pesan antar makanan
Kuliner,  Tips

Tips Bisnis Kuliner Agar Makin Laris di Era New Normal

Berkat pesatnya teknologi informasi, ide-ide bisnis kuliner semakin berkembang dari waktu ke waktu. Hal ini membuat tempat-tempat memanjakan lidah semakin beragam dan menjamur di kota saya. Menu makanan dan minuman yang makin banyak serta konsep tempat makan yang unik membuat saya tidak kehilangan referensi untuk bersantap di dalam kota sendiri.

Salah satu inovasi kuliner favorit saya belakangan ini adalah jenis minuman dengan butiran boba maupun bubble. Campuran susu, bubble yang kenyal dan aneka varian rasa membuat minuman ini memiliki tempat spesial di hati penjaja cita rasa, termasuk saya.

Sebenarnya, usaha minuman jenis ini sudah bertebaran lumayan banyak di pinggir jalan maupun kios di dalam area pemukiman. Namun, sekalipun kuliner satu ini sudah hits dan unik, masih saja ada inovasi tersendiri.

Tips Bisnis Kuliner di Era New Normal Ala Mbak Umi Lutfiah

Adalah “So What Bubble Cheese” milik Mbak Umi Lutfiah yang memiliki inovasi unik dari jenis minuman bubble. Minuman ini merupakan perpaduan bubble, susu (susu kental carnation), dan bubuk rasa yang sangat enak terdiri enam varian. Setelah campuran itu, lalu diakhiri cream cheese paling atas yang terdiri dari dua pilihan yaitu pink cheese dan white cheese. Cita rasa ini membuat usaha kulinernya mendapat respon yang bagus dari pelanggan.

Namun, beberapa bulan setelah membuka usaha, terjadi wabah covid 19 sebagaimana yang kita alami sekarang. Akibatnya, usaha yang ia buka sejak Oktober 2019 ini sempat mengalami imbasnya karena lock down.

Akhirnya sejak diberlakukan new normal, outlet minuman bubble Mbak Umi pun bisa beroperasi lagi. Hanya saja, karena kondisi pandemi masih tinggi, ada banyak sekali tantangan yang harus ia hadapi. Di antaranya daya beli konsumen semakin menurun karena kondisi ekonomi yang melemah, keraguan masyarakat untuk mencicipi minuman di luar rumah karena takut tertular virus, hingga banyaknya pesaing yang telah gencar memasarkan jualannya dengan berbagai cara.

Hal itu membuatnya cukup khawatir. Namun, bersyukur ia masih punya strategi tersendiri sehingga masih bisa mendatangkan pelanggan setia. Adapun tips usaha kuliner saat new normal ala Mbak Umi Lutfiah adalah:

Pertama, Memanfaatkan Visual Menarik Lewat Branding Online

Salah satu trik yang unggul dari pemasaran So What Bubble Cheese adalah memanfaatkan media online. Caranya dengan menggunakan gambar dan video yang benar-benar memiliki daya estetika lalu diupload di status WhatApp secara berkala dan media sosial.

So What Bubble Cheese

Foto dengan enam varian minuman bubble berjejer dijepret dengan kualitas kamera yang sangat baik. Selain foto, pemasaran juga menggunakan video. Shoot video mengarah kepada aneka bahan, lalu step by step memperlihatkan rangkaian menyusun bahan di cup besar sehingga jadilah So What Bubble Cheese yang menggugah selera.

Foto dan video ini menjadi bahan promosi dari manajemen So What Bubble Cheese untuk memperluas jangkauan pasar. Mbak Umi percaya bahwa perspektif lezatnya kuliner dipengaruhi penampilan dan konsep dalam pikiran pelanggan.

Kedua, Menjamin Kualitas Rasa Makanan

Kualitas rasa memang menjadi kekuatan utama dari bisnis kuliner. Cita rasa minuman bubble milik Mbak Umi memang unik dan lebih memiliki ciri khas, yaitu lebih kental dan pekat akan cheese melted. Ia juga menyajikan varian rasa seperti cokelat lebih banyak takarannya sehingga pelanggan ketagihan.

Kelebihan mengenai kualitas rasa ini, saya rasa sangat penting dimiliki usaha kuiliner manapun. Tips kedua ini sangat penting dicatat.

Ketiga, Memberikan Pilihan Harga dan Free Ongkir

Kondisi new normal merupakan saat di mana daya beli orang menurun akibat menurunnya pemasukan ekonomi rumah tangga. Hal ini sangat cocok dengan konsep pilihan harga, yaitu 18K, 20K, dan 21K untuk bahan yang komplit. Sedangkan harga 14k, 15K, dan 16K untuk aneka varian rasa bubble tanpa cheese cream.

Memang cheese cream menjadi ciri khas utama kedai ini. Namun, menurt Mbak Umi banyak pelanggan yang juga minat membeli minuman bubble ini tanpa cheese cream. Entah pengaruh harga yang lebih rendah (tanpa cheese cream) atau memang selera saja.

Oh ya selain plihan harga, outlet ini juga menawarkan free ongkir untuk minimal pembelian 4 cup di area dengan maksimal jarak 30 menit perjalanan driver online.

Keempat, Daftar GoFood Online

Strategi penjualan yang tidak kalah penting adalah menerapkan konsep food delivery atau pesan antar makanan dari kedai ke pelanggan. Cara ini rasanyan sangat tidak mungkin diabaikan mengingat perkembangan cara belanja dan situasi yang terjadi saat ini.

Cara pembelian via aplikasi pesan antar makanan sudah menjadi primadona saat ini. Aplikasi pesn antar yang jadi primadona adalah GoFood. Oleh karena itu, kedai minuman bubble Mbak Umi juga melayani pesan antar dengan GoFood.

“Semenjak pake aplikasi Gofood, alhamdulillah penjualan saya lebih tertolong karena ada pembelian yg tidak langsung (secara online: red). Usaha saya jadi semakin banyak yg mengenal .. ” Kata Mba Umi yang mulai daftar GoFood sejak 27 Desember 2019.

“Di samping itu, kita bisa berbagi rezeki dgn driver Gojek. Karena penghasilan kita juga penghasilan mereka para driver Gojek ini.. Selanjutnya, manfaat lain menggunakan Gofood ini adalah memanjakan para konsumen untuk menikmati makanan atau minuman tanpa harus capek keluar rumah” Mbak Umi melanjutkan.

Oh ya alamat SO What Bubble Cheese ini ada dua lokasi ya:

Pertama, di Jl. Kom. bb. Suprapto Purwokerto ( belakang kantor pemasaran Sapphire) Tlp/WA 085329254770
Kedua, di Jl. Raden Patah Dukuhwaluh, Kembaran, Banyumas (depan SD N 2 Dukuwaluh) Tlp/WA 085329254770

Cara Daftar GoFood Online

Manfaat mendaftarkan bisnis kuliner di GoFood sudah tidak diragukan lagi. Selain meningkatkan penjualan, juga meminimalisir penularan covid 19 di masa new normal ini. Selain kontak fisik langsung, kontak dengan mata uang juga menjadi salah satu sarana empuk bagi penyebaran virus corona. Jadi, bagi pengusaha kuliner, segera daftarkan usaha Anda di Aplikasi GoFood ya.

cara daftar GoFood online
cara daftar GoFood Online

Berikut ini adalah cara daftar Gofood Online, Yuk Coba:

Pertama, Mengajukan pendaftaran melalui website gojek.com.

Isi data lengkap dan benar. Untuk awal pendaftaran, daftarkan satu outlet terlebih dahulu meskipun Anda punya beberapa outlet.

Kedua, Proses verifikasi data oleh tim Gojek.

Tunggu hingga menerima email bukti diterima atau tidaknya. Biasanya memakan waktu sekitar 5 hari kerja. Jika gagal, Anda bisa memeriksa data kembali dan mengirimkannya ulang.
Jika berhasil, bisa lanjut ke tahap selanjutnya, yaitu penandatanganan kontrak elektronik melalui DocuSign.

Ketiga, Menandatangani kontrak perjanjian elektronik melalui DocuSign.

Anda akan menerima email dari DocuSign.

Keempat, Kontrak selesai dibuat dan sedang dalam proses pem buatan akun GoFood dan GoBiz oleh tim Gojek.

Tahap ini juga akan memakan waktu sekitar 5 hari kerja.

Kelima, melakukan aktivasi akun GoBiz dengan cara login via nomor ponsel outlet.

Setelah itu, tunggu 24 jam sampai akun aktif.

Keenam, Login ualng ke GoBiz dan mulailah berjualan di GoFood.

Demikian cara daftar GoFood yang sangat mudah kita praktekkan. Meskipun cukup panjang prosesnya karena butuh waktu beberapa hari, namun caranya termasuk simple kok.

Nah, itu dia strategi bisnis kuliner di era new normal ala Mbak Umi Lutfiah, pemilik outlet minuman So What Bubble Cheese yang hits. Bagaimana strategi Anda untuk meningkatkan penjualan di era new normal ini? Apakah sudah mendaftarkan usaha kuliner Anda di Aplikasi GoFood?

39 Komentar

  • Wilis

    Kepake banget ini Mak infonya, saudara yang hobi memasak renvana juga mau jual makanan online, baru kapan hari sy ditanya gimana syaratnya, terjawab ini .. 😍

  • Okti Li

    Aih kirain dekat ternyata di Jawa Tengah ya…
    Etapi saya pernah ke Banyumas, tepatnya ke Cilongok. Ada teman di sana. Ke Purwokerto juga kalau mau ngebakso. Dulu belum ada GoFood.

    Sekarang ada aplikasi dari Gojek semua makin praktis dan mudah ya…

  • Ria Bilqis

    Memang minuman boba ini sangat disukai remaja maupun orang dewasa. Betul sekali mba solusinya di masa pandemi banyak yang beli melalui Go Food. Meskipun ada ongkir, dengan adanya promo ongkir pembeli pasti lebih senang.

  • Ella

    Setuju bgt sm tipsnya mbak. Menjaga dan meningkatkan kualitas makanan memang wajib banget yaa. Di era digital ini kudu banget memanfaatkan teknologi untuk promosi ya, bisa juga dg mendaftarkan bisnis kita dg mitra gojek supaya makin luas jangkauannya 🙂

  • Samleinad

    Bisnis kuliner memang sudah saatnya memanfaatkan platform online. Selain karena pandemi, kebiasaan konsumen juga mulai berubah di mana orang cenderung menggunakan gadget dan internet dalam kegiatan sehari-hari termasuk membeli makanan/minuman

  • Melina Sekarsari

    Pandemik memang membawa banyak perubahan di segala sendi kehidupan, termasuk perekonomian. Tapi geliat usaha kuliner masih cukup hidup meskipun tentu saja pesaing pun semakin banyak saja. Tentunya harus ada poin plus yang dilakukan pelaku usaha agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pasar, salah satunya dengan memudahkan dari sisi delivery.

    Bergabung di Go Food sungguh jadi pilihan tepat.

  • Mutiara Sy

    Di masa pandemi ini emang milih-milih banget sih kalo aku soal jajan minuman kayak gini. Tapi biasanya aku liat review dan tentunya promosi di akun medsosnya. Dan tentunya kalo udah ada di gofood atau delivery online jadi lebih nyaman dan ga ribet kalau mau beli.

  • Rudi G. Aswan

    Aku jadi ingat pas masih produksi wingko di Bogor dulu. Sayang banget belum ada GoFood kayak sekarang. Memudahkan buat pemasaran dan pemesanan. Praktis dan murah deh. Pakai akun GoBiz gitu jadi makin tertib administrasi, rekap keuangan tercatat dengan rapi. Menunggu kehadiran Gojek Group di daerahku, sementara baru bisa pakai GoPay.

  • Bambang Irwanto

    Soal aneka minuman memang selalu ada berubahan ya, Mbak Iim. Misalnya dulu hits minuman apa, nanti ganti lagi, akan terus ada inovasi termasuk minuman Boba ini.
    Dan Alhamdulillah, walau pandemi, selalu ada jalan untuk terus berjualan. Termasuk lewat Go_Food.

  • Marfa

    Foto produk yang menarik dan memberi diskon tawaran harga, setuju banget sih ini, di hari biasa sebelumnya saja ngaruh apalagi saat sekarang di mana semuanya serba online, jadi yang dilihat kan visual. Lagipula, dengan GoFood juga lebih reachable

  • Eno

    Go online pakai GoFood emang jadi salah satu alternatif supaya usaha kuliner bertahan di masa pandemi ini ya. Aku pemakai GoFood nih. Waktu Bandung PSBB kemarin, aku cari makanan di Go Food…ya ampuuun….kuliner gerobakan deket rumah dan warung seblak langganan yang di gang pun sekarang ada di GoFood.

  • Akarui Cha

    So What Bubble Cheese ini kelihatan unik sekali. Bikin penasaran sama rasanya.

    Bergabung sama GoFood jadi salah satu kunci ya. Agar produk unik begini tetap bisa dinikmati walau hanya berdiam di rumah saja.

  • Siska Dwyta

    Yap, sebagai pebisnis atau punya usaha gitu harus pandai merancang strategi penjualan ya apalagi di masa pandemi gini. Tentunya dengan daftar gofood bisa membantu melancarkan usaha kita.

    Oya sekarang ini makin banyak bermunculan ya kuliner baru termasuk minuman kekinian yang kayak gitu. Di sini juga ramai yang jual …

  • Pringadi

    Branding Online memang penting banget
    tapi jangan salah kaprah
    suka sebal kalau lihat gerai di gofood yang foto produknya nyomot di google laman lain
    bukan asli foto produknya

  • Diah Alsa

    minuman bubble, bobba, itu emang lagi kekinian banget ya, diisini juga banyak jualan itu sama Thai Tea juga.
    kalau ada free ongkir itu beneran jadi daya tarik sendiri deh, saya salah satu yg menunggu freeong itu, gimana gak klo ongkir itu bisa beli 1 cup lagi coba.

  • Mei Daema

    zaman kemajuan teknologi sekarang ini, semua orang memang mencari hal-hal yang sangat mudah termasuk makanan, pasti saya sendiri akan mencari sesuatu langsung online, termasuk makanan dari gofood, ditambah free ongkir, cepat dan mudah, makin menarik konsumen, apalagi kualitasnya bagus dan unik produknya

  • Khoirur Rohmah

    Mau nggak mau, pelaku usaha di bidang kuliner harus menguasai setidaknya hal dasar dalam penyajian gambar produk yg akan dipasarkan ke konsumen ya mbak. Selain hal utama berupa Rasa kuliner itu sendiri, Karena visual ori yg memikat, bisa menarik banyak pelanggan. Apalagi kalau ada bonus. Plus jika didaftarkan di GoFood, sebuah cara yg tepat apalagi di masa pandemi dan era new normal spt skrg ini

  • Euisry Noor

    Memang perlu strategi kreatif nih ya agar bisnis kuliner dpt bertahan di era new normal ini. Makasih banyak sharing tipsnya Mbak.
    Btw itu minumannya kayak seger banget. Penasaran deh sama cita rasanya yg ada cream cheese-nya…

  • Tatiek Purwanti

    Wah tipsnya ‘So What Bubble Cheese’ ini mantap deh. Sangat membantu mereka, para pebisnis kuliner agar tetap bisa bertahan pada kondisi sulit ini. Yes, jualan di GoFood setau saya bikin omzet naik. Saya pun pelanggan GoFood, lho.

  • Damar Aisyah

    Ternyata mudah juga ya daftar GoFood, yang penting produknya oke dan memiliki standart kebersihan insyaAllah bakalan lolos verifikasi ya.

  • Asih Mufisya

    Tetap menjalankan usaha saat pandemi ini tentu jadi lebih ekstra, terlebih daya beli masih belum normal seperti sebelum pandemi. Adanya dukungan untuk UMKM seperti gabung di Go Food memang membantu banget ya. Jadi ingin ikutan coba-coba nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *