Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami dan Cepat

Cara mengobati sariawan di lidah secara alami dan cepat membantu meringankan kondisi tidak nyaman pada indera pengecap. Meskipun sebenarnya sariawan dapat sembuh dengan sendirinya, setidaknya bisa dibantu dengan cara alami supaya penyakit ini bisa segera pulih.

Sariawan di lidah memang membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Bahkan bisa membuat kesulitan berbicara ataupun mengunyah makanan. Lokasinya yang berada di lidah ini bisa lebih mengganggu ketimbang sariawan di area lain seperti di bagian dalam bibir, gusi, atau pipi.

Apa Saja Sih Gejala Sariawan?

Saya merupakan orang yang cukup sering mengalami sariawan sejak sekolah SMA. Pernah sama sekali tidak bisa menjawab pertanyaan guru di kelas karena sariawan yang cukup besar di bagian ujung lidah.

Bukan karena sama sekali tidak bisa bicara, tapi ketika mengucapkan kata akan terasa sangat sakit dan ucapan saya akan terdengar seperti orang yang gagu. Bagi usia remaja, kondisi tersebut membuat rasa tidak percaya diri sehingga memilih izin tidak bicara.

Kondisi tersebut seringkali saya alami sampai saat ini. Entah di bagian dalam pipi, bagian dalam bibir, atau di gusi. Namun, yang paling saya takuti adalah jika sariawan berada di lidah.

Sariawan adalah luka kecil yang dangkal dengan bantuk bulat atau oval di bagian dalam mulut. Warnanya keputihan atau kadang kekuningan dengan tepiannya kemerahan.

Melansir dari hellosehat.com, sariawan terbagi tiga jenis. Antara lain:

Pertama, ada jenis sariawan minor. Jenis ini adalah luka dangkal yang ukurannya kurang dari 1 cm dengan warna kuning kelabu dan tepinya berwarna merah mencolok. Bisanya sembuh dalam waktu 10 hingga 14 hari.

Kedua, ada sariawan mayor. Bentuknya oval dengan batas tidak jelas dan diameternya lebih dari 1 cm. Kondisi sariawan mayor seringkali membuat rasa sakit yang lebih hebat. Lokasinya biasanya berada di langit-langit mulut atau tenggorokan. Luka sariawan mayor biasanya sembuh dalam beberapa minggu bahkan hitungan bulan.

Ketiga, ada jenis sariawan herpetofurmis. Kondisi ini adalah sariawan kambuhan dan jarang terjadi. Gejalanya adalah muncul berkelompok sebanyak 20 hingga 200 luka selaigus tapi ukurannya kecil. Hanya 1 hingg 3 mm dengan bentuk bulat. Lokasinya biasanya ada di ujung lidah atau bagian dalam bibir.

Sariawan herpetofurmis biasanya sembuh dalam waktu satu minggu hingga satu bulan. Sebelum kemunculannya, timbul rasa panas atau rasa kesemutan di bagian lidah.

Kondisi sariawan di lidah yang saya alami biasanya cukup besar. Ada di ujung lidah dan sembuh dalam 1 hingga 2 minggu. Rasanya lebih mengganggu ketimbang sariawan yang ada di gusi atau bagian dalam pipi atau bibir, karena lidah merupakan organ paling aktif di area mulut. Khususnya untuk bicara dan untuk membantu mengunyah makanan.

Penyebab Timbulnya Sariawan di Lidah

Ada banyak yang menyebabkan sariawan berkaitan kebiasaan sehari-hari. Perempuan dan anak-anak bisanya lebih banyak punya alasan untuk mengalami penyakit ini.  Pasanlnya karena punya lebih banyak alasan yang menimbulkan sariawan.

  1. Lidah tergigit, baik ketika makan atau bicara.
  2. Sikat gigi terlalu keras, sehingga mengirtasi bagian dalam mulut.
  3. Mengonsumsi makanan pedas maupun makanan dengan rasa asam.
  4. Memasang behel gigi, yang menyebabkan gesekan dengan pipi bagian dalam, bibir, dan gusi. Ini terjadi bisanya pada minggu-minggu awal setelah pasang behel.
  5. Karena alergi makanan tertentu.
  6. Mulut yang kering, misalnya karena dehidrasi atau konsumsi rokok dan alkohol.
  7. Kekurangan vitamin dan mineral.
  8. Sedang perubahan hormon atau karena stres.

Seringnya mengalami sariawan tentu bukan tanpa sebab. Beberapa hal di atas paling banyak saya rasakan. Misalnya lidah tergigit saat bicara atau makan, senang mengonsumsi makanan pedas dan asam, mulut kering karena kurang minum, dan perubahan hormon.

Bahkan saya sering mengamati penyebab yang paling banyak terjadi adalah karena stress. Misalnya ketika ada konflik dengan orang lain dan membuat kepikiran, maka beberapa hari selanjutnya timbul sariawan. Maklum, konon katanya perempuan itu paling emosional jika berkaitan dengan konflik. Padahal mungkin itu masalah sepele bagi orang lain. Huhu.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah Secara Alami dan Cepat

Menuruh berbagai artikel kesehatan, sebenarnya sariawan bisa sembuh sendiri tanpa harus kita obati. Namun, beberapa cara alami bisa membantu mempercepat penyembuhan atau meredakan sakit.

Ada beberapa cara mengobati sariawan di lidah secara alami dan cepat yang bisa dicoba. Apa saja?

1. Kompres Sariawan dengan Es Batu

Fungsi es batu bukan untuk penyembuhan langsung, namun suhu dinginnya bisa meringankan rasa sakit dan juga meminimalisir pembengkakan.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan membungkus es batu dengan kain bersih. Lalu tempelkan kepada luka sariawan di lidah dalam waktu beberapa menit. Bisa juga berkumur dengan air dingin jika tidak ada es batu.

2. Berkumur dengan Air Garam

Jika teman-teman mengira air garam akan membuat luka sariawan jadi perih, ternyata itu keliru. Saya pernah mencoba melakukan tips ini dan tidak ada rasa perih sama sekali. Rasa asinnya saja yang biasanya mengganggu rasa di lidah.

Caranya dengan melarutkan setengah sendok the garam dengan segelas air hangat. Lalu, kumur larutan garam ini hingga menyapu seluruh area mulut. Terutama bagian lidah yang sariawan. Setelah itu, buang dan jangan ditelan.

3. Hindari Makanan Pedas dan Asam

Selain merupakan pemicu timbulnya sariawan, makanan dengan cita rasa pedas dan asam juga bisa memperparah luka. Bukannya cepat sembuh, bisa saja menambah lokasi iritasi hingga menimbulkan sariawan baru.

Selagi penyembuhan, sebaiknya konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Terutama yang mengandung vitamin C dan perbanyak minum air putih. Selain menutrisi dari dalam, juga menghidrasi mulut supaya lebih sehat dan mempermudah penyembuhan.

4. Gunakan Obat Kumur

Berkumur dengan obat kumur merupakan cara mengobati sariawan di lidah secara alami dan cepat yang juga bisa Teman-teman lakukan. Alasannya karena ada beberapa kandungan obat kumur yang diklaim dapat mengatasi sariawan dalam taraf ringan, yaitu:

Antibiotik

Obat kumur yang mengandung antibiotik, sehingga bisa membunuh bakteri yang ada di sekitar luka.

Antihistamin

Kandungan antihistamin atau sering disebut anestesi local ini bisa mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman di mulut karena sariawan.

Antijamur

Fungsi kandungannya ini adalah untuk mengurangi tumbuhnya jamur di mulut.

Kortikosteroid

Kandungan kortikosteroid pada obat kumur bisa mengobati peradangan pada sariawan.

Antasida

Obat kumur dengan kandungan antasida punya fungsi membantu bahan lainnya supaya cukup melapisi bagian dalam mulut.

BETADINE® Mouthwash & Gargle  obat sariawan

Rekomendasi obat kumur yang cocok untuk mengobati sariawan adalah Betadine Mouthwash & Gargle. Sejak dulu, bahkan setiap habis scaling gigi, saya biasanya dibekali obat kumur dari Betadine oleh dokter untuk mengatasi risiko kesehatan mulut setelah pembersihan karang gigi.

Betadine Mouthwash & Gargle ini punya fungsi sebagai antiseptik dan antijamur yang mengandung Povidone iodine 1%. Kandungan ini bekerja untuk membuat sel kuman tidak aktif sehingga bisa mengobati sariawan di lidah area mulut lainnya.

Selain mengtasi sariawan, Betadine Mouthwash & Gargle juga berkhasiat dalam mengobati sakit tenggorokan, gusi bengkak, dan nafas tidak segar.

Cara pemakainnya, tuang Betadine Mouthwash & Gargle sebanyak 15 ml ke dalam tutup botol. Lalu, kumur-kumur dan buang. Untuk mengobati area tenggorokan, tuang sekali lagi dan masukkan Betadine Mouthwash & Gargle ke mulut. Dongakkan kepala 45 derajat ke atas, tahan beberapa detik. Buang obat kumur Betadine dan keluarkan udara melalui mulut selama 30 detik. Ulangi penggunaan 3 hingga 5 kali sehari.

5. Periksakan ke Dokter

Meskipun sariawan bukan masalah kesehatan serius, namun Teman-teman perlu waspada jika tidak juga sembuh. Ini bisa mengindikasikan penyakit lain yang harus segera memperoleh penanganan dokter. Tanda lainnya harus ke dokter jika sariawan dirasa nyeri yang tidak biasa atau ada pendarahan.

Nah itulah cara mengobati sariawan di lidah secara alami dan cepat yang juga membantu meringankan nyeri dan rasa tidak nyaman. Selain menggunakan bahan yang ada di dapur seperti es batu dan garam, juga bisa memanfaatkan obat kumur BETADINE® Mouthwash & Gargle yang bisa dilihat di website https://betadine.co.id/

Sumber:
hellosehat.com
alodokter.com

You May Also Like

2 Comments

  1. Mayuf Juni 14, 2022 at 8:30 am

    Terima kasih kak sangat bermanfaat tipsnya

  2. Fenni Bungsu Juni 17, 2022 at 12:36 pm

    Daku seringnya kalau kegigit mbak atau pas lagi main sama ponakan kepentok kepalanya dia, udah deh jadi sariawannya mantep.
    Noted nih trik mengatasinya.

Leave a Reply