Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Anda, Ini Tahapannya!

cara klaim asuransi mobil Honda
Ilustrasi klaim asuransi, gambar dari Unsplash.com

Gimana sih cara klaim asuransi mobil Honda? Insiden seperti kecelakaan dalam berlalu lintas memang bukanlah sebuah hal yang kita harapkan terjadi, apalagi pada mobil Honda kesayangan anda. Akan tetapi jika hal tersebut terjadi, setidaknya asuransi mobil Honda yang sudah anda miliki bisa sedikit meredakan rasa sedih anda.

Meskipun anda sudah memiliki asuransi, tetapi anda harus segera melakukan klaim asuransi. Tujuannya agar masalah klaim asuransi yang anda miliki dapat diproses secara cepat dan tanpa hambatan

Perlu diketahui dalam pengajuan klaim asuransi tidaklah bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa dokumen pendukung yang harus Anda siapkan. Begitu pula ada tahapan yang harus anda ikuti agar bisa klaim anda atas asuransi tersebut bisa terkabul. Jika anda ingin tahu tahapannya silahkan simak uraian dan hal yang harus Anda lakukan berikut ini.

Persiapkan Berbagai Dokumen yang Dibutuhkan

Salah persyaratan yang menjadi sebuah kewajiban dalam klaim asuransi yang anda miliki adalah kelengkapan dokumen dan surat – surat pendukung lainnya. Maka dari itu, anda haruslah mempersiapkan berbagai macam dokumen yang dibutuhkan sebagai persyaratan klaim asuransi tersebut.

cara klaim asuransi mobil Honda memang perlu langkah tertentu. Nah ini, beberapa dokumen yang mesti Anda siapkan saat ingin mengajukan klaim asuransi antara lain adalah sebagai berikut :

  • STNK,BPKB,Faktur Pembelian Kendaraan dan surat penyerahan hak milik yang sudah ditandatangan.
  • Salin polis asuransi anda.
  • Surat Keterangan dari kepolisian setempat daerah kejadian
  • SIM pengendara yang terlibat pada insiden tersebut
  • Laporan kronologi kejadian insiden tersebut
  • Foto kerusakan fisik dan perkiraan biaya perbaikan
  • Dan berbagai dokumen terkait lainnya

Cara Klaim Asuransi Mobil Honda Anda di Garda Oto

Setelah semua jenis dokumen sudah Anda persiapkan dengan baik dan lengkap, maka selanjutnya anda perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa klaim asuransi mobil. Tahapan atau cara klaim asuransi mobil Honda anda adalah sebagai berikut.

Hubungi Pihak Asuransi Garda Oto Dengan Segera

Ketika anda atau seseorang mengalami insiden atau kecelakaan yang berdampak pada kendaraan anda. Hal pertama yang harus anda lakukan untuk bisa mendapatkan klaim asuransi adalah menghubungi pihak Garda Oto. Pihak ini adalah penyedia layanan asuransi anda untuk mengajukan klaim asuransi atas insiden tersebut. Lalu nantinya anda akan mendapat instruksikan untuk mengikuti beberapa rangkaian proses. Ini berguna untuk keperluan klaim asuransi mobil anda atas insiden atau kejadian tersebut.

Biasanya batas waktu maksimal pelaporan atas sebuah insiden yang menimpa kendaraan maksimal 3x24jam setelah kejadian tersebut terjadi. Laporan yang Anda buat bisa melalui email ataupun telepon ke nomor hotline yang sudah tersedia dari perusahaan asuransi yang anda miliki. Laporan tersebut berisi penjelasan kronologi insiden tersebut dan apa saja yang terdampak serta resiko yang timbul. Anda biasanya akan mendapat instruksi untuk mengisi form klaim sebagai salah satu persyaratan pengajuan klaim asuransi anda.

Persiapkan Berbagai Bukti – Bukti Terkait

Cara klaim asuransi mobil Honda  selanjutnya dalah mempersiapkan berbagai bukti. Untuk mengkonfirmasi kejadian tersebut dan berbagai dampak resikonya, maka anda harus bisa menunjukan berbagai bukti – bukti yang relevan. Pada umumnya bukti – bukti tersebut bisa berbentuk foto, rekaman kamera CCTV dan berbagai bukti kongkrit lainnya. Anda juga bisa gunakan bukti – bukti tersebut sebagai bahan untuk pelaporan ke pihak kepolisian. Ini sebagai pelengkap syarat dokumen untuk bisa klaim asuransi yang anda miliki

Jelaskan Kronologi Kejadian Secara Terperinci

Ketika anda mengajukan sebuah klaim asuransi, anda biasanya harus secara lengkap untuk kembali menjelaskan kronologi kejadian yang anda alami. Anda juga menjawab berbagai macam pertanyaan dari staf asuransi anda pada saat klaim. Pastikan anda menjelaskan secara detail dan terperinci mengenai kejadian atau insiden tersebut. Mulai dari awal hingga akhir agar jelas. Selalu jawablah pertanyaan – pertanyaan yang pihak ajukan secara jujur dan sebenar – benarnya sesuai dengan fakta yang terjadi.

Lengkapi Segala Persyaratan dan Serahkan Dokumen Klaim Yang Diperlukan

Selanjutnya jika segala tahapan yang sudah saya jelaskan diatas telah anda jalani, anda biasanya akan diminta untuk menyerahkan berbagai dokumen. Persyaratan klaim asuransi yang lengkap sebagai salah satu persyaratan pengajuan klaim ke pihak asuransi secara resmi.

Untuk durasi proses klaim asuransi mobil, biasanya akan variatif dari kasus ke kasus. Selebihnya anda bisa tanyakan hal tersebut pada pihak perusahaan asuransi anda supaya makin jelas.

Tahapan di atas adalah hal-hal yang harus Anda lakukan untuk melakukan klaim asuransi untuk mobil Honda. Dengan melengkapi berbagai dokumen dengan baik dan benar, maka anda tidak perlu khawatir pengajuan anda akan ditolak.

Itulah cara klaim asuransi mobil Honda milik Anda. Untuk anda yang ingin mempunyai asuransi untuk mobil Honda kesayangan anda, langsung saja hubungi Garda Oto. Gunakan Garda Oto untuk mendapatkan produk asuransi dengan berbagai macam fitur menarik dan perlindungan yang menyeluruh serta berkualitas.

You May Also Like

Leave a Reply