Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan Jantung

0
50
manfaat senam aerobik untuk kesehatan jantung
senam aerobik mampu menyekatkan jantung

Senam aerobik punya banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat senam aerobik adalah untuk menyehatkan jantung. Selain kita perlu menghindari apa saja yang jadi pemicu sakit jantung, rajin melakukan senam penuh semangat ini juga bisa menyehatkan organ penting ini.

Jantung adalah pusat sistem peredaran darah dalam tubuh. Tugasnya memompa darah ke seluruh tubuh agar oksigen dan nutrisi bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Oleh karena itu, jantung kesehatan jantung perlu kita jaga sebaik mungkin.

Sayangnya, penyakit jantung sampai saat ini masih merupakan ancaman yang menjadi penyebab kematian terbesar di dunia. Termasuk di Indonesia. WHO (world health organization) mencatat bahwa 30% orang di seluruh dunia meninggal akibat sakit jantung. Jumlah yang tidak sedikit. Adapun di negara kita, sebanyak 37% orang meninggal akibat penyakit ini.

Oleh karena itu, selain menerapkan gaya hidup sehat, rasanya kita perlu melirik salah satu olahraga yang banyak manfaat kesehatan ini. Manfaat senam aerobik terbilang banyak. Mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga kesuburan wanita. Manfaatnya yang paling kita kenal adalah untuk kesehatan jantung.

Lalu, apa itu senam aerobik? Seperti apa gerakannya? Mengapa senam aerobik bisa menyekahtakan jantung? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Senam Aerobik?

Senam aerobik adalah rangkaian gerakan yang diiringi irama musik dalam durasi tententu. Biasanya senam ini dilakukan bersama-sama dengan satu atau dua instruktur senam supaya gerakan senam aerobik lebih kompak dan gerakannya benar.

Istilah olahraga aerobik sebenarnya berlaku bagi segala aktivitas yang melibatkan oksigen lalu membakar kalori untuk memproduksi energi. Gerakan olahraga ini mampu meningkatkan detak jantung sehingga jantung lebih sehat. Namun, di negara kita, istilah aerobik identik dengan nama senam. Jadi, senam aerobik dalam pengertian di atas lebih kita kenal.

Gerakan Senam Aerobik

Senam aerobik merupakan senam yang paling saya sukai. Selain karena lokasi senam yang dekat dengan rumah, juga memiliki manfaat yang banyak serta gerakannya membuat tubuh bugar dan semangat.

Bagi Bunda yang belum mengenal senam satu ini, yuk kita kenali gerakan senam aerobik berikut ini. Setelah tahu, pasti ingin mencoba ya. Apa saja gerakan senam aerobik?

Pertama, pemanasan. Saat pemanasan, instruktur akan mulai membimbing gerakan kita. Tujuan pemasanan adalah mempersiapkan otot dan denyut jantung. Ini penting supaya mencegah kram ataupun cedera.

Kedua, gerakan inti. Biasanya gerakan ini mulai melibatkan berbagai variasi selama kurang lebih 40 menit. Gerakan inti senam aerobik terdiri dari marching, jogging, kicking, double step, grapevine, leg curl, dan heel touch.

Selama gerakan inti ini biasanya tubuh mulai berkeringat banyak dan kita dituntut cekatan mengikuti instruktur senam. Maka wajar, manfaat senam aerobik juga baik untuk melatih otak. Pikiran jadi fresh, tubuh sehat, dan kondisi psikis lebih segar.

Terakhir, pendinginan. Tahap ini bertujuan mengembalikan frekuensi jantung menjadi normal kembali. Gerakan pendinginan biasanya selama 5 hingga 10 menit. Tubuh kembali rileks dan detak jantung kembali normal.

Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan Jantung

Dari gerakannya, kita pasti sudah membanyangkan efek positifnya bagi kesehatan jantung, ya Bun. Gerakan senam aerobik yang berirama dan terstruktur mampu menyekatkan kerja jantung kita.

Gerakan senam aerobik yang enerjik memacu kinerja jantung sehingga oksigen lebih banyak mengalir ke seluruh tubuh. Senam ini mampu menguatkan jantung untuk memompa darah lebih baik. Oleh karena itu, American Heart Assosiation menyarakan agar orang yang punya riwayat sakit jantung agar rajin melakukan senam aerobik.

Senam satu ini dapat memperlancar peredaran darah sehingga pembuluh darah sehat. Kolestrol juga turun. Mengapa demikian? Tubuh merespon gerakan senam sehingga nafas lebih panjang dan kadar oksigen dalam darah, otot, dan jantung turut meningkat.

Peningkatan kadar oksigen menjadikan pembuluh darah lebih lebar sehingga lebih lancar membuang gas yang tidak dibutuhkan tubuh, misalnya karbon dioksida dan asam laktat.

Tips Senam Aerobik Selama New Normal

Senam serobik biasanya kita lakukan bersama banyak orang. Hal ini tentu bisa membuat kita khawatir akan penyebaran virus Covid-19. Bahkan, seringkali senam aerobik dilakukan dalam sebuah sanggar dengan ruangan tertutup. Makin tidak kondusif ya untuk menerapkan protokol kesehatan.

senam aerobik via online
senam aerobik selama pandemi bisa via online

Lalu bagaimana menyiasati supaya kita masih bisa melakukan senam aerobik selama masa new normal?

Melakukan Senam Aerobik di Rumah

Tips pertama, kita bisa melakukan senam aerobik sendiri di rumah. Kita bisa mengajak anggota keluarga supaya senam menyenangkan. Gunakan musik dengan speaker agar lebih semangat. Jika tidak hafal gerakannya? Jangan khawatir, yuk ikuti tips selanjutnya.

Memanfaatkan YouTube

Jika Bunda masih pemula dalam senam ini, bisa mengikuti instruksi senam dalam channel Youtube. Banyak video senam aerobik yang bisa Bunda ikuti. Gunakan laptop atau TV android supaya gerakan dalam video lebih jelas.

Membuat Janji dengan Instruktur Secara Offline

Cara satu dan dua masih kurang oke? Nah, buat Bunda yang biasa senam di sanggar, kalau punya budget lebih, bisa membayar isntruktur senam aerobik secara offline. Apakah datang sendiri ke rumah instruktur atau mengundangnya ke rumah. Oh ya, bisa juga pertemua secara online via zoom atau video call jika memungkinkan.

Cara ini lebih aman daripada kita senam berbaur dengan banyak orang dalam satu ruangan, bukan? Hafalkan gerakan senamnya dalam satu dua kali pertemuan, lalu praktekkan sendiri.

Referensi:
https://www.anlene.com/id/ms/faktor-risiko-utama-penyakit-jantun-di-indonesia.html
https://www.liputan6.com/bola/read/4185283/5-manfaat-senam-aerobik-paling-utama-buat-kesehatan-jantung
https://brainly.co.id/tugas/33029491
https://www.bola.net/lain_lain/ragam-manfaat-senam-aerobik-untuk-kesehatan-fisik-dan-mental-f853f8.html

Gimana? Bunda masih semangat senam aerobik walau masa pandemi? Saya rasa social distancing bukan alasan untuk tidak senam aerobik lagi ya. Manfaat senam aerobik terbilang banyak, salah satunya agar jantung kita tetap sehat. Ganbatte!

Berita sebelumya5 Pilihan Mobil Bekas untuk Travelling Bersama Keluarga
Berita berikutnyaBayi Belajar Berjalan Tanpa Merangkak Dulu, Normalkah?
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here