Mobil Sering Mengalami Overheat? Jangan Biarkan, Cek Penyebabnya Ini

Penyebab Mesin Mobil Sering Overheat
Suzuki Ertiga showed in 34th Bangkok International Motor Show on March, 2013 in Nonthaburi, Thailand.

Sering membiarkan mobil mengalami overheat, hati-hati karena kap mesin bisa saja mengeluarkan asap. Anda harus siap dengan resiko penggantian komponen yang terbakar dengan harga mahal.

Solusi seperti langsung membuka tutup radiator juga berbahaya dilakukan, karena air panas bisa melukai Anda. Silinder head retak atau bengkok dan turun mesin adalah hal yang paling harus dihindari dalam masalah overheat. Apa saja yang menyebabkan masalah ini muncul, cari tahu di sini.

Penyebab Mesin Mobil Sering Overheat Wajib Diperhatikan

Sebelum mesin mengalami overheat, Anda sebenarnya bisa memperhatikan gejalanya. Mulai dari indikator temperatur yang menyala, mesin tidak bertenaga dan muncul efek ngelitik adalah ciri utamanya.

Apabila Anda tidak peka dengan ciri-ciri ini maka Anda harus siap dengan kerusakan lebih lanjut karena overheat. Kenaikan suhu ini tidak selalu ketika mobil dikendarai dalam waktu lama namun bisa juga baru sebentar.

Lalu apa saja yang menyebabkan suhu mesin meningkat tidak terkendali? Cek penyebabnya berikut ini:

1. Kurangnya Kapasitas Air Radiator

Masalah umum yang kerap kali terjadi adalah air radiator atau water coolant mengalami kekurangan jumlah. Bahan ini berfungsi untuk menyerap panas dari sistem pendingin mobil. Jumlahnya dapat berkurang karena penguapan atau terjadi kebocoran.

Untuk bisa mengecek kapasitas air radiator pertama Anda harus membiarkan mesin mobil dingin dengan mematikannya. Setelah menunggu beberapa saat, lanjutkan dengan mengecek tanda ketinggian air radiator, jika di bawah standar maka Anda harus mengisinya.

2. Rusaknya Kipas Radiator

Kipas radiator berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara dari motor fan berjalan dengan lancar. Aliran udara yang masuk ini akan mendinginkan coolant yang baru saja menyerap panas pada suhu mesin.

Apabila kipas mengalami kerusakan maka sirkulasi udara terganggu dan pendinginan air radiator ini bisa melemah. Penyerapan panas pada mesin pun berkurang sehingga overheat tidak bisa dihindari.

3. Kebocoran pada Sistem Radiator

Kerusakan pada sistem pendingin atau radiator ini kerap kali terjadi dan menyerang beberapa bagian. Mengingat bahan untuk sistem ini sebagian besar adalah logam maka kotoran yang jadi sumber karat pun bisa mengikis material besi.

Kebocoran pun tidak bisa dihindari, biasanya akan terjadi jika Anda jarang melakukan pengecekan kualitas mesin. Cairan yang jumlahnya berkurang membuat penyerapan suhu mesin tidak bekerja sempurna.

4. Macetnya Thermostat

Demi suhu tidak terlalu panas atau dingin, digunakan komponen thermostat yang jadi sensor jumlah air radiator mengalir. Thermostat yang macet atau tidak bekerja akan membuat aliran air radiator tidak lancar.

Air radiator bisa saja terlalu banyak atau sedikit dan tidak sesuai dengan kebutuhan dari penyerapan suhu pada mesin. Overheat pun akan langsung terjadi.

5. Rusaknya Tutup Radiator

Pada bagian tempat pengisian air radiator terdapat tutup yang harus terpasang dengan pas. Tanpa tutup ini, air radiator bisa keluar dari tempatnya akibat tekanan tinggi dari suhu mesin yang tinggi.

Kerusakan sering terjadi jika Anda menggunakan produk aftermarket yang murah atau tidak sesuai dengan standar. Mungkin saja penyebabnya ukuran tutup tidak sesuai atau tutup sudah keras dan tidak bisa menahan tekanan udara.

6. Klem pada Saluran Radiator Mengeras

Semua selang yang menjadi tempat mengalirnya air radiator disambung menggunakan klem. Akibat suhu panas dan dingin yang berubah-ubah, kondisi klem ini bisa saja berubah sehingga mengeras.

Klem yang sudah mengeras ini bisa menjadi sumber kebocoran radiator. Apabila klem ini rusak maka Anda hanya bisa menggantinya dengan yang baru.

7. Rusaknya Pompa Air

Supaya air radiator dapat mengalir sesuai kebutuhan, tersedia komponen pompa air. Sama seperti thermostat, ketika pompa air ini rusak maka aliran air radiator akan terganggu. Penyerapan suhu panas dari mesin pun tidak terjadi dengan maksimal.

Itulah 7 penyebab mesin mobil sering overheat. Segala macam kerusakan pada sistem pendingin mobil ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus segera membawa mobil ke bengkel resmi Suzuki untuk perbaikan. Berikut ini bengkel terdekat yang bisa dikunjungi.

Suzuki Dealer Sun Motor Jakarta – https://suzukisunmotor.com

Suzuki Dealer Citra Buana Asri – https://suzukidealercab.co.id

Suzuki Dealer Trimitra Sejahtera Mobilindo – https://suzukitrimitra.co.id

You May Also Like

Leave a Reply