Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Prima dan Awet

Tips Merawat Ban Mobil Agar Tetap Prima dan Awet
car tires, by Unsplash.com

Perawatan mobil harus dilakukan dengan telaten supaya performa tetap prima dan tidak mudah rusak. Salah satu komponen yang harus dirawat secara rutin adalah mengganti ban. Jangan sampai ban mobil Anda gundul karena berisiko kecelakaan, terutama saat Anda melewati jalanan yang licin. Anda harus mempelajari tips merawat ban mobil agar tetap prima dan nyaman.

Simak dan coba praktikan ulasan berikut agar Anda tidak lalai merawat ban. Mudahnya, Anda bisa menggunakan dan bekerja sama dengan https://otoklix.com. Maka kemudahan dalam penanganan mobil bisa Anda dapatkan.

Tips Merawat Ban Mobil dengan Mudah

Ban merupakan komponen terpenting pada kendaraan. Ban mobil selain untuk mengurangi getaran yang dikarenakan oleh ketidakteraturan jalanan dan melindungi roda dari keausan, ban bisa menyeimbangkan kendaraan saat berada diatas permukaan tanah yang bergelombang.

Berdasarkan fungsi tersebut sebaiknya Anda menjaga keawetan ban dengan mengikuti tips merawat ban mobil berikut.

Rutin Memeriksa Kondisi Ban

Setelah bepergian menggunakan mobil sebaiknya memeriksa kondisi ban mobil Anda. Saat mobil yang dikendarai tanpa sengaja masuk ke dalam jalanan yang berlumpur maka kotoran akan tertinggal. Jika tidak dibersihkan lama-kelamaan kotoran akan mengering. Kotoran tersebut akan mengganggu laju kendaraan Anda.

Menghindari Jalanan Rusak

Seringkali Anda tidak bisa memprediksi keadaan jalan yang akan dilalui. Mungkin Anda harus melewati jalan yang rusak dan sangat berisiko untuk ban. Tetapi sebaiknya Anda menghindari jalanan jika melewati rute yang sudah karena jalanan rusak bisa membuat badan lebih cepat gugur dan mudah pecah.

Rata-rata usia ban mobil yang sering melewati jalan rusak akan lebih pendek daripada mobil yang melewati jalan mulus.

Menjaga Kestabilan Tekanan

Tekanan ban mobil akan lebih stabil dengan isian berupa nitrogen karena mempunyai zat berwujud gas. Zat berwujud gas tersebut tidak mudah mengalami perubahan tekanan walaupun temperatur tidak stabil. Tips merawat ban mobil ini tidak boleh Anda lewatkan  begitu saja, ya.

Menukar Posisi Ban Secara Berkala

Pastikan Anda menukar posisi ban mobil secara berkala sesuai dengan keausan. Biasanya ban mobil pada bagian depan lebih cepat daripada ban mobil bagian belakang. Hal ini dikarenakan bagian depan yang digunakan untuk berbelok atau mengerem laju mobil. Waktu terbaik untuk melakukan penukaran posisi ban jika sudah melalui 5000 km.

Spooring dan Balancing

Tips merawat ban mobil selanjutnya, setiap kendaraan harus melakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi pelurusan ban. Mungkin hal ini lebih dikenal sebagai istilah spooring dan balancing. Ide idealnya perawatan tersebut dilakukan setiap 10000 KM bersamaan dengan rotasi ban.

Beberapa gejala yang biasanya dirasakan adalah setir mobil terasa bergetar atau sudah tidak lurus. Bahkan jika Anda berjalan lurus kemudian mobil cenderung ke kanan atau ke kiri. Hal ini bisa menjadi indikator untuk melakukan spooring dan balancing.

Spooring merupakan proses untuk meluruskan kembali kedudukan 4 roda mobil agar seperti semula. Sedangkan untuk balancing merupakan proses menyeimbangkan putaran roda. Jika perawatan tidak dilakukan imbasnya membuat tidak nyaman saat dikendarai, setir terasa bergetar dan yang lebih parah akan mengalami keausan yang tidak merata.

Memeriksa Permukaan Ban

Alur pada permukaan bahan mempunyai fungsi untuk memperbesar gaya gesek dengan jalanan saat berkendara. Jika alur sudah tidak jelas dan tekstur semakin menipis berarti Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Ban mobil yang sudah tipis dan licin mempunyai risiko menjaga keselamatan berkendara karena mempunyai daya cengkram yang menurun dan sulit beradaptasi pada tekstur jalan licin. Sebaiknya memilih ban mobil baru yang mempunyai alur besar dan bahannya tebal.

Perhatikan Barang Bawaan

Membawa barang yang banyak saat berpergian memang tidak dilarang tetapi sebaiknya Anda memperhatikan berat keseluruhan yang dibawa. Semakin berat maka kendaraan akan menanggung beban yang semakin berat juga. Maka dari itu barang yang tidak terlalu penting sebaiknya tidak di bawah.

Tips Merawat Ban Mobil Cadangan

Anda tidak akan tahu kapan membutuhkan ban cadangan jadi sebaiknya kondisi ban selalu diperhatikan. Walaupun fungsinya sebagai cadangan, harus tetap memastikan bahwa ban akan berfungsi baik saat digunakan. Maka dari itu rawat ban serep dengan memeriksa secara berkala baik tampilan ataupun tekanan udara.

Untuk ban cadangan yang diletakkan pada kolom mobil harus memperoleh perawatan ekstra. Alasannya ban serep pada kolong mobil bisa terkena cipratan lumpur atau kotoran apalagi jika tidak diberikan perlindungan.

Membantu Menjaga Bentuk Ban

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh jika tekanan ban stabil adalah bentuk bahan yang tidak mudah berubah. Ban akan tetap bulat sempurna meskipun Anda melewati jalanan yang tidak rata. kelebihan ini membuat kualitas ban menjadi lebih awet dan hanya perlu diganti jika digunakan dalam waktu lama.

Daya Cengkram Lebih Baik

Karakteristik gas nitrogen yang diambil akan mempengaruhi daya cengkram ban mobil. Sehingga daya cengkram yang baik bisa membuat kegiatan berkendara anda menjadi lebih aman dan nyaman. Anda bisa melakukan akselerasi secara maksimal saat melewati jalan rusak.

Sebaiknya Anda selalu memastikan ban mobil dan merawat secara rutin. Tips merawat ban mobil tersebut bisa menjadi acuan untuk Anda. Jika perlu bantuan, cari bengkel mobil terdekat dari lokasi saya yang siap siaga membantu Anda kapan saja. 

You May Also Like

Leave a Reply