Cara Agar Mata Tak Mudah Lelah Meskipun Seharian Bekerja di Depan Komputer

Banyak bidang pekerjaan saat ini yang dilakukan berbasis teknologi, sehingga tidak perlu terlalu banyak bergerak, melainkan cukup dengan bekerja di depan layar komputer saja. Meskipun tampak mudah namun tidak dapat dipungkiri jika seandainya hal ini juga rentan sekali menyebabkan masalah pada mata.

Banyak mungkin yang sudah merasakannya, di mana mata menjadi mudah lelah karena bekerja didepan layar komputer. Semakin lama kondisi ini bisa jadi semakin parah bahkan memicu terjadinya gangguan penglihatan, seperti diantaranya adalah rabun sehingga membutuhkan kacamata.

Bagi kamu yang memang memiliki bidang pekerjaan semacam ini, yaitu berada terlalu lama bahkan bisa seharian duduk di depan layar komputer untuk mengutak-atik data maupun yang lainnya. tentu akan merasakan hal yang sama. Dimana kondisi mata mudah kelelahan. Jangan khawatir karena hal ini tetap bisa dicegah, sehingga tidak berdampak buruk.

Cara Mencegah Mata Lelah di Depan Komputer

Berikut ini diantaranya beberapa upaya pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Mengatur pencahayaan dalam ruangan

Ingat bahwa kondisi cahaya dalam ruangan yang tidak tepat memang kerap kali menyebabkan mata mudah mengalami masalah. Jika ruangan terlalu gelap akibatnya cahaya yang dipancarkan oleh komputer jadi terasa semakin terang. Akibatnya mata menjadi mudah lelah, kondisi semacam ini jika dibiarkan akan menyebabkan terjadinya rabun bukan. Untuk itu maka pastikan kamu menyeimbangkan antara cahaya di dalam ruangan dan juga yang terdapat pada pancaran komputer tersebut.

2. Sering – seringlah Berkedip

Berkedip pada dasarnya adalah cara termudah untuk mengistirahatkan mata. Hal ini juga sangat bagus untuk mencegah terjadinya mata kering, karena selalu dibasahi dengan air kembali. Untuk itulah ketika kamu banyak menatap layar komputer maka sering-sering untuk berkedip, sehingga mata tidak menjadi kering.

3. Melakukan Olahraga Mata

Jangan salah karena ternyata mata juga dapat berolahraga, yaitu dengan cara memalingkan pandangan kamu dari layar komputer. Sebaiknya kamu juga menatap sesuatu yang tampak segar, seperti tanaman hijau. Ini sangat bagus untuk membantu agar mata tidak mudah lelah.

4. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Jangan salah karena nutrisi untuk mata juga sangat penting guna membuatnya tetap sehat. Seperti diantaranya adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin A memang memiliki banyak manfaat untuk perlindungan pada lapisan yang ada di mata, sehingga tidak mudah rusak.

5. Gunakan Kacamata yang Tepat

Selanjutnya perlindungan bisa kamu lakukan dengan cara menggunakan kacamata, ketika sedang menatap layar komputer tentunya. Namun harus selektif juga dalam memilih kacamata yang digunakan tersebut.

Kriteria Kacamata yang Baik

Ada beberapa beberapa kriteria kacamata yang baik, di antaranya:

1. Dibekali dengan Lapisan Perlindungan untuk Radiasi

Carilah lensa yang sudah dilapisi dengan perlindungan terhadap radiasi maupun sinar UV, sehingga nantinya sinar-sinar tersebut tidak akan langsung masuk kedalam mata, melainkan sudah dihalau oleh lapisan lensa tersebut.

2. Utamakan Memilih Frame yang Ringan

Pemilihan bobot frame kacamata yang ringan ini sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena memang frame dengan bobot ringan nantinya akan mencegah mata menjadi berkedut sehingga terasa pusing.

Ada banyak kacamata khusus anti radiasi yang dijual di pasaran, diantaranya dari optik SATURDAYS. Brand kacamata lokal yang satu ini menawarkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Tak hanya kacamata anti radiasi saja, melainkan juga untuk rabun, mata tua sampai dengan sunglasses juga dijual. Mereka juga menyediakan layanan pemesanan secara Home Try-On, cocok bagi yang ada di luar Jakarta.

2 pemikiran pada “Cara Agar Mata Tak Mudah Lelah Meskipun Seharian Bekerja di Depan Komputer”

  1. karena mata aku minus dan sehari-harinya selalu berhadapan dengan komputer atau laptop, perlindungan mata dengan kacamata cukup membantu
    dan tetep memperhatikan asupan makanan juga, karena aku sendiri nggak begitu doyan wortel yang mana katanya wortel bagus buat kesehatan mata

    Balas
  2. Alhamdulilah terima kasih tipsnya
    Sangat bermanfaat:D
    btw, saya termasuk orang pengguna kacamata minus:(
    Terasa sekali dampaknya apalagi dimasa daring ini , dari pagi sudah natap laptop.Tapi untunglah di laptop dan hp ada mode malamnya yang membuat oencahayaan lebih redup ditambah lagi dengan menggunakan kacamata anti radiasi

    Balas

Tinggalkan komentar