Resep Sambal Goreng Kentang Sederhana, #GantiCaraMasak dengan Omela

Belakangan ini saya bersyukur karena sudah mulai sempat memasak. Sejak melahirkan anak kedua, saya sama sekali tidak punya waktu untuk mengolah makanan sendiri untuk keluarga. Meskipun bisa membeli makanan jadi, tapi memasak merupakan hobi saya.

Sebenarnya saat anak masih bayi bukan sama sekali tidak sempat masak. Namun, prioritas saya dan keluarga adalah ke pengasuhan dan pekerjaan. Masak menjadi nomor sekian dari kegiatan sehari-hari. Asalkan menyantap masakan empat sehat dan lima sempurna, harus selalu beli masakan dari  warung makan tidak masalah.

Nah, sekarang ketika anak sudah mulai bisa saya asuh sambil beraktivitas, bisa anteng jika ditinggal masak, saya pun kembali ke kegemaran lama. Memasak di dapur dan coba resep baru.

Ada satu masakan yang sangat saya dan adik perempuan saya sukai, tapi belum pernah mencoba resepnya. Padahal mengolahnya ternyata sangat simpel. Apa itu? Tentu saja, resep sambal goreng kentang Omela.

Resep Sambal Goreng Kentang dengan Omela

Yups, sambal goreng kentang adalah menu kesukaan saya dan adik perempuan saya. Kalau suami, katanya ikut aja. hehe… Asal masaknya enak, langsung sikat aja.

Olahan masakan satu ini memang punya cita rasa yang kaya dan enak. Padahal resepnya tergolong mudah ternyata. Yaps, saya baru tahu setelah searching di website Omela, membuatnya hampir sama saja dengan membuat oseng-osengan lain. Padahal rasanya uwenak tenan.

Biasanya sambal goreng kentang saya beli di pedagang nasi uduk, rumah makan nasi rames, penjual gudeg, hidangan saat hajatan, atau di momen hari raya idul fitri. Kalau di hajatan atau idul fitri, porsi olahan satu ini pasti saya banyakin. Hihi, malu-maluin ya. Soalnya memang saya suka banget.

Begitu juga ketika beli masakan jadi dari rumah makan. Pasti kalau ada sambal goreng kentang, saya beli. Kecuali kalau sudah terlalu sering, saya skip sesekali.

Nah, kali ini saya mencoba resepnya di rumah dengan mencontek dari website Omela. Ternyata olahan kentang yang gutih, manis, dan pedas ini hanya butuh bahan bumbu dapur sederhana saja, lho. Untuk bahan santan, kali ini kita ganti dengan krimer kental manis Omela. Rasanya benar-benar enak.

Apa Saja Bahannya?

Untuk bahan utamanya:

Bunda hanya butuh 2 buah kentang ukuran besar dan 3 sendok makan Omela krimer kental manis. Sebenarnya di resepnya ada petai juga, tapi saya tidak punya stoknya di dapur. Mau beli di pasar, tiap pagi hujan deras sekali. Ya sudah, next time saya coba pakai tambahan petai.

Bumbu halusnya :

Bawang merah 7 siung, bawang putih 3 siung, cabai besar 2 buah, cabai keriting 7 buah, cabai rawit 5 buah, ½ buah tomat.

Bumbu lainnya yg utuh:

Daun salam 2 lembar, daun jeruk 3 lembar, 1 batang serai, ½ ruas lengkuas, garam, kaldu dan lada secukupnya. Kalau daun salam, daun jeruk, dan bumbu lainnya masih bisa saya beli di warung sembako tetangga saya. Alhamdulillah ada.

Cara Memasak Sambal Kentang Goreng Omela

  1. Kupas kentang ukuran besar, potong dadu, lalu sisihkan bahan ini.
  2. Goreng kentang hingga matang, sisihkan.
  3. Blender atau ulek bumbu halus.
  4. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga tercium harum. Kemudian masukan 3 sendok makan Omela. Aduk rata.
  5. Masukan kentang yang tadi sudah digoreng. Aduk-aduk sampai terbumbui seluruhnya.
  6. Tuangkan kaldu, garam, dan lada secukupnya. Masak terus sampai bumbu melekat.
  7. Angkat dan sajikan sambal goreng kentang Omela. Yummy…

Yuk #GantiCaraMasak dengan Omela

Resep Sambal Goreng Kentang Sederhana, #GantiCaraMasak dengan Omela

Kalau yang saya rasakan, Omela krimer kental manis ini adalah pengganti santan. Ternyata dengan Omela, bisa memberikan rasa gurih dan lezat, dapat digunakan untuk penambah kenikmatan berbagai minuman, penganan dan masakan.

Dengan Omela, masakan dan minuman jadi luar biasa, aroma menggugah selera, tekstur menggiurkan mata, dan rasa nikmat istimewa. Ayo coba Omela, dapatkan pujian berlimpah!

Tips menyimpan makanan yang sudah matang seperti sambal goreng kentang dari situs Haibunda.com, bisa dengan memasukkannya ke dalam kulkas dengan suhu di bawah 4 derajat celcius. Lalu saat akan mengonsumsinya, bisa dipanaskan kembali minimal 60 derajat celcius.

Ini penting sih karena masakan satu ini biasanya dibuat dalam jumlah cukup banyak. Terutama saat hari raya atau acara hajatan pernikahan atau khitanan.

Selain untuk memasak sambal goreng kentang, Omela juga ternyata bisa digunakan untuk bahan membuat masakan lainnya seperti opor, rendang, hingga minuman dan cemilan. Bunda bisa tengok di website omela.com ya.

Tidak hanya untuk masakan dan minuman di rumah, resep Omela juga bisa digunakan untuk bisnis kuliner seperti rumah makan, kedai kopi, dan cafe. Usaha makanan lebih laris jika masakannya lebih nikmat.

You May Also Like

23 Comments

  1. tehokti Oktober 6, 2022 at 7:09 am

    Nah lebaran besok gak harus keliling cari cari santan lagi nih kalau mau masak masak. Pakai Omela juga bisa kok ya. Hasilnya bikin penasaran nih jadi pengen banget mencoba

  2. Gusti yeni Oktober 6, 2022 at 9:48 pm

    Waaaw mantep ni kayaknya sambel goreng kentang pake omela kreamer kental manis. Jadii pengen icip icipp bunn 🥰

    1. Nengsi Oktober 16, 2022 at 9:57 am

      Wah baru tau ternyata krimer kental manis omela bisa digunakan sebagai santan juga ya. Pasti rasanya lebih mantap ya kak.. Maknyuss

  3. ww.anti Oktober 7, 2022 at 12:12 pm

    Waaah keren nih, masak kentang pakai Omela berarti sudah ada rasa gurih manisnya yaa ak p usinglagi nambah banyak bumbu penyedap di dalamnya

  4. Icha Marina Elliza Oktober 8, 2022 at 4:44 am

    Sambel goreng kentangnya jadi lebih sehat ya kak tanpa santan. Saya pernah juga nih bikin masakan gak pake santan tapi pake omela. Rasanya juga lebih gurih dan bikin nagih.

  5. Akarui Cha Oktober 11, 2022 at 7:24 am

    Ternyata si krimer Omela ini bisa juga dijadikan pengganti santan karena rasanya yang gurih ya. Jadi pengen nyobain.

  6. Farida Pane Oktober 14, 2022 at 10:47 am

    Mantap, deh. Kalau pakai omela pasti lebih nendang nih rasa sambal gorengnya

  7. Putu Felisia Oktober 14, 2022 at 12:36 pm

    Pakai omela sebagai pengganti santan ini apa nggak jadi terlalu manis, ya, Mbak? Biasanya krimer/kental manis itu manisnya nendang.

  8. Hani Oktober 15, 2022 at 11:36 pm

    Baru tahu nih ada krimer Omela sebagai pengganti santan. Jadi gurih gitu kayaknya yah…
    Coba ah resep Sambal Gorengnya…pakai cabai keriting, wow…sedap

  9. Irra Oktober 16, 2022 at 11:28 am

    Baru kali ini lihat sambal goreng dipakein kental manis. jadi penasaran deh sama rasanya kayak gimana. Makin enak kayaknya..

  10. Eri Udiyawati Oktober 16, 2022 at 2:07 pm

    Omela bisa buat olahan makanan ya? Bukan hanya buat es campur dan sejenisnya. Wah, perlu banget nih dicoba. Biar kreasi makanan kian berwarna dan enak.

  11. Dian Oktober 16, 2022 at 6:04 pm

    Wah baru nih
    Sambal goreng kentang pakai omela jadi makin enak ya
    Makin gurih pastinya

  12. Gusti yeni Oktober 16, 2022 at 6:41 pm

    Resep sambel goreng kentang dengan omela ini kentangnya bisa ditambah ati tambah endeusss pastinya..

  13. Fenni Bungsu Oktober 16, 2022 at 7:18 pm

    Asik dapat resep cakep bikin sambal goreng kentang.
    Soalnya ini hidangan yang kerap kali ada pas lebaran hehe.
    Dengan resep yang unik ini bisa nih jadi andalan yang menambah momen hari raya makin cakep

  14. tehokti Oktober 16, 2022 at 8:10 pm

    Masak pakai krimer Omela sebagai pengganti santan ini memang belum pernah say coba. Tapi pastinya lebih enak dan lebih sehat ya

  15. Erin Friyana Oktober 16, 2022 at 8:40 pm

    Bener banget mba habis melahirkan itu ngurus anak saja kadang repot, ya. Apalagi ini anak kedua, yang pertama juga perlu perhatian. Jadi, boro-boro mau masak sendiri ya, kalau tidak ada yang bantu bakalan repot banget pastinya.
    Sekarang, sudah agak santai bisa masak sendiri lagi.
    Btw, baru tahu kalau Omera Krimer bisa buat bahan bikin sambel goreng kentang. Next, coba ah penasaran sama rasanya.

  16. Laily M octavia Oktober 16, 2022 at 9:46 pm

    Masak makanan gurih nggak jadi takut kolesterol naik ya bun. Kalau santannya bisa diganti dengan susu kental manis

  17. Naqiibatin Nadliriyah Oktober 16, 2022 at 10:14 pm

    mbaaak, malem-malem baca resep sambil bayangin buat bikin laper :3. Baru tahu omela bisa dijadikan tambahan bumbu sambal goreng kentang. Duh, kan, ngiler lagi:D

  18. Monica Anggen Oktober 16, 2022 at 10:25 pm

    Wah ada resep sambal goreng kentang. Bikinnya juga sepertinya mudah tinggal pakai Omela Creamer ya. Makasi resepnya, besok mau coba bikin sambal goreng kentang sendiri ah

  19. Gemaulani Oktober 16, 2022 at 10:49 pm

    Menarik banget ini sambal goreng kentang dimasaknya ditambahkan krimer kental manis Omela. Jadi penasaran mau coba bikin juga nih mba. Auto laper malem-malem liat sambal goreng kentang akutu

  20. KakaKiky Oktober 17, 2022 at 6:02 pm

    Saya sempat heran, kirain di sambel gorengnya dicampurin susu kental manis, ternyata Omela itu krimer kental manis pengganti santan ya bun hihihihi :’D

  21. Nurhilmiyah Oktober 23, 2022 at 8:43 am

    Duh, bacanya kebetulan belom sarapan nih Mba,, auto pingin ambil nasi hangat deh nih trus sendokin sambal goreng kentang Omela nya hihi

  22. Bocah Udik November 14, 2022 at 2:48 pm

    Wah aku baru tau resep update ini. Perlu dicoba kayaknya. Aku jamin rasanya gurih karena ada Omela. Jadi penasaran deh

Leave a Reply