Kelebihan Domain ID untuk SEO dan Kredibilitas Website

Kelebihan domain id apa saja nih? Saat ini domain dengan dua huruf ini memiliki kaunggulan yang lumayan tinggi karena berbagai alasan.

Belakangan ini anggapan bahwa domain .id tidak menjual ataupun tidak mampu bersaing dalam kancah global sudah mulai pudar. Orang mulai banyak mengetahui sejumlah kelebihannya, baik dalam hal Search Engine Optimization (SEO) ataupun dalam branding sebuah website di mata pengguna. Teman-teman boleh cermati bagaimana penjelasan SEO yang lengkap.

Kelebihan Domain ID yang Layak Menjadi Pertimbangan

Domain .id adalah jenis ccTLD atau Country Code Top Level Domain yang khusus bagi website yang berlokasi di Indonesia. Meskipun gaungnya baru ramai belakangan ini, namun sebenarnya domain jenis ccTLD sudah dipakai sejak tahun 1985 di berbagai negara seperti Inggris, Amerika, dan Israel.

Sedangkan di Indonesia mulai digandrungi sejak tahun 2007, yaitu ketika Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) mulai menaungi segala hal berkaitan dengan domain .id. Kini, PANDI menyampaikan bahwa sudah ada sekitar 318.090 pengguna website memakai domain yang punya identitas Indonesia ini.

Kemudian, pada bulan Mei 2007, segala hal yang berkaitan dengan nama domain ID akan diatur oleh PANDI yang sebelumnya diawasi oleh Kominfo. Bahkan, PANDI mengungkapkan kalau minat pengguna domain beridentitas Indonesia ini sudah semakin meningkat. Lalu apa saja kelebihan domain id yang harus kamu ketahui?

1. Punya Kredibilitas Tinggi

Salah satu alasan mengapa website dengan domain .id lebih terpercaya karena saat pendaftarannya menggunakan berbagai dokumen kepemilikan ataupun surat resmi. Misalnya KTP atau data khusus lainnya.

Itu akan membuat pengelola website lebih hati-hati lagi dalam menyajikan kontennya. Dengan begitu, website terjaga dari hoax, informasi yang negatif, dan segala hal yang melanggar undang-undang.

2. Peluang Mendapatkan Ranking yang Tinggi di Mesin Pencarian

Salah satu kelebihan domain id yang juga penting bagi pengelola sebuah website adalah kesempatan lebih “disayang” mesin pencarian seperti Google, Bing, dan sebagainya. Alasannya karena search engine memandang bahwa konten websitenya punya relevansi yang bagus dengan area tertentu.

Ini akan lebih strategis jika target audiens website adalah orang Indonesia. Umumnya jika situs yang kita buat adalah berbahasa Indonesia, pasti cenderung menarget pengguna dalam negeri juga.

3. Kecepatan Akses Lebih Baik

Selain kredibilitas yang lebih baik dan peluang dapat ranking yang lebih tinggi, kecepatan akses website juga berpeluang lebih tinggi karena Domain Name Server (DNS) dari Indonesia.

Pengunjung akan lebih nyaman saat mengakses web atau blog kamu. Ini juga menjadi salah satu tolok ukur performa web di mesin pencarian. Peluang lebih besar untuk mendapat rangking lebih tinggi di Google tentunya.

4. Masih Tersedia Banyak Pilihan Nama Domain

Ketika domain .com yang kita cari menggunakan nama domain ternetntu, mungkin kuotanya cukup sulit didapatkan karena sudah banyak yang memakainya. Nah, dengan mengenali kelebihan domain id ini, kamu bisa pakai alamat website yang berdomain .id saja.

Peluang mendapatkan alamat website idaman lebih besar. Terutama untuk memiliki alamat website yang potensial untuk bisnis, lebih keren, atau kebutuhan SEO.

5. Memberikan Kenyamanan dan Keamanan

Dengan memakai domain ccTLD ini, bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna. Pendaftaran .id yang memakai legalitas seperti identitas dan formalitas lainnya sudah memberikan jaminan bahwa apa yang disajikan di website lebih terjaga.

Selain itu, semua domain .id pastinya sudah terdaftar oleh PANDI sehingga jika ada tindakan melanggar hukum, akan segera ditindak dengan cara diblokir.

Jenis Ekstensi Domain ID Ada Banyak, Apa Saja?

Jenis domain ID sebenarnya cukup beragam. Tidak hanya yang dua huruf saja yaitu .id, tapi ada juga domain seperti ac.id, go.id, or.id, sch.id, co.id, dan lain-lain. Semua jenis ekstensi domain ini sama-sama punya keunggulan di atas.

Namun sebelum itu, kamu juga perlu tahu apa saja kegunaannya bagi sebuah website. Kelebihan domain id bisa kamu miliki dengan mendaftarkan salah satunya.

Domain ac.id

Penggunaan ac.id di Indonesia ini khusus untuk website milik perguruan tinggi. Untuk mendaftarkannya biasanya harus ada surat terkait legalitas kampus dan keterangan rektor. Selain kampus, lembaga Pendidikan lainnya juga bisa asalkan dapat memberikan surat terkait.

Domain sch.id

Mungkin domain ccTLD ini cukup jarang kamu dengar. Namun, sebenarnya memiliki kelebihan yang sama seperti yang lainnya. SCH sendiri adalah singkatan dari school karena digunakan untuk website Pendidikan formal mulai dari TK hingga SMA.

Domain or.id

Sama halnya dengan website yang perlu dokumen resmi, domain or.id juga perlu mendaftar dengan berkas tertentu seperti surat internal organisasi dan KTP. Nah, ekstensi domain ini diperuntukkan bagi organisasi, yayasan, atau komunitas.

Domain.co.id

Sepertinya domain satu ini paling populer karena banyak digunakan oleh berbagai bidang usaha yang legal secara hukum. Berkas yang diminta untuk mendaftarkan domain co.id terdiri dari surat izin perdagangan, kepemilikan sebuah brand, dan sebagainya.

Domain net.id

Masih untuk sebuah perusahaan, tapi bedanya net.id khusus untuk bisnis ranah telekomunikasi. Jika ingin memiliki website dengan domain net.id kamu perlu mengisi dokumen pendukung seperti Surat Izin Usaha Telekomunikasi dan juga KTP.

Domain biz.id

Berbeda dengan biz.id, bisa digunakan untuk website dari bisnis skala lebih kecil. Misalnya seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang ingin mendapatkan kelebihan domain id bisa mendaftarkan websitenya dengan menggunakan domain ini.

Domain go.id

Selanjutnya ada domain go.id yang diperuntukkan bagi website instansi lembaga maupun pemerintah sipil. Jadi, domain ini tidak dapat dipakai oleh pengguna umum karena saat mendaftar perlu langsung ke Kominfo.

Domain desa.id

Ekstensi domain ini seperti namanya adalah untuk website desa-desa di Indonesia. Keberadaan website juga bisa mendukung kemajuan berbagai daerah. Bagi yang ingin mendaftarkan situs desa, perlu daftar langsung ke website domain go.id sebagaimana diatur oleh Kominfo.

Domain my.id

Berbeda dengan yang sebelumnya, domain my.id bisa digunakan oleh kebutuhan pribadi seperti blog atau website yang lebih personal. Cocok untuk yang ingin memiliki website pribadi dengan harga sewa terjangkau.

Domain web.id

Tidak hanya untuk personal, domain web.id juga bisa digunakan untuk segala jenis website. Termasuk untuk sebuah institusi. Untuk bisa mendaftarkan domain ini sangat mudah, cukup dengan melampirkan KTP saja.

Kamu bisa beli domain .id di DomaiNesia karena merupakan registrar resmi, telah terakreditasi oleh PANDI. Tim supportnya juga handal di bidangnya dan aktif 24/7 sehingga kamu bisa dapatkan solusi terbaik setiap saat. Jika daftar domain ID di DomaiNesia, prosesnya cepat dan kurang dari 5 menit saja. Asalkan kamu sudah siapkan semua berkas yang diperlukan.

Jangan khawatir karena memiliki domain ID juga aman bagi pemiliknya. Data pemilik tidak akan tampil di Whois serta ada fitur DNSSEC sehingga data penting tidak akan diketahui pihak yang tidak kamu inginkan.

Ternyata banyak sekali ya pilihan ekstensi domain ID ini. Kamu bisa mendaftarkan jenis domain yang sesuai dengan kebutuhan supaya brand, institusi, usaha, hingga blog kamu memperoleh segala kelebihan domain id yang kita sebutkan di atas. Jangan lupa, belinya di DomaiNesia yang layanannya maksimal dan aman tentunya.  

You May Also Like

4 Comments

  1. Mayuf Juli 26, 2022 at 8:29 am

    Para pengguna domain .id seperti saya lihat ada yang ngalem pasti full senyum hehe makasih mbak udah ngebahas kelebihan domain .id hehehe

  2. Dewangga Agustus 10, 2022 at 3:30 am

    Saya baru coba domain my.id, biasanya pakai yang .com
    Btw, untuk domain my.id apakah lebih mudah dan cepat untuk di index oleh Google?
    Terima kasih

    1. Iim Rohimah Agustus 10, 2022 at 8:40 am

      Beberapa teman saya domain my.id sama-sama bagus kok untuk SEO.

      1. Dewangga Agustus 10, 2022 at 11:32 pm

        Ohh, soalnya saya baru mau coba untuk blog personal.
        Mungkin, ekstensi domain memang tidak berpengaruh untuk SEO ya kak?

Leave a Reply