suka banget pakai parfum. Sejak pindah ke Malang, nggak pakai parfum karena entah dimana itu botol parfum wkwkwk

  7. Baru tahu nih penggunaan body spray di daerah pergelangan tangan, lutut, leher, siku dan belakang telingan. Biasannya aku cuma di bagian leher hihi.

    Mbak, Aku penasaran sama fogg body spray warna kuning,apalagi sama bau nya.Kemasannya juga lucuk. Nanti coba berangkat ke alfamart mau coba beli ah. Hihi

  8. Ouw, ternyata pemakaian body spray itu ada triknya rupanya biar tetap wangi ya. Salah banget dong ya kalau body spray disemprot ke seluruh badan seperti di iklan.

    Baru eungeuh sama brang Foggy ini. Nanti kalau ketemu, boleh lah ya dicoba cari tahu aromanya. Soalnya unisex sih ya.

  9. Ouw, ternyata pemakaian body spray itu ada triknya rupanya biar tetap wangi ya. Salah banget dong ya kalau body spray disemprot ke seluruh badan seperti di iklan.

    Baru eungeuh sama brang Fogg ini. Nanti kalau ketemu, boleh lah ya dicoba cari tahu aromanya. Soalnya unisex sih ya.

  10. Hehehehe… Akutuh hampir gak pernah pake parfum mbak. Suka enek soale sama baunya.

    Tapi kalau disuruh pilih, aku mending pake parfum cowok. Gak rau kenapa aroma nya seger 😀

    Tapi Fogg ini unisex ya. Ah, coba deh. Siapa tahu cocok 😊

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here