Bagaimana tips memilih popok bayi yang aman untuk kulit si kecil yang sensitif? Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa banyak orang tua yang masih salah memilih popok bayi, lho.

Demi menghemat budget, malah menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Mahal murah sebenarnya bukan patokan utama. Ada beberapa tips memilih popok bayi yang aman dan tepat untuk buah hati.

Tips Memilih Popok Bayi Sekali Pakai

Melansir dari situs Popmama, ada beberapa poin penting dalam memilih diapers yang tepat dan aman untuk si kecil. Jika memperhatikan hal ini, bayi bebas iritasi dan ruam yang menyebabkannya tidak nyaman.

1. Popok yang Memiliki Lapisan Berpori

Sebagaimana kita ketahui bahwa umumnya popok sekali pakai punya tiga lapisan, yaitu lapisan luar, lapisan inti, dan lapisan dalam.

Memilih popok yang berpori lapisan dalamnya sangat berpengaruh untuk sirkulasi udara yang baik. Selain itu, kulit si kecil tidak mudah lembap sehingga menyebabkan ruam kulit.

2. Memiliki Formula Khusus

Sebaiknya, perhatikan ingredients pada popok bayi. Terutama lapisan dalamnya, haruslah memiliki formula khusus seperti aloe vera, petroleum, oxide, dan zinc. Fungsinya supaya kulit bayi tetap kering dan membuatnya nyaman saat memakainya.

3. Punya Daya Serap yang Baik

Popok dengan daya serap yang baik biasanya terbuat dari absorbent gelling material (AGM). Bahan ini dari sodium poliakrilat yang berfungsi membuat popok sekali pakai dapat memisahkan urine dan feses secara cepat. Selain itu, dapat menahan cairan dan menjaga pH tetap setabil.

4. Ada ‘Alarm” Perubahan Warna

Setiap kali buang air besar atau hanya pipis, sebaiknya orang tua selalu mmengganti popok yang dipakai si kecil. Utamanya, minimal ganti popok setiap 2 atau 3 jam sekali.

Sistem ‘alarm’ berupa perubahan warna yang nampak dari luar membantu orang tua mengetahui adanya urine di dalam.

5. Punya Bagian Luar Berpori

Tidak hanya bagian dalam yang berpori, bagian luar juga sebaiknya bukan popok yang waterproof. Teknologi tahan air sebenarnya tidak tepat karena kurang nyaman untuk bayi, terutama yang sensitif kulitnya.

Tips Memilih Popok Kain

Selain popok sekali pakai, ada juga orang tua yang menggunakan popok kain. Meskipun bisa dipakai berulang kali, namun jangan lupa memperhatikan hal-hal berikut ini, ya Bun.

1. Popok Kain yang Baik Berbahan Katun

Popok kain sekarang tersedia dalam berbagai inovasi dalam komposisinya. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan yang berbahan katun. Hal ini karena katun punya ventilasi yang baik.

2. Menyerap dengan Baik

Popok kain biasanya punya bahan penyerap yang dipasang di dalam. Bahannya biasanya dari polyester, rami, bambu, dan katun. Sebaiknya pilih yang berbahan katun.

Bahan lainnya seperti polyester sulit dibersihkan dan dapat menimbulkan bau. Sedangkan bambu punya proses produksi yang menimbulkan efek negatif.

Memiliki buah hati untuk pertama kalinya tentu menjadi pengalaman istimewa yang tidak akan terlupakan ya Bunda. Bahkan sejak masih dalam kandungan menjaganya perlu dengan ekstra kehati-hatian agar si kecil bisa lahir dengan selamat dengan keadaan sehat.

Setelah si kecil muncul di dunia rasa kebahagian tentunya terus akan bertambah, menjaganyapun penuh dengan ekstra hati-hati dan juga kasih sayang.

Salah satu hal yang bisa kita lakukan sebagai orang tua, yaitu dengan merawat dan menjaga anak agar tetap sehat selama masa pertumbuhan. Sama halnya dengan melakukan imunisasi Bayi merupakan salah satu upaya orang tua dalam merawat anak agar tetap tumbuh dengan sehat.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan oleh orang tua yaitu penggunaan popok bayi, karena bayi pada umumnya memili kulit yang lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa.

Untuk itu bunda juga perlu memilih popok bayi yang tepat dan benar sesuai dengan kenyamanan si kecil. Jika tidak nyaman maka akan menimbulkan iritasi kulit bahkan membuat bayi menjadi rewel, untuk bunda bisa memilih popok bayi terbaik no 1 di Indonesia seperti Popok Merries

Itulah tips memilih popok bayi yang aman untuk kulitnya yang sensitif. Dengan memilih diapers yang tepat, maka bayi terjaga dari ruam, iritasi, dan masalah kulit lainnya.

Berita sebelumya5 Resep MPASI 1 Tahun Berbahan Buah-Buahan, Enak Kaya Serat
Berita berikutnyaJX Indonesia, Teman Online Seller yang Menguntungkan Penjualan
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here