Tips and Trik

Belajar SEO Onpage Bersama Coach Bahrul Ilmi

Sejak lama, saya ingin belajar SEO Onpage dari ahlinya langsung. Sebagai blogger pemula, mencari cara optimasi SEO (Search Engine Optimization) secara otodidak dari buku maupun mencari di google memerlukan waktu cukup lama. Maka dari itu, ketika ada kelas belajar online bersama ahlinya, saya langsung ikutan daftar dan diterima di gelombang kedua. Bahagia banget.

Kenapa sih belajar SEO Onpage ini penting? Yap, karena itu merupakan salah satu cara agar artikel di blog kita bisa masuk di jajaran teratas hasil pencarian google. Traffik organik pun bisa kita dapatkan.

Semudah itu? Ya, kalau ilmunya kita praktekkan betul-betul, hal itu tidak mustahil. Sedikit pengalaman saya sebagai newbie, pernah saya menulis beberapa artikel yang memang “tidak sengaja” mengandung kata kunci lumayan bagus. Eh ternyata traffik organik datang tidak diundang. Kalau yang tidak disengaja saja bisa mendatangkan traffic, apalagi yang sengaja dioptimasi? Kira-kira begitu.

Dengan belajar optimasi SEO langsung dari mastah yang berpengalaman seperti coach Baim, saya makin semangat menulis blog. Tentunya menulis artikel yang lebih terarah dan teroptrimasi.

Ilmu SEO Onpage Ala Coach Bahrul Ilmi

foto dari Facebook Coach Baim

“Optimasi SEO Onpage dilakukan di dalam blog kita sendiri. Jadi, tidak hanya pada artikel kita.” Begitu Coach Bahrul Ilmi atau biasa disapa Coach Baim memulai materinya di grup online WhatsApp.

Apa saja yang perlu kita perhatikan?

Pertama, Judul artikel harus mengandung keyword utama. Misalnya “cara menanam jahe” kita aplikasikan kepada judul artikel menjadi “Inilah Cara Menanam Jahe di Halaman yang Sempit”. Itu contoh saja ya.

Hal yang harus diperhatikan juga adalah bahwa panjang judul artikel kita tidak boleh lebih dari 55 atau 60 karakter. Seperti contoh judul saya di atas, jumlahnya adalah 40 karakter saja.

Memang kenapa kalau lebih? Kata Coach Baim, nanti khawatirnya judul akan terpotong di hasil pencarian dan mengurangi power onpage yang kita lakukan. Akhirnya orang akan ragu mengunjugi artikel kita. Kaya gini, “Ingin Mudah dalam Mencari Jodoh? Yuk Lakukan Beberapa Tips Berikut Agar Kamu Lebih Mudah Mendapatkan Pasangan”. Itu adalah gaya judul blog saya sebelum masuk kelas ini. Hihi.

Sebenarnya menurut pemahaman saya, nggak salah juga menggunakan judul panjang seperti itu. Dengan catatan kata kunci ada di awal-awal kalimat dan mengundang daya tarik. Kalau tidak bisa menjamin itu, sudahlah, pakai ilmu yang sudah terbukti saja. Pakai cara yang mampu meningkatkan power SEO blog kita.

Kedua, Menyisipkan Keyword di Permalink. Artinya adalah bahwa keyword utama kita harus ada di link artikel. Contoh, https://iimrohimah.com/ide-kado-untuk-bayi-baru-lahir-dan-harganya/

Keyword utama di artikel tersebut adalah “kado untuk bayi baru lahir”. Maka, saya pun membubuhkannya di permalink tanpa disisipi kata lain. Ohya, jumlah karakternya jangan lebih dari 75 karakter. Lagi-lagi, karena takut terpotong dan mengurangi kekuatan SEO nya. Pembicaraan kita dipotong orang juga sakit, apalagi dipotong oleh google. Ah baper.

Ketiga, Menyisipkan keyword di meta deskripsi. Apa itu meta deskripsi? Meta deskripsi adalah penjelasan singkat yang tampil di hasil pencarian setelah (tepatnya, di bawah) judul.

Sebaiknya meta deskripsi, tidak lebih dari 150 karakter. Mengapa di meta deskripsi? Biasanya orang tidak hanya melihat judul, tapi juga memastikan di bagian deskripsi singkat (pada hasil pencarian) ada hal yang mereka cari.

Keempat, Menyisipkan keyword di awal paragraf pertama. Lho, apa bedanya sama yang tadi? Bagi pengguna wordpress, biasanya akan ada isian meta deskripsi di bagian paling bawah saat menulis postingan. Sedangkan menyisipkan keyword di awal paragraf dilakukan secara alami pada bagian artikel kita, yaitu bagian awal paragraf.

Sebagaimana optimasi meta deskripsi, kata kunci juga harus ada di 150 karakter pertama. Tidak harus benar-benar di awal kalimat, apalagi di kata pertama ya.

Selain optimasi pada empat hal di atas, Coach Baim juga membarikan tips SEO Onpage hingga 11 poin lho. Di antaranya, optimasi tag heading, optimasi gambar, penggunaan outbond link, penggunaan internal link, memanfaatkan LSI keyword atau latent semantic indexing keyword, share ke social media, dan sbmit ke GSC atau google search console.

Materi yang sangat lengkap, apalagi ditambah dengan praktek dan konsultasi langsung membuat belajar SEO secara online ini makin menyenagkan. Coach Bahrul Ilmi telah berhasil membawakan materi yang sangat bermafaat dan mudah dipahami, terutama oleh blogger pemula seperti saya.

Yuk, Kenalan dengan Coach Baim

Coach Baim atau Coach Bahrul Ilmi adalah seorang blogger, SEO Enthusiast, serta web content writer di salah satu perusahaan ternama di Jakarta. Selain itu, Coach Baim bekerja sebagai jasa pembuatan web dan artikel SEO Friendly. Oh ya, baliau memiliki blog yang keren lho, yaitu https://nulisin.com/

Bicara soal prestasi, Coach Baim juga mengantongi banyak prestasi. Salah satunya pernah menjadi juara 1 Lomba Teknologi Informasi Komunikasi yang diselenggarakan oleh Kominfo. Keren, Coach!

Meskipun banyak prestasi dan memiliki skill mumpuni, namun dalam membawakan materi, beliau sangat humble, ramah, dan sabar menjawab pertanyaan para peserta satu per satu. Walupun mungkin kadang pertanyaannya ada yang diulang dan sudah dibahas, paling-paling beliau menambahkan kalimat “seperti yang saya sampaikan sebelumnya, blab la bla”. Tuh kan, sabar banget? Hihi

Kalau ada yang nanya lumayan bikin greget, misal saya pernah tanyakan hal yang sebenarnya mungkin (baik coach Baim ataupun saya) tahu bahwa saya itu paham jawabannya, Coach Baim jawab dengan guyon yang lucu meresponnya, sehingga diskusi jadi makin mengalir dan menyenagkan.

Psst, Sebenarnya Materi Coach Baim adalah Satu dari Sekian Materi di Kelas Naik DA

Kelas apa itu?  Kelas Naik DA (Domain Authority) merupakan kelas online via grup WhatsApp yang diselenggarakan para suhu SEO, yaitu Mas Pewe, Mas Irwin serta Pemateri Ahli lainnya Mas Ilham Sadli, Mbak Ria Kurniasih, dan siapa lagi kalau bukan Coach Baim sendiri.

Lima suhu di bidang blog dan SEO ini membantuk kelas naik DA selama 30 hari dengan peserta maksimal 30 orang. Saya sendiri masuk di gelombang kedua, setelah daftar di gelombang pertama tidak berhasil ikut.

Bersyukur sekali akhirnya bisa menimba ilmu keren seputar dunia blog, SEO, serta materi utama menaikkan DA blog. Adapun SEO Onpage yang saya bahas di atas adalah salah satu parameter penting yang bisa menaikkan DA blog kita. Jadi, jika teman-teman termasuk blogger yang ingin menaikkan Domain Authority, optimasi SEO Onpage adalah keniscayaan.

Oh ya, jika teman-teman ingin melakukan optimasi SEO Onpage lebih dahsyat lagi, bisa kok ikut kelas yang diadakan para suhu ini. Cekidot, daftar deh.