Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat, Plus Wangi Seperti Laundry!

0
52
cara menyetrika baju yang benar dan cepat
cara menyetrika baju yang benar dan cepat

Setrikaan menumpuk, tapi waktu terbatas? Jika Bunda bingung bagaimana cara menyetrika baju yang benar dan cepat, bisa ikuti tips di bawah ini.

Oh ya, sebelum merasa terbebani dengan strikaan, sebenarnya menyetrika baju itu punya banyak manfaat lho Bun. Jadi, biar tidak asal cepat dan ingin segera selesai, sembari menikmati prosesnya sepertinya lebih asyik ya. Menyetrika pun tidak jadi bebaan.

Menyetrika pakaian ternyata tidak hanya membuat pakaian jadi rapi dan membuat penampilan lebih oke. Manfaat menyetrika baju atau pakaian juga bisa membuat baju bebas bakteri. Mencuci dan menjemur pakaian tidak 100% menghilangkan bakteri. Dengan menyetrika, Bunda menjamin keluarga bebas kuman dari pakaian yang anggota keluarga kita kenakan.

Dan ya… Ada satu lagi yang ternyata menarik. Ternyata aktivitas menyetrika bisa mengurangi stress. Menurut Deb Shapiro, seorang pengajar meditasi dalam situs idea.grid.id, gerakan menyetrika mirip gerakan meditasi. Selain itu, suhu panas dari strikaan dan gerakan menyetrika juga menyehatkan badan.

Kita tahu bahwa rutinitas yang sibuk membuat Bunda multitasking dan memicu kelelahan fisik maupun pikiran. Berbeda dengan menyetrika yang gerakannya berulang, mampu membantu merasakan keadaan dan atmosfer sekitar. Ini manfaatnya sama dengan meditasi.

9 Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat

Gimana Bun, sudah siap menyetrika dengan semngat dan efisien? Yuk, lets go! Inilah Cara Menyetrika Baju yang Benar dan Cepat, Plus Wangi Seperti Laundry! Tidak hanya cepat dan rapi, tapi juga Bunda lebih sehat, semangat, dan hasil strikaan memuaskan.

1. Pilih Prioritas Baju yang Perlu Disetrika

Jika pakaian menumpuk, sebaiknya pilih dulu mana baju yang mau disetrika. Karena sebenarnya, ada beberapa pakaian yang sebenarnya tidak perlu kita prioritaskan. Bahkan tidak perlu disetrika. Cukup melipatnya di lemari. Misalnya daster, kaos oblong yang biasa untuk tugas negara di dapur, dan sebagainya.

Setelah memisahkan mana yang mau disetrika, kelompokkan pakaian menurut jenis dan fungsinya. Misalnya memisahkan antara kerudung, pakaian tipis, pakaian yang tidak terlalu perlu disetrika secara intens, atau pakaian tebal yang hanya bisa distetrika jika strikaan sudah benar-benar panas. Contohnya celana jeans.

2. Pastikan Plat Logam Strika Selalu Bersih

Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah strika sebelum menyalakannya. Biasanya ada noda di plat logam dari plastic, sablon pakaian dan lain-lain. Ini penting untuk menghindari baju kita kotor dan malah membuat acara menyetrika jadi kurang lancar.

Cara membersihkannya cukup gosok perlahan. Bila noda yang lekat dan sulit, bisa menggunakan bakin soda.

3. Gunakan Aluminium Foil Pada Papan Strika

Tips menyetrika baju yang satu ini memang belum familiar bagi kita. Namun, situs unileverprofessional.com misanya mengajurkan aluminium foil pada papan strika. Fungsinya agar memantulkan panas strika dari bagian bawah. Proses menyetrika pun lebih cepat karena tidak perlu membolak-balik baju. Wah, sangat cepat dong!

4. Arah Gerakan Strika Harus Tepat

Gerakan menyetrika yang benar dan bisa mempercepat proses menyetrika baju adalah dengan gerakan vertikal dan horizontal. Gerakan horizontal sebaiknya menjauh dari tubuh agar pakaian tidak kembali kusut atau tertindih. Hindari juga melakukan gerakan zigzag supaya pakaian tidak melar.

5. Mulai dari Pakaian Tipis lalu Tebal

Biasanya suhu strika akan naik seiring waktu. Atur suhu dari panas yang rendah dulu, lalu strikalah pakain tipis terlebih dahulu atau pakaian yang sensitif panas. Misalnya kerudung berbahan satin, kerudung bahan paris, dan sebagainya. Setelah itu, baru menyetrika baju kemeja, kaos, dan terakhir pakaian berbahan tebal seperti rok dan celana.

6. Semprotkan Air atau Uap Pada Baju Tertentu

Tidak semua pakaian cukup dengan menyetrika tanpa smprotan. Ada beberapa kain yang memerlukan kelembapan dalam menyetrikanya agar licin dan rapi. Gunakan spray khsusus strikaan kepada jenis kain yang butuh uap seperti katun, denim atau jeans, linen, corduroy, dan polyester.

7. Menyetrika Pakaian Dalam Sebaiknya Setelah Mencabut Colokan Strika

Apabila ingin menyetrika pakaian dalam atau pakaian lain yang memang kecil, lebih baik menyetrikanya di akhir setelah mencabut strikaan. Sisa panasnya masih dapat digunakan dan memiliki fungsi baik untuk membunuh kuman, dan yang paling penting juga menghemat listrik pastinya.

8. Tips Setelah Selesai Menyetrika

Setelah beres menyetrika, ada yang terbiasa menggantungnya di lemari atau melipatnya. Namun, jika pakaian perlu dilipat, jangan lupa melipatnya dengan simetris dan hati-hati agar tidak kusut lagi. Jika digantung, maka segera gantung di dalam lemari dengan rapi.

9. Gunakan Parfum Laundry Agar Wangi dan Bebas Bakteri

Supaya hasil strikaan sempurna dan wangi tahan lama, gunakan parfum laundry. Gunanya selain untuk mengharumkan pakaian juga menghindarkan bakteri dalam jangka waktu lama.

Merek Unilever untuk laundry salah satunya adalah Molto Parfume Spray Pro Prple 400ml. Bahan pewangi laundry spray ini cepat menguap dan menjaga pakaian bebas kuman,bakteri dan virus karena mengandung desinfektan. Namun, tetap diformulasikan ramah lingkungan. Harganya juga terjangkau, Rp. 9.500 saja. Wanginya ala parfum mewah Perancis dan tahan hingga 14 hari. Mantep sekali buat pakaian keluarga di rumah.

cara menyetrika baju agar wangi seperti laundry
Molto pewangi ala laundry

Itulah cara menmyetrika baju yang benar dan cepat, sekaligus wangi ala laundry professional. Bunda pasti ingin menikmati momen menyetrika dan anti ribet kan? Cara menyetrika baju tadi bisa bunda coba supaya menghemat waktu namun haslnya super maksimal. Ganbatte!

Berita sebelumyaKelebihan Donasi Online, Bantu Mereka Lebih Mudah dan Efisien
Berita berikutnyaOpen Trip Bromo, Wisata Selama 2 Hari Pasti Puas dan Berkesan
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here