cara menurunkan berat badan di rumah
Kesehatan,  Tips

Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah Tanpa Olahraga, Ini Caranya!

Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah Tanpa Olahraga – Masa pandemi Covid19 ini membuat banyak perubahan bagi runtinitas kita. Salah satunya adalah runtinitas olahraga untuk diet yang biasa kita lakukan.

Biasanya berangkat senam dan yoga di sanggar dengan sekelompok orang, berenag, jalan santai di taman kota padahari libur, dan lain-lain, kini kita banyak yang ragu untuk melakukan semua itu. Khawatir dengan penularan virus yang sedang melanda.

Selain itu, perubahan rutinitas karena pola belajar, bekerja, dan lain-lain banyak perubahan. Bagi yang berstatus orang tua, mungkin akan lebih banyak menemani anak belajar online, mengurangi kegiatan di luar, termasuk sulit memiliki waktu untuk olahraga. Bagi kaum muda-mudi juga sama, ada yang semakin banyak menghabiskan waktu di dalam rumah.

Nah, bagi kamu yang harus di rumah aja dan tidak ada waktu cukup untuk olahraga seperti dulu, bisa kok diet dan menurunkan berat badan di rumah tanpa olahraga. Kamu juga bisa menjaga berat badan agar tetap ideal.

Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan di rumah tanpa harus olahraga. Apa saja?

Banyak Minum Air Putih

Air putih berfungsi untuk mendetoksifikasi tubuh agar tetap sehat dan menghidrasi tubuh dengan baik. Bila tubuh dehidrasi, maka timbul rasa lemas dan lapar.

Perlu kita tahu, bahwa tubuh kita kadang tidak bisa membedakan sinyal lapar dan haus. Bila terasa lapar, maka cobalah untuk perbanyak minum air putih. Apalagi jika rasa lapar ini muncul padahal baru saja makan beberapa waktu lalu.

Tubuh kita juga 70 persen merupakan air sehingga peran air sangat penting. Meminum air putih standarnya adalah 8 hingga 10 gelas per hari atau 1,8 liter. Sudahkah kita memenuhi standar ini? Jika belum, penuhilah asupan air putih secara optimal agar tetap terhidrasi dan terhindar dari pola makan yang berlebih.

Jika merasa sering lupa minum, atau tidak ingin repot mengambil air putih ke dapur, bisa dengan cara membawanya dalam botol agar lebih praktis. Simpan di tempat terdekat dengan rutinitas kita. Misal jika aktivitas work from home (WFH), bisa menaruh air minum dalam botol ini di meja kerja di rumah.

Utamakan Sarapan Setiap Hari

Jangan salah memahami diet dengan menghindari sarapan, ya teman-teman. Sarapan itu ampuh membuat tubuh lebih fit menghadapi aktivitas harian sekaligus menghindari keinginan ngemil.

Jika selama ini kamu menganggap sepele sarapan, coba mulai jadikan sarapan ini wajib buat kamu lakukan setiap pagi. Sarapan ini akan membuat tubuh kamu lebih kuat, sehat, dan akan membantu menurunkan berat badan.

Asupan saat sarapan juga perlu diperhatikan. Sarapan yang tepat untuk diet dan tentunya sehat adalah buah-buahan, oat, gandum, atau yogurt yang rendah lemak. Hindari bentuk lemak seperti gorengan, makanan mengandung lemak tinggi, serta gula berlebihan.

Banyak Bergerak Walaupun Berada di Rumah

Meskipun di rumah, usahakan selalu bergerak aktif ya. Bergerak terbukti dapat membakar kalori dan menghindari timbunan lemak.

Gerak sehat tidak harus olahraga berat. Cukup berjalan kaki di halaman rumah, membersihkan rumah, beres-beres, dan aktivitas lainnya.

Gimana? Berada di rumah membuat kamu makain jarang bergerak atau malah membuat kamu lebih sibuk dan banyak membakar kalori?

Ganti Cemilan dengan Buah-Buahan

Cemilan identik dengan makanan yang banyak mengadung MSG, garam, lemak, dan tidak begitu mengandung nutrisi sama sekali. Padahal, cemilan juga bisa kamu ganti dengan yang ramah bagi proses diet lho.

Cemilan yang sebaiknya dikonsumsi oleh kamu yang ingin menurunkan berat badan adalah buah-buahan. Selain mengenyangkan, rasanya yang segar, juga mengandung serat sehingga tidak ada timbunan lemak di tubuh.

Manfaat utama buah-buahan yang mengandung serat tentu saja untuk menurunkan berat badan supaya ideal. Jika tidak biasa ngemil dengan buah-buahan, yakin deh bahwa ngemil dengan buah bisa menggangikan kebiasaan ngemil tidak sehat. Lama-lama akan terbiasa dan berat badan kamu akan turun dengan sendirinya menuju ideal.

Tidur yang Cukup dan Sesuai Jadwal

Bila kamu menganggap bahwa bekerja dan beraktivitas sampai larut malam bisa membantu menurunkan berat badan, maka kamu keliru lho. Justru ketika kurang tidur, hormon leptin (yang merangsang rasa lapar) akan terganggu.

Tidur yang cukup dan sesuai jadwal juga menghindari stres. Bila stres, maka dapat meningkatkan produksi hormone kortisol yang mengganggu hormone-hormon lainnya sehingga meningkatkan keinginan makan.

Supaya tidur kamu berkualitas dan sesuai jadwal yang sehat, hindari kafein di sore hari ya. Selain itu, tetap aktif di siang hari supaya malam hari bisa tidur dengan nyenyak.

Hindari Gula dan Junk Food

Godaan berada di rumah di masa pandemi ini di antaranya adalah keinginan untuk pesan makanan siap saji yang masuk kategori junk food. Selain itu, karena akses ke dapur mungkin lebih sering, kamu akan senang membuat teh atau minuman lainnya dengan campuran gula secara terus menerus.

Padahal, lemak di tubuh yang berlebih ini karena terlalu banyak mengonsumsi gula. Begitu pula junk food yang mengandung lemak jenuh, garam berlebih serta MSG menjadi pemicu kegemukan dan kolsterol meningkat.

Jadi, meskipun berada di rumah, tetap jaga asupan makanan supaya terhindar dari gula berlebih dan junk food ya.

Oh ya kamu sendiri selama di rumah makin banyak konsumsi gula dan makanan tidak sehat atau malah lebih sehat asupan makanannya?

Itulah Cara Menurunkan Berat Badan di Rumah Tanpa Olahraga yang bisa kamu praktekkan. Meskipun di rumah, diet dan pola hidup sehat tetap perlu kita jaga ya. Tetaplah amalkan protokol kesehatan saat keluar rumah. Stay save and stay health!

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *