Ingin tahu ciri hamil bayi perempuan sejak dini, Bun? Bisa kok sejak trimester pertama mengenali tanda hamil anak perempuan.

Jenis kelamin anak sebenarnya tidak mempengaruhi kasih sayang orang tua kepada buah hatinya. Namun, ada beberapa ayah bunda yang mungkin mengharapkan calon bayi berjenis kelamin tertentu. Salah satunya menginginkan memiliki bayi perempuan.

Alasan-alasan keinginan tersebut biasanya bukan dilatarbelakangi bias gender. Namun, biasanya ada hal-hal seperti dikarenakan sudah memiliki anak laki-laki, sang ibu yang mengharapkan teman curhat di masa tuanya, menyukai anak perempuan, dan sebagainya.

8 Ciri Hamil Bayi Perempuan

Nah, buat ayah bunda yang ingin mengetahui apakah calon buah hati merupakan bayi perempuan, yuk kenali sejak trimester pertama. Meskipun jenis kelamin bisa terlihat melalui USG di sekitar usia kehamilan 5 hingga 7 bulan, namun tidak ada salahnya kita kenali tanda-tandanya sejak dini. Apa sajakah itu?

Sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri hamil anak perempuan trimester pertama :

1. Kondisi Perut Bumil

Maksudnya gimana nih? Salah satu teori menyebutkan bahwa jenis kelamin bayi juga bisa dilihat dari kondisi perut bunda. Jika bunda hamil bayi perempuan, maka perut menonjol lebih lebar ke samping. Sebaliknya jika bayi laki-laki, maka bentuk perut lebih menonjol runcing ke depan.

Tentu perut yang masih mengandung janin di dua bulan pertama belum terlihat ya Bun.. Namun, pada bulan ke tiga, biasanya sudah ada perubahan bentuknya. Selain itu, ketika usia kehamilan satu dua bulan, rata-rata bumil belum mengetahui kehamilannya.

2. Morning sickness yang Terasa Parah

Morning sickness sudah menjadi kondisi yang normal bagi setiap ibu hamil, terutama di trimester pertama. Namun, jika kondisinya tergolong parah, biasanya mengindikasikan bahwa bunda mengandung bayi perempuan.

Menurut berbagai sumber, kondisi yang parah ini disebabkan oleh kadar estrogen yang lebih tinggi. Teori ilmiah berpendapat bahwa mengandung bayi perempuan dapat meningkatkan tingkat estrogen. Oleh karena itu, morning sickness lebih parah.

3. Posisi Janin Terasa di Pusat Perut

Posisi janin di dalam kandungan ternyata dapat mengisyaratkan karakter maupun jenis kelamin si Kecil itu sendiri lho. Apabila berjenis kelamin perempuan, posisinya pada umumya berada tepat di sekitar pusat perut.

Mengapa demiian? Ini mengindikasikan karakter perempuan yang memang cenderung ingin melihat segala sesuatu. Istilanya, lebih besar kepo nya ya Bun…

4. Denyut Jantung Bunda Lebih Cepat

Dilansir dari Nakita.com, bahwa denyut jantung Bunda bisa memberi tanda bahwa sedang mengandung bayi perempuan. Jika denyut jantung bunda tinggi, yaitu berkisar antara 140-160 denyut per menit, maka mungkin bunda sedang hamil bayi perempuan.

5. Masalah Pada Kulit Wajah

Sebenarnya, kondisi kulit wajah ini ada perbedaan pendapat. Banyak sumber menyebutkan bahwa jika kulit wajah bermasalah itu mengindikasikan jenis kelamin bayi laki-laki. Namun, sumber lainnya menyebutkan sebaliknya. Masalah kulit yang dimaksud di antaranya kulit berjerawat dan berminyak.

Jika kulit wajah bunda mengalami minyak dan jerawat berlebih saat trimester pertama, kemungkinan bayi bunda perempuan. Ada juga yang menyebutkan bahwa justru jika wajah bunda lebih glowing juga termasuk tanda hamil bayi perempuan.

6. Bentuk Payudara Membesar Sebelah

Salah satu perubahan yang terjadi pada saat bunda hamil trimester pertama adalah perubahan bentuk payudara. Bunda akan memiliki payudara yang membesar dan berbeda satu sama lain ukurannya. Ukuran yang membesar biasanya payudara bagian kiri.

7. Menginginkan Makanan Manis

Ada peningkatan nafsu pada makanan tertentu saat hamil trimester pertama. Namun, ciri jika Bunda hamil anak perempuan, bunda menginginkan makanan yang rasanya manis. Makanan manis ini semisal cokelat, es krim, dan lain sebagainya.

8. Perubahan Suasana Hati Berlebihan

Perubahan mood atau suasana hati adalah kondisi yang sebagian besar dialami bumil. Namun, suasana hati yang berlebihan perubahannya menandakan hamil anak perempuan. Hal ini sseperti disampaikan oleh American Pregnancy.

Sebagaimana perubahan hormon yang besar ditambah bayi yang dikandung adalah perempuan, sangat berpengaruh besar kepada perubahan suasana hati Bunda.

Nah, itu dia Delapan Ciri Hamil Bayi Perempuan Sejak Trimester Pertama. Memang jenis kelamin calon buah hati bisa dilihat melalui USG, dengan catatan ayah bunda bersabar menunggu saat yang tepat. Biasanya jenis kelamin akan terlihat di usia kehamilan tertentu. Ada yang di usia kehamilan lima bulan sudah terlihat, ada juga yang belum.

Berita sebelumyaAplikasi Kesehatan SehatQ, Direktori Medis Lengkap dalam Genggaman
Berita berikutnyaKeren Itu, Menjadi Ibu Rumah Tangga Tanpa Paksaan

2 KOMENTAR

  1. benar banget bun.. sejak awal aku ngalamin tanda tanda begini.. yang mencolok banget itu adalah morning sickness, mau makanan manis, sama mood yang kurang stabil.. setelah di USG,, ternyata benaran cewek. bisa gitu ya..

  2. iya Bun… sepertinya bukan mitos yaa… ciri2 itu juga sering sekali dialami teman2 yg hamil perempuan. kalau USG blm menunjukkan, mengenali tanda2nya siapa tahu sudah bisa menerka ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here