4 Keuntungan Membeli Mobil Bekas yang Jarang Diketahui

keuntungan membeli mobil bekas

Apakah kamu termasuk orang yang belum begitu mengetahui keuntungan membeli mobil bekas dibanding membeli mobil baru? Ternyata ini bisa jadi pertimbangan saat berencana membeli kendaraan roda empat.

Kebutuhan Mobil untuk Keluarga Kecil

Sekarang ini kebutuhan akan kendaraan roda empat bisa sangat mendesak, terutama bagi keluarga yang mulai memiliki momongan. Bepergian perlu tempat yang nyaman dan lapang bagi semua anggota keluarga, khususnya anak-anak.

Mengendarai mobil bisa terlindungi dari panas terik dan hujan selama dalam perjalanan, baik jarak jauh maupun dekat. Apalagi jika memiliki keluarga besar yang berbeda kota, beda kabupaten, bahkan hingga provinsi. Memiliki mobil akan lebih memudahkan silaturahmi. Jadi lebih sering berkunjung ke rumah nenek atau ayah ibu di luar kota pastinya akan lebih membahagiakan.

Kamu yang tinggal di kota besar seperti ibu kota, saat ini mudah menemukan mobil bekas Jakarta yang bagus dan terpercaya. Tinggal di kota lainnya dan jauh dari keluarga juga bisa memilih membeli kendaraan seken supaya keinginan berkumpul bersama keluarga lebih mudah.

Namun, kendala budget biasanya menghalangi orang untuk membeli mobil. Kebutuhan lain yang lebih mendesak biasanya mengalahkan keperluan untuk membeli mobil. Akhirnya, punya mobil impian pun kembali ditunda lagi.

Padahal, ada beberapa poin penting yang jarang orang tahu bahwa membeli mobil bekas ada banyak keuntungannya.

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Apa Saja?

1. Harga Lebih Hemat Tapi Kualitas Bagus

Alasan paling utama orang tidak mudah memiliki mobil adalah karena masalah harga. Mobil bekas lebih murah karena adanya penyusutan harga yang signifikan dari nilai beli saat masih baru.

Selain itu, tidak semua orang menjual mobilnya karena memang sudah usang, sudah rusak, ataupun alasan kondisi mobil yang turun. Banyak orang menjual mobil bekas karena memang bosan dan ingin memiliki model terbaru. Bagi mereka yang punya kelebihan budget, itu adalah hal yang lumrah.

Tampilan dari luar pun bisa masih bagus dan kinclong seperti baru. Asalkan, kamu selektif dan melakukan pengecekan performanya terlebih dahulu sebelum membeli. Pastikan membeli di tempat yang terpercaya seperti di situs jual mobil bekas Jakarta.

2. Bisa Langsung Pakai

Berbeda dengan mobil baru yang harus menunggu lama, mobil bekas justru bisa langsung kamu pakai di jalanan. Kamu bisa langsung mengendarainya karena surat-suratnya sudah lengkap sejak awal. Hanya perlu mengurus balik nama untuk pembayaran pajak nantinya.

Sedangkan mobil baru harus menunggu selama beberapa minggu bahkan hitungan bulan karena ada pembuatan berkas dan surat penting. Harus ada kesabaran ekstra tentunya. Terutama jika kamu memang memiliki keinginan segera menggunakan kendaraan tersebut.

3. Biaya Kreditnya Lebih Ringan

Sekarang banyak bank melayani kredit mobil bekas. Kamu bisa mendapatkan mobil idaman dengan lebih hemat lewat pinjaman di bank.

Kelebihannya, bunga lebih rendah dan tentunya cicilan per bulan yang lebih ringan. Jangka waktu cicilan biasanya dimulai dari satu tahun. Biaya down payment (DP) atau uang muka bagi kredit mobil bekas juga tergolong lebih ringan.

Ini bisa memudahkan kamu yang sangat memerlukan kendaraan roda empat tapi dananya belum terkumpul. Memakai jasa kredit mobil bekas di perbankan bisa jadi pilihan bijak dalam keuangan kamu.

4. Biaya Bulanan Hemat

Biaya apa saja yang perlu dikeluarkan untuk kendaraan roda empat? Biasanya mobil memiliki asuransi, dan mobil keluaran terbaru memiliki permi asuransi yang lebih mahal. Bahan bakar yang dibeli juga harus non subsidi. Pajaknya juga lebih mahal tentunya, apalagi jika itu adalah mobil mewah.

Sebaliknya biaya bulanan mobil bekas jauh lebih ringan dan tidak memberatkan. Ini tentunya menguntungkan pula dari segi ekonominya.

Tips Membeli Mobil Bekas

Meskipun memiliki sejumlah keuntungan, membeli mobil bekas perlu lebih hati-hati. Mengapa? Kondisi mobil harus kita perhatikan terlebih dahulu. Khawatirnya, yang tadinya ingin hemat justru malah memerlukan budget lebih besar karena ada perbaikan-perbaikan di kemudian hari.

Meskipun punya budget terbatas, bahkan mungkin masih kurang, kamu bisa kok mendapatkan mobil yang bagus. Asalkan perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Utamakan Manfaat dan Sesuaikan dengan Budget

Pilihan mobil bekas memang banyak dan beragam. Mulai dari yang memiliki performa biasa hingga yang mewah. Namun, jika punya budget pas-pasan, utamakan mobil yang memang menunjang kebutuhan saja.

Mobil tertentu dengan desain menarik, elegan, gesit, dan kelebihan lainnya pasti sangat menggoda. Namun, jika harganya mahal dan belum terjangkau, tanyakan kembali kepada diri sendiri. Apakah semua fitur itu memang kamu butuhkan saat ini?

Jika tidak, maka memilih mobil bekas yang menunjang mobilitas kamu lebih utama. Pastikan kondisi yang baik dan harga terjangkau. Jangan lupa, memastikan ketersediaan suku cadang dan bengkel resminya.

2. Memiliki Dokumen Lengkap

Pastikan mobil bekas yang kamu pilih punya surat-surat lengkap. Jika mobil tersebut tidak memiliki BPKB dan STNK akan beresiko sekali. Apalagi membuat surat-surat tersebut secara mendadak juga butuh biaya dan waktu pula.

Mobil yang tidak punya surat resmi juga mengindikasikan mobil punya masalah kredit dan pajak. Bisa saja pajaknya sudah mati atau hasil curian. Ini juga beresiko besar karena bisa terjerat hukum.

3. Sisihkan Dana dari Total Pembelian

Tips membeli mobil bekas lainnya adalah menyisihkan sebagian dana yang kamu punya. Jika kamu punya budget sebesar 150 juta, maka jangan membeli mobil seharga itu. Beli mobil bekas yang lebih rendah harganya.

Tujuannya adalah untuk antisipasi pengeluaran suku cadang dan komponen yang diuperlukan setelah pembelian. Biasanya ada beberapa komponen yang mungkin perlu diperbaiki atau ditambah agar sesuai keinginan.

Dari total 150 juta, harga mobil yang kamu pilih sebaiknya tidak lebih dari 120 juta. Sisa budget ini cukup longgar untuk kebutuhan lain yang tidak terduga pasca pembelian.

4. Lebih Baik Beli Cash

Meskipun ada pilihan mencicil mobil bekas di perbankan, tapi membeli secara cash lebih bijak. Mengapa demikian? Ini karena pengeluaran setiap bulan ke depan akan membengkak. Pasti kamu ingin finansial lebih sehat dan tetap aman tapi punya mobil yang bagus, ya.

Selain cicilan bulanan, pastinya nanti akan ada pergantian suku cadang yang mengganggu keuangan bulanan. Apalagi jika alasan membeli mobil bekas karena sebab kondisi keuangan terbatas. Mencicil tentu bukan pilihan yang disarankan.

Cara mengukur kemampuan kita dalam membeli mobil menurut Otosia.com, adalah memastikan beberapa hal ini. Pertama, dana darurat tidak terpakai karena membeli mobil. Dana darurat ini mencakup simpanan tunai untuk kondisi darurat seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang tak terduga dan dakit berat atau kecelakaan.

Kedua, pilih mobil yang di bawah satu tahun pemakaian untuk menghindari perbaikan yang lebih banyak. Resiko penrgantian suku cadang di kemudian hari juga bisa dikendalikan jika kondisi mobil masih prima.

Ketiga, jika memang terpaksa menggunakan kredit, maka pastikan angsuran tidak lebih dari 35 persen dari total penghasilan per bulan. Total tertunggak juga tidak melebihi 50 persen uang masuk bulanan.

Itulah beberapa keuntungan membeli mobil bekas dan tips membeli mobil bekas agar tidak salah pilih. Kamu bisa memiliki kendaraan yang mendukung kebutuhan dan mobilitas kamu. Jangan lupa selalu jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Stay health.

You May Also Like

Leave a Reply