Google Ads Dan SEO (Search Engine Optimization) Memiliki Perbedaan

Anda pasti sudah cukup familiar dengan Digital Marketing, mungkin Anda pernah mendengar istilah Google Ads dan SEO. Pada dasarnya, baik Google Ads ataupun SEO keduanya sama – sama merupakan strategi pemasaran online, yang mengupayakan agar website Anda tampil di halaman pertama google.

Perbedaan Utamanya Google Ads dan SEO

Pada Google Ads, Anda harus membayarkan biaya iklan kepada google, supaya website Anda tampil pada halaman 1 google. Sedangkan pada SEO, Anda dapat mengupayakan agar website Anda tampil di halaman 1 google, tanpa perlu membayar biaya iklan kepada google. Selain kedua hal tersebut, tentunya masih ada beberapa perbedaan krusial lainnya antara Google Ads dan juga SEO.

Dalam Proses Pengerjaan

Proses pengerjaan Google Ads relatif lebih cepat dari pada SEO. Contohnya, Misalkan Anda mengaktifkan iklan di hari Senin pagi, Jika dilakukan dengan tepat, website Anda dapat langsung tampil di halaman 1 google pada sore atau malam harinya.

Sedangkan pada SEO membutuhkan proses pengerjaan yang relatif lebih lama. Standarnya 6 – 12 bulan. Tetapi bisa juga lebih dari 12 bulan, tergantung seberapa tinggi tingkat persaingan keyword yang dibidik.

Jenis Kata Kunci

Karena Anda harus membayarkan biaya iklan kepada google, kemungkinan besar Anda akan lebih selektif dalam memilih kata kunci yang ingin diiklankan. Dengan demikian, mayoritas kata kunci yang diiklankan agar tampil di halaman 1 google adalah keyword penjualan. Ringkasnya, Google Ads lebih berorientasi kepada hard selling atau penjualan.

Sedangkan pada SEO, Anda bisa mengoptimalkan semua jenis kata kunci agar dapat tampil di halaman 1 google. Baik itu kata kunci penjualan ataupun kata kunci untuk sebuah informasi. dengan menggunakan SEO, Anda dapat menerapkan strategi hard selling maupun soft selling.

Perbedaan Pada Jumlah Traffic

Seperti yang telah dijelaskan pada poin ke 2, Google Ads lebih berorientasi pada hard selling. Sehingga jumlah traffic yang dihasilkan relatif lebih sedikit.

Sedangkan SEO dapat menghasilkan traffic yang relatif lebih besar. Karena SEO dapat menerapkan strategi hard selling maupun soft selling.

Pengurangan jumlah Traffic

Jika Anda menonaktifkan iklan pada Google Ads, maka otomatis jumlah traffic menuju website Anda akan langsung hilang.

Sedangkan pada SEO, jika Anda menghentikan proses optimasi SEO, jumlah traffic menuju website Anda tidak akan langsung hilang begitu saja. Melainkan berkurang secara bertahap biasanya dalam waktu sekitar 2 sampai dengan 3 bulan.

Cara Penting dalam Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online

apa bedanya Google ads dan SEO
digital marketing, source via Freepik.com

Ada bebrapa aspek penting yang sebaiknya Anda perhatikan, jika ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda secara online yakni :

Memberbaiki Kondisi Internal Bisnis Anda

Mulai dari menentukan kemampuan maksimum bisnis Anda, meningkatkan kualitas produk dan layanan, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, memiliki website profesional, mengumpulkan database pembeli, sampai dengan mempermudah proses pembelian.

Outbound Marketing

Aspek ke – 2 ini juga sering disebut sebagai kegiatan menjemput bola. Contohnya penerapannya dengan cara mengirimkan email penawaran kepada target market.

Mendatangkan Pengunjung Ke Website Anda

Meningkatkan jumlah pengunjung website Anda, untuk membuka peluang terjadinya penjualan. Caranya dapat dilakukan dengan mengoptimalkan Instagram, youtube, iklan berbayar, atau Search Engine Optimization (SEO).

Melakukan Analisa

Termasuk di dalamnya adalah memantau dan menanggapi aktivitas calon pembeli Anda, serta mengutamakan strategi promosi yang sudah terbukti menghasilkan penjualan lebih banyak.

Mungkin kini anda sudah memiliki produk atau jasa yang dikenal oleh banyak orang. Tapi di saat yang bersamaan, bisa jadi para kompetitor juga sedang berlomba – lomba untuk merebut posisi Anda.

Salah satu caranya adalah mereka membuat website perusahaan untuk menjangkau para pengguna internet di Indonesia, agar menjadi pelanggannya untuk jangka panjang. Jika Anda mengabaikan hal ini, mungkin bisa jadi posisi perusahaan Anda dapat tergeser oleh perusahaan kompetitor anda.

Kesimpulannya, jika Anda ingin menguatkan eksistensi dan reputasi perusahaan Anda, khususnya di era serba digital seperti saat ini, Anda harus memiliki website profesional untuk perusahaan Anda.

Toprank Indonesia memberikan Layanan SEO On-Page dan SEO Off-Page yang dapat diukur, sesuai dengan Aturan Google dalam memberikan hasil yang lebih optimal.

Toprank Indonesia adalah Penyedia Jasa SEO Terbaik untuk perusahaan di Jakarta. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi website penyedia Jasa SEO Terbaik https://www.toprankindonesia.com dan Jangan lupa juga untuk share artikel ini kepada teman-teman bisnis anda yang mungkin sedang bingung mengapa website mereka tidak kunjung berada di halaman pertama google.

Nyaman di segala akvitas bersama Asuransi Kecelakaan Diri Garda Trip dengan Diskon 15% dan gunakan kode promo JUNIDEALS, dan manfaat santunan kecelakaan diri sampai dengan Rp75 juta/tahun. Bisa pilih premi atau nilai pertanggungan sesuai kebutuhan Anda.

You May Also Like

Leave a Reply