Cara Membuat Blog yang Menarik dan Keren Agar Menghasilkan Cuan

Cara membuat blog yang menarik harus diketahui jika kamu ingin menghasilkan cuan dari blog. Membuat blog tidak sesulit yang dibayangkan, kok. Sekarang ini banyak sekali artikel yang membahas tentang langkah-langkah membuat blog yang menarik. Meskipun terkesan sekedar hobi, tapi blogging sebenarnya merupakan Usaha yang Lagi Trend di Luar Negeri dan sudah dikenal merupakan profesi menjanjikan.

Umumnya di Indonesia bahkan mungkin luar negeri, ada beberapa platform terbaik yang direkomendasikan, misalnya Blogspot dan WordPress.com atau WordPress.org. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Begitupun dengan tampilan serta pengaturannya.

Gimana sih Cara Membuat Blog yang Menarik Supaya Hasilkan Uang Juga

cara membuat blog yang menarik dan keren supaya blog menghasilkan uang dan banyak pegunjungnya
source vie Freepik.com

Blog bisa dikatakan menarik dari segi tampilannya, kontennya, atau bagaimana performanya di mesin pencarian seperti Google, Bing, dan lain-lain. Kalau dari segi tampilan, biasanya disarankan bagi blog yang ingin membuka Kerjasama sponsor post supaya brand jatuh hati. Sedangkan untuk kontennya mencakup semua hal termasuk daya tarik untuk brand, pembaca, dan mesin pencarian.

Gimana sekarang kamu sudah memilih platform untuk blog? Berikut Cara membuat blog yang menarik agar tampilannya keren untuk mengundang banyak pembaca, dilirik brand, dan menghasilkan cuan. Simak uraiannya di bawah!

1. Menentukan Tujuan

Tahapan pertama ini akan memengaruhi dalam pemilihan platform. Mengapa? Karena tampilan blog juga bergantung pada platform yang dipilih.

Jika hanya untuk personal branding atau portofolio bisa menggunakan blogspot. Lain lagi untuk usaha atau blog Adsense, maka disarankan untuk memilih WordPress. Bahkan, jika tujuannya untuk mendapatkan postingan berbayar, brand biasanya mengutamakan blog berbasis WordPress.

Salah satu keunggulan WordPress adalah memiliki banyak pilihan plugin memudahkan blogger pemula sekalipun untuk memiliki tampilan dan performa blog yang baik. Misalnya dalam mengatasi eror halaman blog yang diubah alamat URLnya. Simak Cara Mengatasi Redirect di WordPress dengan plugin dan audit web yang pernah saya bahas sebelumnya.

Namun, blog berbasis Blogspot juga bisa masuk kriteria asalkan kualitasnya bagus. Apakah itu dari segi traffic, domain authority, tampilan, dan sebagainya.

Selain daripada itu, tujuan akan menentukan desain blog agar sesuai dan menarik. Mulai dari warna, font, desain logo, header, dan sebagainya. Jadi pastikan kamu menentukan tujuan blog dengan matang sebelum membuat blog.

2. Struktur Blog

Setelah menentukan tujuan, barulah kamu bisa mulai mendesain blog. Salah satu cara membuat blog yang menarik yaitu dengan mengatur struktur blog dengan tepat. Biasanya dimulai dari header, footer, konten blog, serta sidebar sesuai keinginan kamu.

Buatlah semenarik mungkin dengan menentukan warna, font judul, latar belakang serta tema. Untuk aturan penggunaan akan dibahas pada tips selanjutnya supaya sesuai anjuran.

3. Tambahkan Deskripsi Singkat

Letak deskripsi umumnya di bawah judul blog. Deskripsi singkat berfungsi sebagai informasi kepada pembaca tentang pembahasan di dalamnya. Sehingga memudahkan pembaca tidak perlu membuka website lain untuk membaca artikel dengan tema serupa.

Deskripsi juga berguna untuk memberi kesan profesional agar pembaca yakin dengan setiap ulasan yang kamu bahas. Oleh karena itu, jika kamu penulis blog pribadi sebaiknya bisa fokus pada satu atau tema yang relevan. Pilihlah topik yang paling dekat dengan aktivitas agar lebih mudah pula menentukan tema.

Tenang saja, jika kamu konsisten dan memiliki keinginan yang kuat untuk Menjadi Blogger Profesional pasti lama-kelamaan blog kamu akan lebih keren lagi. Tidak hanya memikat pembaca, tapi juga blog kamu bisa hasilkan cuan.

4. Buatlah Navigasi yang Mudah

Cara membuat blog yang menarik selanjutnya adalah membuat navigasi yang mudah. Tidak hanya orang lain, kamu saja pasti malas membuka sebuah blog yang navigasinya terlalu rumit. Begitu pula ketika membuat blog.

Kamu harus memperhatikan setiap navigasi pada tampilan depan agar mudah dicari pembaca. Misalnya ingin memilih postingan tahun tertentu, mengetahui profil penulis, dan sebagainya.

Buatlah navigasi sesimpel mungkin, tetapi tetap menarik dilihat. Sebisa mungkin tampilkan navigasi yang penting pada halaman utama seperti pencarian, akun media sosial, dan kategori konten secara keseluruhan.

5. Berikan Ruang Kosong

Ruang kosong atau istilah lainnya yaitu white space merupakan tempat kosong dalam sebuah tampilan blog baik halaman depan atau artikel. Memberi ruang kosong termasuk cara membuat blog yang menarik agar tampilan blog tidak kelihatan terlalu penuh.

Termasuk peletakan iklan yang terlalu banyak pada blog perlu dihindari karena sangat mengganggu pembaca ketika melihat artikel. Jika kamu sudah mulai menerima iklan atau endorsement, maka buatlah pengaturan letak serta munculnya dengan mempertimbangkan kenyamaan pembaca. Ini sangat berpengaruh terhadap banyaknya pengunjung yang betah di blog kamu.

6. Sebaiknya Jangan Pakai Slider

Sebetulnya slider berguna untuk mengetahui seberapa bagusnya sebuah artikel. Juga mempengaruhi SEO bagaimana pengunjung betah berlama-lama menjelajahi blog. Penilaiannya bisa dari konten yang bagus atau navigasinya mudah, sehingga menjadi rekomendasi.

Namun, ada banyak orang yang memilih keluar sekalipun isi kontennya relevan dan bagus. Mengapa? Karena malas harus membuka setiap slide yang isinya sedikit serta terkadang membacanya jadi tidak nyambung. Berencana untuk membuat slider demi Google Adsense? Sebaiknya pilih alternatif lain.

7. Tambahkan Akun Media Sosial

Cara membuat blog yang menarik berikutnya adalah dengan menambahkan akun media sosial. Jangan lupa tambahkan akun social media pada navigasi depan paling bawah atau bisa juga di sidebar.

Sebenarnya semua blog harus menambahkan akun komunikasi lain agar memudahkan pembaca menghubungi. Lengkapi blog dengan media sosial untuk melihat informasi tambahan tentang pemilik blog.

Meskipun sudah tersedia fitur chat atau komentar terkadang tidak semua orang suka menggunakannya. Terlebih lagi, harus memasukkan alamat email terlebih dulu dan lama memperoleh jawaban.

8. Gunakan Heading

Seorang pemilik blog wajib memahami tentang heading karena termasuk penting sebagai struktur dalam konten. Dengan heading, pembaca akan lebih mudah mengetahui poin penting dari pembahasan.

Membuat heading juga penting dalam hal Search Engine Optimization (SEO) supaya blog makin dicinta oleh Google. Manfaat SEO untuk Website ada banyak, dan kamu perlu mengaplikasikannya supaya blog makin bagus.

Heading sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain heading 1, heading 2, heading 3, dan seterusnya. Pemakaian heading 1 yaitu sebagai judul, heading 2 dipakai untuk sub judul, sedangkan heading 3 untuk sub-sub judul.

Istilah lain heading 2 juga sering dinamai subheading biasanya ditulis untuk poin pembahasan secara luas. Untuk poin penting, maka menggunakan heading 3 atau sub sub judul.

9. Tambahkan Gambar yang Relevan

Penambahan serta peletakan gambar selain merupakan cara membuat blog yang menarik juga termasuk syarat SEO sebuah artikel. Bila artikel berupa listicle bisa menambahkan gambar pada tiap poin pembahasan tergantung panjang paragraf.

Gunakanlah gambar yang relevan sesuai dengan isi pembahasan. Akan lebih baik jika kamu menggunakan gambar atau foto milik sendiri. Jika tidak memungkinkan, kamu dapat menggunakan gambar dari penyedia stok gambar gratis.

Namun, perlu memperhatikan muatan gambar supaya tidak memberatkan loading halaman blog kamu. Biasanya muatan gambar akan ramah mesin mencarian jika tidak lebih dari 100 pixel.

Kamu bisa memanfaatkan platform atau situs gratis untuk mengubah ukuran pixel gambar. Misalnya seperti Shortpixel.com dan sejenisnya.

10. Perhatikan Penulisan

Artikel yang banyak typo, kalimat sambungnya susah dimengerti, begitu juga kalimatnya yang tidak padu pasti tidak disukai pembaca. Siapa yang mau membaca tulisan yang banyak sekali kesalahannya. Entah dari kalimat, peletakan tanda baca, dan PUEBI. Menulis artikel bisa dengan gaya santai atau humor asalkan mudah dipahami pembaca.

Selain dari segi penulisan, penggunaan font dan ukuran huruf pada artikel berpengaruh pula pada kenyamanan pembaca. Sebaiknya pakailah jenis font biasa yang sering dipakai di situs pencarian seperti Poppins, Calibri, dan sebagainya.

Namun, pemilihan ini bisa kamu sesuaikan dengan tema blog serta target pembaca. Jangan sampai salah dengan memilih font tulisan nyambung padahal target orang tua.

11. Buat Konten yang Dicari Banyak Orang

Sebagus apapun tampilan blog dan kemampuan menulis kamu, tapi tidak akan menarik jika tidak membahas apa yang orang lain suka. Cara membuat blog yang menarik salah satunya dengan membuat konten yang dicari banyak orang.

Kamu bisa menggunakan berbagai platform analisis keyword yang tepat supaya konten yang kamu buat benar-benar dibaca orang lain. Bisa coba Cara Mendapatkan Ide Menulis di Blog supaya lebih mantap.

12. Gunakan Tema Blog yang SEO Friendly

Baik blog gratis atau berbayar pasti menyediakan template tema yang bisa dipilih. Meskipun menarik dilihat, tetapi tidak semua SEO friendly ketika digunakan. Karena tiap template tema biasanya otomatis peletakannya berbeda, seperti posisi header, sidebar, dan navigasi lain. Oleh karena itu, carilah yang paling nyaman bagi pengguna.

Ketika memilih tema, pastikan melihat pratinjau dengan menggunakan tampilan ponsel. Karena kebanyakan pencari di mesin pencarian lebih suka memakai perangkat HP dibanding PC. Tentu saja karena mudah dibawa kemanapun. Jadi, pilih yang paling bagus tampilannya dengan pratinjau ponsel.

13. Hindari Penggunaan Latar Gelap

Background yang gelap selain kurang nyaman dipandang juga tidak begitu menarik. Pilih warna latar yang sesuai dengan tema, font, dan gambar utama blog. Warna gelap atau hitam lebih cocok untuk warna tulisan bukan latar belakang.

Begitulah cara membuat blog yang menarik supaya banyak pengunjung yang datang. Blog yang menarik akan membuat pembaca betah, sehingga membantu pencapaian traffic yang tinggi dan hasil Google Adsense sesuai target. Selamat mencoba.

You May Also Like

Leave a Reply