Parfum adalah salah satu ciri khas seseorang. Cara memilih parfum yang tepat juga menentukan kenyamanan dalam memakai wewangian dalam jangka panjang.

Pernahkan kamu mendapati wangi seseorang yang begitu khas? Sampai pada akhirnya kita bertanya, dia memakai parfum apa.

Meskipun mungkin kita tidak begitu menginginkan aroma yang sama, namun ciri khas wangi orang lain juga ingin kita tiru. Ya, menemukan wangi yang cocok dengan diri sendiri pasti akan lebih menyenangkan.

7 Cara Memilih Parfum yang Tepat untuk Ciri Khas Wangimu

Jika kamu belum menemukan aroma parfum yang cocok, mungkin perlu mencoba cara berikut ini:

1. Menemukan Aroma yang Disukai

Bagaimana cara menemukan aroma parfum yang kamu sukai? Mudah saja. Bisa dengan menelusuri swalayan atau toko parfum dan mencoba berbagai wewangian yang ada.

Jika masih bingung, kamu bisa mendapatkan inspirasi dari wangi parfum orang yang kamu kenal. Tanyakan parfum yang ia pakai. Tidak perlu meniru, kok. Kamu bisa menanyakan tempat ia membeli parfum tersebut dan mendapatkan variasi aroma lain.

2. Membandingkan Tidak Lebih dari Tiga

Nah, ketika memutuskan memilih parfum yang tepat langsung di toko, usahakan tidak membandingkan lebih dari tiga aroma berbeda. Perbedaan yang terlalu banyak bisa membuat kamu malah bingung.

Aroma itu ketika dihirup biasanya mudah kita lupakan. Jadi, supaya bisa membandingkan dengan benar, maksimal tiga perbandingan parfum saja. Jika memang belum menemukan yang cocok, bisa kembali di lain waktu.

3. Kenali Jenis Konsentrasi Parfum

Jangan lupa untuk mengenali jenis parfum berdasarkan konsentrat. Parfum umumnya ada yang berjenis body spray, body mist, cologne, eau de toilette (edt), eau de parfume (edp), dan Parfume.

Urutan konsentrat wewangian dari terendah (body spray dan body mist) hingga yang tertinggi (parfume). Kadar konsentrasi parfum menentukan tahan lamanya saat kamu pakai.

Sebaiknya, jika kamu dalam tahap mencoba memilih parfum yang tepat, pilih yang konsetrat wanginya lebih rendah. Misalnya edt atau cologne. Ini untuk mengantisipasi jika wanginya tidak sesuai keinginan kamu.

Kecuali jika sudah yakin dengan wanginya, memilih edp layak dicoba. Biasanya jenis edp tahan hingga 8 jam.

4. Jangan Langsung Menyimpulkan

Katika menyeprotkan parfum di pergelangan tangan, aromanya bisa berbeda setelah 15 menit. Wangi yang sebenarnya akan bertahan adalah yang muncul setelah 15 menit kemudian, ya.

Jadi, saat memilih parfum, tunggu dulu hingga kamu mendapati aroma inti dari wewangian yang kamu cari. Bisa jadi, aroma segar yang timbul saat mengaplikasikan ke kulit atau pakaian berubah menjadi wangi kalem. Ini sering terjadi dalam dunia parfum.

5. Sesuaikan dengan Kepribadian

Ternyata, parfum juga sebaiknya sesuai dengan kepribadian kamu supaya lebih cocok. Bagaimana cara memilih parfum sesuai keperibadian?

Mengenali kepribadian di sini sangat mudah kok. Apakah kamu tipe feminim, enerjik, sporty, tegas, atau senang tampil elegan.

Jika kamu feminim, maka parfum yang cocok adalah wangi floral seperti aroma bunga rose, tuberose, lily, dan lain-lain.

Sedangkan jika kamu orangnya enerjik bisa memakai aroma fruity, kayu dan bunga. Silahkan temukan bahan yang ada di parfum yang kamu pilih. Misalnya seperti Parfum Davidoff yang punya kandungan floral sekaligus fruity.

Untuk kamu yang sporty cocok dengan parfum dengan aroma kalem. Bahannya biasanya watermelon, petitgrain, galbanum, dan ivy leaf.

Sedangkan kepribadian tegas cocok dengan aroma mint, termasuk aroma bunga dan buah. Cara memilih parfum sesuai karakter apakah kamu tegas, maka aroma ini yang sesuai dan bisa kamu coba.

Terakhir, untuk kepribadian glamour, pilihan yang tepat adalah aroma woody, seperti beraroma orange, sandalwood, dan lain-lain.

6. Banyak Mencoba Hingga Menemukan yang Paling Cocok

Sebenarnya, cara memilih parfum yang tepat adalah dengan mencoba berbagai aroma dan jenis parfum. Jarang kita langsung menemukan aroma yang benar-benar cocok.

Selain itu, kadang selera kita juga bisa berubah, Bahkan, sesekali yang tadinya menyukai parfum dengan wangi floral, bisa punya keinginan mencoba wangi fruity misanya.

Jadi, kuncinya adalah lebih banyak melakukan eksplorasi terhadap berbagai wewangian. Pengalaman dan referensi kamu tentang parfum bisa membuat kamu makin tahu mana parfum terbaik untuk diri kamu.

7. Membeli Parfum Sample

Cara memilih parfum yang tepat bisa juga dengan membeli Parfum Sample. Mencoba dalam bentuk sampel, akan meminimalisir kesalahan menentukan pilihan karena ukurannya lebih kecil. Kamu juga akan membeli dengan harga lebih hemat.

Apalagi jika yang kamu target adalah wewangian di toko online. Misalnya ingin memilih parfum di Zataru.com, lalu tertarik dengan Lancome La Vie Est Belle Woman atau Parfum Guerlain Mon Guerlain EDP, dan sebagainya.

Kamu bisa membelinya dalam ukuran sampel. Jika cocok, nanti bisa order dalam ukuran aslinya.

Itulah 7 cara memilih parfum yang tepat supaya kamu menemukan wewangian yang cocok dan mencerminkan dirimu. Kamu bisa memperolah cici khas lewat wangi yang kamu miliki di manapun berada.

Berita sebelumyaSewa Mobil Belitung Murah, Wisata Mandiri Lebih Hemat di Belitung
Berita berikutnya7 Cara Mendapatkan Passive Income dengan Modal Kecil
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here