7 Rekomendasi Minuman Penurun Kolesterol dalam Tubuh

Teman-teman pernah mendengar minuman penurun kolesterol? Ternyata, bukan hanya makanan dan obat saja yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita.

Salah satu langkah yang paling baik untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) pada tubuh adalah dengan menjaga konsumsi makanan dan minuman. Ada beberapa makanan dan minuman tertentu yang memang tidak baik bagi kadar kolesterol kita. Namun demikian, jangan khawatir. Ada juga makanan dan minuman penurun kolesterol, lho.

Beberapa minuman penurun kolesterol ternyata bisa kita buat sendiri dengan mudah di rumah. Tidak perlu risau, karena kita bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah kita peroleh di sekitar kita. Bahan tersebut adalah bahan yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Apa Saja Minuman Penurun Kolesterol dalam Tubuh?

Berikut ini ada beberapa rekomendasi 7 minuman penurun kolesterol yang bisa teman-teman lakukan di rumah. Selain rasanya yang enak, teman-teman bisa mendapatkan manfaat kesehatan juga.

1. Jus Apel

jus apel merupakan minuman penurun kolesterol jahat
jus apel dapat menurunkan kolesterol

Apel adalah buah yang bisa dimakan dengan bermacam cara, antara lain dengan dibuat jus. Mengkonsumsi jus apel bagus untuk kesehatan jantung. Mengapa? Apel adalah minuman penurun kolesterol kareba mengandung polifenol yang bisa membantu menahan kolesterol jahat teroksidasi.

Kolesterol jahat yang teroksidasi bisa menimbun di arteri dan beresiko untuk kesehatan jantung. Salah satu penelitian telah membuktikan jika orang dewasa sehat yang minum 1,5 cangkir apel yang setara dengan 375 ml setiap hari selama 6 minggu. Hasilnya, kolesterol jahat pada tubuh 22% lebih tahan pada oksidasi dibanding waktu awal penelitian.

2. Susu Kedelai

susu kedelai adalah minuman penurun kolesetrol dalam darah
susu kedelai minuman alami penurun kolesterol jahat

Enak dan bermanfaat bagi kesehatan. Itulah kelebihan susu dari bahan soya atau kedelai. Nutrisinya tidak kalah baik dari susu sapi. Protein dalam kedelai rupanya dapat menolong turunkan kolesterol LDL pada darah.

Beberapa ahli menilai 43 eksperimen mengenai dampak kedelai pada kolesterol LDL. Jika konsumsi rata-rata 25 gr protein kedelai setiap harinya selama 6 minggu, bisa menurunkan sekitar 2-3% kolesterol LDL. Angka ini memang sangat kecil, tetapi cukup bermanfaat untuk kedepannya. Tentu saja kegunaannya baru bisa kita rasakan bila minuman ini kita konsumsi secara teratur setiap harinya.

3. Jus Delima

jus buah delima adalah minuman penurun kolesterol
jus buah delima

Minuman penurun kolesterol lainnya adalah jus delima. Delima benar-benar memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahkan lebih tinggi dari buah-buahan lainnya. Salah satu antioksidannya ialah polifenol yang dapat melindungi jantung dan juga bisa menurunkan kandungan kolesterol pada darah.

Tetapi, harus kita perhatikan bahwa jus delima bisa bereaksi dengan beberapa obat seperti pencair darah dan ACE inhibitor. Silahkan konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika akan mengkonsumsi jus delima secara rutin,

4. Jus Jeruk

jus jeruk bisa menjadi minuman penurun kolesterol dalam darah
jus jeruk yang segar

Selain menyegarkan, jus jeruk rupanya juga merupakan minuman penurun kolesterol yang ampuh. Buah jeruk sangat umum kita makan setiap hari dan mudah kita peroleh dari pasar ataupun toko buah-buahan terdekat.

Jeruk memiliki kandungan fitosterol yang berupa lemak yang bisa menolong merintangi peresapan kolesterol di usus. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jeruk dapat menolong tingkatkan mekanisme imun dan turunkan risiko penyakit seperti batu ginjal.

Tetapi, harus kita perhatikan bahwa jeruk bisa bereaksi dengan beberapa kasus pencernaan seperti heartburn dan kembung. Jadi, seharusnya tidak boleh konsumsi Jus jeruk terlalu berlebih, khususnya jika mempunyai permasalahan pencernaan.

5. Teh Hijau

teh hijau adalah minuman yang efektif menurunkan kadar kolesterol
teh hijau untuk menurunkan kolesterol

Siapa yang suka teh hijau? Pasti senang setelah mengetahui bahwa minuman enak satu ini juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Teh hijau dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, khususnya untuk membakar lemak pada tubuh dan menurunkan berat badan. Minuman satu ini rupanya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat pada darah. Riset membuktikan jika mengkonsumsi teh hijau bisa turunkan sekitar 2-5% kolesterol pada darah.

Keunggulan lain dari minuman ini adalah kalorinya yang paling rendah, sehingga kamu tak perlu cemas kelebihan kalori saat meminum. Mengkonsumsi teh hijau sebaiknya tanpa gula.

6. Teh Hitam

teh hitam dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah
teh hitam by hellosehat

Kalau teh hitam pernah teman-teman konsumsi? Jika ada jamuan atau menemukan teh satu ini di pasar atau swalayan, jangan ragu lagi untuk membelinya. Manfaatnya untuk kesehatan juga bagus, lho.

Teh hitam dan teh hijau berawal dari tanaman yang serupa, tetapi pengolahannya berbeda. Sama dengan teh hijau, teh hitam juga bisa menurunkan kandungan kolesterol LDL pada darah. Salah satu penelitian mendapati jika minum lima kali teh hitam setiap hari bisa membantu menurunkan kandungan kolesterol LDL sampai 11% .

7. Cokelat

dark chocolate adalah jenis cokelat yang bisa menurunkan kolesterol jahat
dark chocolate by homecareassistancevancouver

Makanan dan minuman berbahan cokelat sepertinya paling kita sukai. Ternyata, minuman dari cokelat selain enak, juga punya manfaat yang baik bagi kesehatan. Tapi, cokelat seperti apa yang direkomendasikan sebagai penurun kolesterol?

Fitosterol dan flavonoid kakao dalam cokelat bisa turunkan kolesterol sekitar 2-5%. Tipe cokelat tersebut adalah dark chocolate yang tidak memiliki kandungan susu. Umumnya produk cokelat telah mempunyai kombinasi tambahan seperti gula atau susu. Janganlah lupa untuk mengecek paket produk untuk memastikan coklat yang Anda konsumsi adalah coklat alami tanpa tambahan bahan lain.

Tips dalam Mengonsumsi Minuman Penurun Kolesterol

Meskipun minuman penurun kolesterol tadi mudah kita dapatkan, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Pertama, jangan mengkonsumsi produk yang memiliki kandungan gula dan bahan tambahan yang lain. Akan lebih baik lagi jika kita mengolah sendiri minuman itu di dalam rumah untuk memastikan kesterilan dan keaslian ramuannya.

Selain itu, perlu kita ingat bahwa walaupun minuman tersebut itu bisa membantu menurunkan kolesterol, tetapi minuman itu tidak bisa mengobati keadaan di mana kolesterol sangat tinggi. Segera hubungi dokter jika kandungan kolesterol tinggi dan mempunyai potensi memunculkan bermacam penyakit seperti stroke dan jantung.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menghindari minuman dan makanan yang bisa meningkatkan kolesterol, olahraga teratur, dan menjaga konsumsi cairan badan agar kandungan kolesterol tidak bertambah dan badan selalu bugar.

Itulah beberapa rekomendasi minuman yang bisa membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Perhatikan tips khususnya agar tidak asal meminum dan mencampurkan bahan yang bisa menaikkan kolesterol, ya. Stay health!

20 pemikiran pada “7 Rekomendasi Minuman Penurun Kolesterol dalam Tubuh”

    • Terkadang kita suka abai masalah kolesterol ya mbak. Gorengan yang kelihatannya enak dimakan nyatanya mengandung kolesterol jahat. Dan kebiasaan makan gorengan ini kadang susah dihilangkan.

      Untuk minuman saya suka konsumsi susu kedelai…minuman yg lain belum saya coba…jadi pengen nyobain minuman penurun kolesterol seperti cocok buat jaga kesehatan tubuh. TFS mbak.

      Balas
  1. LDR aja nggak asik apalagi ini LDL (eh 😂)
    meski begitu tanpa kolesterol sebenarnya juga nggak baik ya buat tubuh, makanya cukup aja bagusnya, berlebih pun jangan

    Balas
    • Wah, selain baik untuk kesehatan mata. jus apel juga dapat menurunkan kolesterol ya.

      Terima kasih atas infonya, kak. Semoga tulisnnya juga bermanfaat untuk pembaca lain yang berkunjung ^^

      Balas
  2. Wah, aku suka semua sama minuman-minuman penurun kolesterol di atas, enak sih 😀
    Tapi ada S&K yaa.. jangan lupakan itu, haha. Trus jus buah itu emang paling enak bikin sendiri sih menurutku, soalnya kalo beli seringnya kamanisan 😀

    Balas
  3. Wah kebetulan tadi siang aku beli jus jeruk di sekitar kampus 5ribu ajah. Kesukaan sih. Juga lagi perlu vitamin C hehe. Trims sharingnya mbaa Iim, keep on writing ya <3

    Balas
  4. Hmm enak-enak semua nih minuman penurun kolesterolnya. Paling penting ya bun memang menjaga kesehatan tubuh. Kalau aku sekarang lagi jaga asupan gula berlebih. hihihi

    Balas
  5. Dark Chocolate emang bisa banget turunin kolestrol. Aku dapat resep ini dari dokter. Kata beliau, kalau nongkrong pesennya coklat hangat, tapi pastikan coklatnya yang dark ya bukan yang bubuk. ^^

    Balas

Tinggalkan komentar