stretch mark di perut
Kecantikan,  Perawatan Kulit,  Tips

Cara Menghilangkan Stretch Mark Pasca Melahirkan dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark Pasca Melahirkan dengan Bahan Alami _ Mengandung dan melahirkan bagi perempuan adalah masa yang sangat bermakna. Kehadiran buah hati adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh keluarga. Tidak hanya ayah dan bunda, tetapi nenek kakek dan saudara ikut menyambutnya dengan kasih sayang.

Namun, terlepas dari semua kebahagiaan dan cinta yang dibawa oleh buah hati, para bunda seringkali terganggu dengan perbahan fisik ketika mengandung hingga setelah melahirkan. Salah satunya adalah munculnya guratan-guratan di kulit area perut bawah hingga paha dan betis akibat perubahan volume tubuh selama hamil. Guratan itu dinamakan stretch mark.
Stretch mark biasanya berupa garis putih cerah bagi kulit yang sedikit gelap, dan bisa berwarna merah muda ,merah tua dan coklat bagi perempuan yang memiliki kulit cerah.

Sebagaimana dilansir dari situs Halodoc, stretch mark muncul disebabkan rusaknya jaringan elastis pada lapisan kulit dalam disertai peradangan. Kondisi ini kemudian menimbulkan bekas luka yang terlihat di bagian terluar kulit.

Memang, stretch mark ini tidak berbahaya secara medis, namun mengurangi rasa percaya diri bagi perempuan yang sudah melahirkan. Jadi, tidak jarang perempuan berusaha agar garis-garis di tubuhnya ini bisa diatasi.

Stretch mark bisa dipudarkan dan dihilangkan dengan jalan medis seperti terapi laser, tretinoin cream, dan microdermabrasion. Hanya saja, tidak semua orang memiliki akses maupun biaya untuk menempuh pengobatan medis tersebut atau memiliki kekhawatiran akan efek sampingnya.

Jangan khawatir Bunda, selain jalan medis ternyata ada beberapa bahan alami yang dipercaya bisa mengatasi stretc mark. Bahannya mudah didapatkan kok. Apa saja?

#1 Kopi

kopi
bubuk kopi murni by Freepik

Mengapa kopi dapat menghilangkan stretch mark? Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, bubuk kopi ternyata dapat mengelupas sel kulit mati dan dapat melancarkan peredaran darah bila treatment dilakukan dengan cara menggosokkannya ke kulit.

Selain itu, yang paling utama bahwa kopi dapat meregenerasi sel kulit sehingga kulit kembali halus dan kenyal. Kelebihan kopi lainnya adalah meningkatkan kolagen dan antioksidan yang mampu memperbaiki kerusakan kulit dan mencerahkannya.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Kopi

Caranya, campur biji kopi yang telah dihaluskan dengan air hangat hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan secara rutin pada bagian kulit yang memiliki stretch mark. Gosok melingkar lalu biarkan bubuk kopi menempel selama 15 menit. Bilas dengan air.
Perawatan ini harus dilakukan secara rutin ya Bun. Lakukan hingga garis di kulit ini menghilang.
H2 Warna Hijau

#2 Lidah Buaya

lidah buaya
lidah buaya by Freepik

Manfaat lidah buaya untuk menghilangkan stretch mark rupanya sudah dikenal oleh banyak orang. Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber kesehatan, lidah buaya bisa mengatasi berbagai masalah kulit seperti stretch mark dikarenakan lidah buaya dapat membantu mempertahankan jaringan kulit.

Kandungan vitamin A dan C, antioksidan, enzim, dan kolagen dalam lidah buaya sangat bermanfaat untuk membuat kulit lebih lembut dan menyamarkan kondisi kulit bergaris seperti stretch mark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Dengan Lidah Buaya

Ambil gel yang ada di dalam daun lidah buaya, lalu oleskan pada area kulit yang mengalami stretch mark. Pijat selama sekitar satu atau dua menit. Biarkan lidah buaya menempel di kulit tanpa perlu dibilas agar nutrisinya diserap kulit. Lakukan ini dua kali sehari ya.

#3 Putih Telur

putih telur
putih telur by Halodoc.com

Putih telur memiliki khasiat alami untuk menghilangkan stretch mark. Hal ini karena putih telur kaya akan protein yang bisa membantu mengisi protein kulit yang rusak. Asam amino pada putih telur dapat diserap oleh epidermis kulit sehingga membantu menyembuhkan bekas luka akibat peradangan yang terjadi pada stretch mark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Putih Telur

Langkah-langkah yang perlu Bunda lakuka adalah siapkan 2 butir telur. Lalu pisahkan kuning dan putih telur. Kocok kocok putih telurnya hingga berbusa. Untuk mengaplikasikannya pada kulit, Bunda bisa menggunakan spons. Oleskan secara merata dan tunggu sampai kering. Setelah itu, bilas hingga bersih.

Lakukan perawatan ini selama hingga tampilan stretch mark memudar. Mungkin akan memakan waktu bebarapa minggu. Namun, jika telaten melakukan treatment ini, hasilnya pun akan memuaskan.

Itulah tiga bahan alami yang dapat menghilangkan stretch mark pasca melahirikan. Ketiganya merupakan bahan yang sangat mudah diperoleh ya. Jangan lupa bahwa kuncinya adalah kesabaran dan ketelatenan untuk memperoleh hasil yang Bunda inginkan.

Jika Bunda ingin mendapatkan informasi lebih kuat validasinya, Bunda bisa mengunjungi situs halodoc.com untuk mendapatkan beragam artikel kesehatan. Di situs Halodoc, ada beragam menu, mulai dari artikel kesehatan, obat dan vitamin, info rumah sakit, tanya dokter, dan sebagainya. Aplikasi Halodoc bisa diakses di situs Halodoc pada menu “Aplikasi”.

aplikasi halodoc
unduh aplikasi Halodoc

Agar lebih praktis ada aplikasi Halodoc yang bisa Bunda unduh via Google Play atau App Store. Dengan aplikasi Halodoc ini, kita punya tempat bertanya mengenai cara mengatasi stretch mark dan info kesehatan lainnya secara langsung kepada dokter ahli melalui chat maupun video call. Menarik bukan? Selamat mencoba!

24 Komentar

  • Fanny_dcatqueen

    Aku rutin ngelakuin perawatan dengan kopi dan oil2 tertentu yg memang gunanya utk menghilangkan Stretch marks :D. Dr awal hamil malah udh aku olesin rutin di perut dan paha mba. Jd sampe skr, Stretch marksku di perut dan paha itu bisa dibilang samar banget Krn rutin diolesin tadi.

    Yg ptg sih konsisten yaa kalo soal begini. Krn kalo cuma sesekali pas inget doang, bakal makin susah sih utk menghilangkannya.

  • 3835info

    ini yang perlu di ingatkan untuk senantiasa teratur dalam melakukan, karena memang yang alami itu perlu usaha dan tak ada yang cepat, tetapi hasilnya pasti baik dan aman

  • Bambang Irwanto

    memang saat Ibu hamil itu banyak perubahan ya, Mbak. Termasuk rambut rontok, berat badan bertambah dan stretch mark. Saya pernah nonton, para seleb memang melakukan laser untuk menghilangkan. Dan ini bagusnya sudah ada cara alami dan hemat. pakai kopi, lidah buaya atau putih telur.

  • Marita Ningtyas

    Wah ternyata banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menyamarkan stretchmark ya. Aku sejak hamil anak kedua parah banget sih stretchmark.. udah dikasih salep apa2.. tetap aja nggak hilang. Lama2 capek sendiri. Kayanya kudu dicobain resep2 di sini. Makasih ya mbak.

  • Marfa

    Ternyata ada cara sederhana menggunakan bahan alami ya, asalkan telaten saja. Tapi ada juga produk gitu juga sih yg klaimnya bisa memudarkan stretch mark, kalau dua2nya digabungkan penggunaanya bakal maksimal

  • KakaKiky

    Bukan cuma cewek aja sih yang punya stretch mark ini. Saya dulu orangnya kurus, pas berat badan tiba-tiba naik jadi muncul stretch mark di daerah bawah bahu. Annoying banget rasanya. BTW tips-tips di atas bakalan saya coba deh, semoga aja work ^_^

  • renov

    Hallo kak, makasih buat informasinya. Apalagi bahannya sendiri mudah kita dapatkan di lingkungan kita . Untuk Aloe Vera dan putih telur ketika kita pakai untuk menghilangkan stretch mark, bisa sekalian sambil maskeran dengan bahan yang sama ya hehe.
    Segera mencoba.

  • Annisa Tang

    Wah bermanfaat banget ini Mbak. Kalau aku orangnya cenderung nggak sabaran jadi nggak ngurusin sama sekali ini bilur-bilur bekas melahirkan. Waktu melahirkan anak pertama itu muncul bilurnya banyak sekali, aku pakaikan cream tapi berhenti di tengah jalan karena terlalu sibuk. Hihihiii. Syukurlah pas lahiran anak kedua nggak nambah bilurnya. Thank you infonya Mbak, semoga biar sudah lama gini masih bisa dihilangkan ya?

  • Isti

    Eh baru tahu aku kalau kopi selain enak diminum sama buat masker bisa juga buat ngilangin Stretch Mark.
    Tapi Alhamdulillah aku sama sekali gak Stretch Mark karena sama sekali gak adavrasa gatal di bagian perut pas hamil.

  • Aisyah Dian

    Wah baru tahu ternyata ada cara yang mudah sekali buat menghilangkan streach mark ya kak, bermanfaat banget nih artikel ini buat ibu-ibu macam kita, apalagi dengan bahan-bahan yang mudah banget dicari ini

  • Siska Dwyta

    Wah ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan strecth mark ya termasuk putih telur. Saya mau coba ahh, smg saja benar setelah gunakan bahan tsb stretch mark di perut sy bisa berkurang dan hilang

  • Shafira - ceritamamah.com

    tapi aku pernah dibilangin sih sama dokter mbak, kalau udh strecch mark itu mustahil bs ilang 100% . makanya pas hamil diwanti2 buat mencegah, nah slah satunya pake kopi itu juga. jadi pas dari ketahuan hamil anak kedua rajin ngoles body butter rasa kopi, alhamdulillah ga ada strech mark ga kaya anak pertama hihi

  • Nurhilmiyah

    Kebetulan di halaman rumah saya buanyak tumbuh tanaman lidah buaya, bikin ah buat menghilangkan stretch mark yang katanya hadiah spesial untuk ibu melahirkan itu hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *