Buat Anda yang sedang mencari informasi tentang pinjaman online terpercaya, cepat cair, dan praktis, sekarang bisa kita peroleh dengan sangat mudah.

Pinjalam online (pinjol) adalah pinjaman yang bisa kita akses hanya berbekal ponsel pintar dan jaringan internet. Kita tidak perlu lagi datang ke kantor cabang dan melalui proses panjang sebagaimana prosedur peminjaman konvensional.

Tenang saja, sekarang sudah banyak pinjaman online terpercaya. Bahkan Presiden Joko Widodo sudah mengkampanyekan terwujudnya ekosistem digital, termasuk dalam sektor keuangan seperti ini.

Bahkan kini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sudah menyaring platform fintech supaya masyarakat terhindar dari pinjol bodong yang merugikan masyarakat. Kita bisa mendapatkan layanan keuangan lewat situs terpercaya dan terdaftar di OJK supaya mendapatkan manfaat finansial.

Kehadiran Pinjaman Online untuk Mewujudkan Inklusi Keuangan

Apa itu inklusi keuangan? Melansir dari situs accurate.id, inklusi keuangan adalah kondisi yang menjadikan semua lapisan masyarakat memiliki akses terhadap berbagai produk dan layanan jasa keuangan, misalnya pinjaman, asuransi, tabungan, dan berbagai produk transaksi digital.

Pemerintah saat ini mengharapkan masyarakat semakin aware dengan kemajuan financial technology (fintech). Kita tidak serta merta langsung apatis terhadap layanan keuangan seperti pinjol, asuransi, dan lain-lain. Adanya inklusi keuangan ini bertujuan supaya tidak ada ketimpangan ekonomi di masyarakat.

OJK sendiri menetapkan peraturan soal inklusi keuangan ini yang punya tujuan strategis. Antara lain supaya masyarakat memiliki akses yang mudah terhadap berbagai layanan keuangan, menyediakan layanan dan produk keuangan untuk pelaku usaha, menyesuaikan layanan dengan keperluan dan kemampuan masyarakat luas, dan meningkatnya layanan jasa keuangan itu sendiri.

Kabar baiknya, sekarang tingkat literasi dan inklusi keuangan di masyarakat mulai meningkat. Hasil survey OJK menyebutkan bahwa tahun 2019 literasi keuangan meningkat hingga 38,03% yang tahun 2013 hanya 21,84%. Sementara inklusi keuangan menjadi 76,19% dari 57,74% pada tahun 2013. Artinya masyarakat mulai memiliki kepercayaan dan keamanan terhadap layanan keuangan saat ini, termasuk pinjaman online.

Hasil survey literasi dan inklusi keuangan OJK
Hasil survey literasi dan inklusi keuangan OJK

Melirik Manfaat Pinjaman Online

Turut serta pemerintah dan OJK dalam meningkatkan layanan dan produk keuangan membuka mata kita bahwa perlu sekali mulai mempertimbangkan berbagai pinjol. Manfaat pinjaman online juga bisa kita rasakan. Kita terhidar pula dari kerugian yang selama ini sering terdengar akibat oknum produk keuangan bodong.

Jika kita memerlukan dana darurat seperti kebutuhan pendidikan, kesehatan, dan sebagainya, maka pinjol ini cocok sekali kita gunakan. Apa saja manfaat pinjaman online?

1. Data Pribadi Tetap Aman

Meskipun lewat digital, data diri kita aman karena memang sudah ada regulasi yang mengatur lembaga peminjaman. Kerahasiaan data diri nasabah dijamin dan dilindungi oleh Undang-Undang Bank Indonesia (BI). Data kita tidak akan tersebarluas kepada pihak yang tidak memiliki kepentingan.

2. Lebih Cepat Prosesnya

Media digital yang menjadi sarana keuangan ini membuat proses pencairan lebih cepat. Saat men gajukan pinjaman, hanya perlu akses ponsel atau laptop. Kita mengisi KTP, NPWP, Slip Gaji, dan dokumen pendukung dalam rangka verifikasi.

Setelah itu, kita tunggu pihak lembaga keuangan menghubungi untuk verifikasi lanjutan lewat telepon. Prosesnya cepat. Berbeda dengan prosedur konvensional yang biasanya memakan waktu 7 hingga 14 hari kerja.

3. Nominal Pinjaman Mulai dari Rp1 Juta

Jika lembaga peminjaman tradisional memiliki minimum nominal Rp 5 juta, lewat pinjol kita bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 1 juta, lho. Sangat membantu jika kita membutuhkan pinjaman dengan angka yang relatif lebih kecil. Sedangkan maksimum nominalnya Rp2 Milyar.

4. Bisa Membayar atau Mengajukan Pinjaman di Mana Saja

Meskipun berada di luar kota, kita dapat mengajukan pinjaman atau membayarnya. Hanya perlu ponsel dan jaringan internet saja. Pembayaran juga bisa dilakukan lewat minimarket atau layanan perbankan di mana saja.

5. Dapat Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

Biasanya di lembaga keuangan tradisional, kita akan diminta jaminan jika sebelumnya belum pernah mengajukan kredit sebelumnya. Namun, dalam lembaga pinjol, hanya perlu dokumen yang lengkap supaya pinjaman cair.

6. Pencairan 24 Jam

Prosedur digital yang serba praktis membuat pinjol lebih cepat cair. Asalkan dokumen kita lengkap, maka pencairan dana hanya perlu satu hari saja. Jika ada kendala, bisanya maksimum lama pencairan hingga 4 hari.

Berkenalan dengan Finpedia, Pinjaman Online Terpercaya untuk Semua Kalangan

Finpedia adalah pinjaman online terpercaya

Finpedia adalah situs agregator keuangan yang menyediakan beragam layanan finansial berupa pinjaman online yang telah mengantongi izin OJK dan merupakan anggota dari Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Finpedia berada dalam naungan PT Solusi Inklusi Finansial yang merupakan anak dari perusahaan Jianpu Technology, sebuah perusahaan pengelola produk finansial berbasis internet di Cina. Saat ini, Jianpu sudah melakukan ekspansi ke Indonesia, India, dan Meksiko.

Platform Finpedia berdiri pada tahun 2020 di Indonesia dengan komitmen membuka akses bagi semua lapisan masyarakat dan pebisnis UMKM untuk mendapatkan manfaat finansial. Tujuannya adalah mewujudkan inklusi keuangan bagi masyarakat luas.

Dengan begitu, semua segmen mencakup individu, perusahaan UMKM, dan korporasi dapat memperoleh akses produk finansial. Penyaluran produk finansial lebih luas, aman, transparan, dan mudah.

Kita bisa menemukan banyak layanan lembaga keuangan di platform Finpedia. Misalnya IDANA, Akulaku, Kreditcapat, Finplus, KoinWorks, dan masih banyak lagi.

Finpedia membandingkan layanan finansial antar lembaga keuangan. Ini mirip dengan Pricebook yang membandingkan harga perangkat seperti gadget, smartphone, laptop, dan lain-lain. Contoh lain seperti Tivago yang membandingkan harga penginapan.

Jadi, melalui Finpedia kita bisa mengajukan pinjaman online dari berbagai bank dan lembaga keuangan yang tentunya telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kita tidak perlu lagi khawatir soal legalitas pinjaman online di sana.

Jumlah pinjaman yang minimum nominal relatif rendah dapat kita gunakan untuk berbagai kebutuhan seperti membayar tagihan, belanja, modal usaha, dan lain-lain. Di Finpedia kita dapat membandingkan bunga, tenor, dan jumlah cicilan pada masing-masing lembaga keuangan.

Cara Mengajukan Pinjaman Online di Finpedia

1. Login Situs Pinpedia

Pertama, masuk ke situs Finpedia.id, lalu klik log in. Isi nomor ponsel, ketik captcha, dan konformasi nomor OTP yang dikirim ke ponsel kita.

2. Memilih Jenis Pinjaman

Kedua, pilih jenis pinjaman di menu “Pinjaman Online” atau kunjungi https://www.finpedia.id/pinjaman. Ada 5 jenis pinjaman yang bisa kita pilih. Antara lain pinjaman online, kredit tanpa agunan, kredit kendaraan bermotor, kredit kepemilikan rumah, dan kredit multiguna.

3. Mengajukan Pinjaman

Ketiga, ajukan pinjaman sesuai kebutuhan. Supaya lebih mudah memilih, kita dapat mengurutkan pinjaman sesuai besaran bunga atau mengurutkan nominal minjaman dari tertinggi ke terendah. Menu ini ada di “Pinjaman Online” di bawah deretan lembaga keuangan.

Misalnya saya mengurutkan pinjaman online dari bunga terendah supaya bisa memilih pinjaman dengan bunga yang lebih kecil. Setelah itu, pilih dan isilah formulir yang tersedia. Isi jumlah pinjaman, tenor, jenis pekerjaan, tanggal lahir, tempat tinggal dan domisili, pendapatan perbulan, dan email aktif. Klik “ajukan”.

Setelah itu, kita akan mendapat nomor order ID dan tunggu customer service menghubungi untuk proses lebih lanjut.

4. Bisa Melakukan Simulasi Perhitungan

Supaya lebih yakin dan memperoleh perhitungan yang lebih akurat sebelum mengajukan pinjaman, kita bisa memanfaatkan menu “Simulasi Perhitungan”. Klik menu tersebut di bagian atas kanan situs dan pilih simulasi yang kita perlukan. Apakah simulasi KTA, KPR, atau KKB.

Misalnya kita akan mencoba melakukan perhitungan KPR. Klik “Simulasi Perhitungan”, pilih “Simulasi KPR” dan lengkapi kolom yang tersedia, yaitu harga rumah, tenor, suku bunga, dan DP. Klik “Hitung”.

Sebelah kanan, akan muncul “Hasil Perhitungan” seperti pada gambar di bawah. Untuk harga rumah Rp. 550 juta, tenor 15 tahun, bunga 6,62% per tahun, dan DP 20%, kita memperoleh hasil hitungan Rp 3.861.958 yang akan dibayar setiap bulannya.

Setelah menghitung simulasi, Finpedia akan memberikan saran produk yang cocok dengan simulasi kita. Misalnya dari hasil tadi, kita akan mendapatkan rekomendasi KPR BCA Fix and Cap, Maybank KPR Floating Rate, Maybank KPR Bebas Bunga.

simulasi perhitungan pinjaman online KPR

Sangat praktis sehingga kita tidak perlu repot mencari informasi kemana-mana. Hanya perlu hitungan menit sudah mendapatkan gambaran yang akurat dalam memperoleh produk finansial di Finpedia.

Finpedia adalah platform pinjaman online terpercaya karena sudah tercatat di OJK dan merupakan salah satu anggota Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH). Selain itu, prosesnya praktis. Pengguna dapat mengajukan pinjaman kapan dan di mana saja. Siapa saja dapat memperoleh manfaat finansial yang aman, mudah, dan terpercaya di Finpedia.

Berita sebelumya9 Model Rambut Pendek Wanita 2021 Paling Keren, Pasti Bikin Pangling
Berita berikutnyaCara Cepat Mencapai 4000 Jam Tayang YouTube
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here