4 Games Favorit yang Bikin Nostalgia, Tapi Cocok untuk Semua Usia

Saya kangen main games favorit saya waktu SMA dan kuliah dulu. Biasanya game yang sering saya mainkan di komputer  atau laptop adalah Zuma, Magic Ball, Varmints, Puzzle, dan lain-lain. Hayo, yang satu generasi dengan saya pasti tahu dong.

Sekarang, terutama sejak menikah, intensitas main game mulai berkurang. Kesibukan mengurus rumah tangga dan pekerjaan membuat waktu istirahat dan leyeh-leyeh jadi berkurang.

Meski demikian, sesekali saya menginstall satu atau dua permainan di smartphone. Lalu, saya uninstall lagi karena tidak digunakan dalam waktu lama. Padahal, permainan itu sangat menghibur.  

Nah, saya menemukan situs Plays.org yang ternyata punya banyak sekali game seru dan tidak harus repot kita install. Mainnya juga bisa di komputer atau di smartphone.

Permainan yang ringan dan sesekali bisa merefresh pikiran ketika sedang bekerja atau istirahat. Ambil handphone kesayangan, lalu browsing langsung ke situsnya.

Inilah 4 Games Favorit Saya, Seru dan Ringan

Ternyata, situs Plays.org ini punya banyak sekali koleksi games. Ketika saya temukan permainan yang bikin nostalgia, gercep saya mainkan. Asik banget. Bahkan, anak saya ikut kepo dan mencobanya dengan antusias.

1. Defend The Sewers

games favorit defend the sewers yang mirip Zuma
Game Defend the Sewers

Kalau lihat namanya, saya cukup asing sih. Namun, pas dibuka ternyata permainannya begitu familiar. Yups, ini mirip sekali dengan games favorit saya dulu. Permainan katak muntah bola, Zuma.

Bedanya, dalam Defend the Sewers, bola warna warni ditembakkan oleh tokoh kartun manusia. Perpindahan level, posisi penembak dan denah permainan juga berganti.

Bagi kamu yang mungkin belum tahu, permainan ini menantang kita untuk menghabiskan bola warna-warni yang bergerak maju di jalur khusus dan menuju lubang. Supaya bola berkurang, kita harus menembak bola yang bergerak dengan bola yang warnanya sama. Minimal tiga warna yang sama harus berderet supaya bisa hilang dan berkurang.

Jika tidak, maka bola akan semakin banyak dan akhirnya mencapai lubang. Game over, deh. Duh, ngeri. Haha.

2. Pac Rat

games favorit Pac Rat
Game Pac Rat

Nah, kalau ini sih sebenarnya bukan salah satu mainan nostalgia saya. Namun, karena saya sering melihatnya dalam cuplikan film-flm, saya pun tertarik bermain Pac Rat.

Jadi, dalam sebuah kotak seperti labirin ada satu ekor tikus dan tiga kucing, serta potongan-potongan makanan untuk si tikus. Tugas kita (sebagai tikus) adalah menghabiskan semua makanan dalam arena dan menghindari tiga ekor kucing.

Oh ya, tiga kucing itu berpencar, lho. Jadi, harus ekstra waspada supaya tidak termakan oleh kucing. Berkali-kali saya termakan. Tapi rasanya lucu dan menggelikan gitu. Seru.

3. Neon Invanders

game neon invanders
Game Neon Invanders

Game satu ini juga merupakan salah satu jenis permainan yang bikin nostalgia. Dulu, games PC yang berisi perang pesawat luar angkasa itu apa ya namanya? Masalah saya lupa, hehe.

Namun, karena model dan cara mainnya sama, rasanya sangat familiar dan menyenangkan untuk hiburan. Sekali penat bekerja, mainkan ini, pasti semangat balik lagi.

Permainan ini mengharuskan kita menembak pesawat musuh di ruang angkasa lepas dan menghidari tembakan mereka. Sekali tertembak, pesawat kita hancur. Ouch.

Biasanya, jika berhasil sampai finish, akan terbuka level selanjutnya hingga level tinggi yang mendatangkan pesawat monster besar. Makin ngeri tantangannya. Tertarik coba? Seru deh.

4. Tetra Blocks

game Tetra Blocks
Game Tetra Blocks

Kalau yang ini, permaian puzzle yang tidak asing buat saya. Benar-benar mengasah kemampuan membuat strategi.

Games ini menantang kita supaya bisa menghancurkan tiap baris dan berusaha supaya pecahan blok tidak sampai penuh. Caranya, harus membuat baris penuh dengan blok agar barisan tereliminasi.

Untuk memainkannya, gunakan keyboard panah kiri dan kanan untuk menggeser blok yang datang dari atas. Panah atas untuk mengubah posisi blok supaya sesuai dan pas ketika sampai ke bawah. Keyboard panah bawah berfungsi menurunkan blok lebih cepat.

Gimana, menantang sekali, kan? Coba sendiri, ya.

Keunggulan Bermain Games di Plays.org

Alasan kenapa saya suka main game di Plays.org pastinya banyak. Makanya betah dan sering saya mainkan di tengah bekerja atau sedang istirahat. Bukan hanya saya, anak saya dan suami juga senang memainkannya.

– Game yang Ringan

Alasan pertama, game di situs Plays.org ini ringan. Tidak terlalu sulit dimainkan dan juga ringan untuk gadget. Tidak menyita memori hape. Begitu juga bermain di komputer atau laptop, cukup browsing ke situsnya langsung.

– Mudah Dimainkan Siapa Saja

Tidak hanya saya yang sudah familiar dengan jenis permainannya. Bahkan anak saya yang usia delapan tahun juga langsung mengerti dan bisa. Ya, iya sih anak zaman sekarang paling pandai kalau urusan game dan gadget.

Tapi, coba deh kamu juga main. Pasti langsung paham. Apalagi, di setiap game ada tutorialnya. Pasti makin pagham dan lancar aja.

– Nyman di Mata

Semua games favorit saya tadi sangat nyaman dimainkan. Tidak membuat mata cepat lelah. User friendly banget. Hampir semuanya punya background gelap sehingga tidak membuat silau. Namun, perpaduan warnanya tetap eye catching.

– Pilihan Games Sangat Banyak

Jangan khawatir, karena empat games favorit saya hanya sebagian kecil sekali dari ratusan permainan. Ada banyak sekali kategori games, antara lain ada Player Favorites, Arcade Classics, Awe Shoot!, Educations, PinBall, Simulations Games, dan lain-alin.

Kamu suka jenis games yang mana, nih?

– Ada Banyak Games Nostalgia Ketika SMA

Ternyata, situs Plays.org ini memang didedikasikan untuk memberi penghormatan kepada era permainan zaman Nintendo. Wajar juga banyak games mirip waktu saya SMA dulu. selain cara bermainnya yang familiar, jug a membuat rasa nostalgia.

– Tidak Perlu Mengunduh Aplikasi

Kelebihan terbaik dari Plays.org adalah kita tidak perlu menambah memori gadget dan komputer dengan mengunduh aplikasi permainan. Cukup menggunakan browser dan memilih permainan yang ada di sana. Mudah sekali. Hemat waktu dan space.

– Bisa untuk Semua Usia

Tidak hanya prang dewasa yang pernah merasakan serunya games era 90an, ternyata anak saya yang terbiasa dengan games masa kini juga menyukainya. Saat saya memainkan Tetra Blocks dan Defend the Sewers, dia langsung minta mencoba.

Jangan risau, permainan di Plays.org juga didesain supaya tidak menimbulkan efek adiktif. Pantas saja, anak saya langsung berhenti ketika sudah bermain dua atau tiga level.

Bukan berarti bosan, ya. Namun, sepertinya jenis permainnya tidak membuat orang terlarut hingga berjam-jam. Ini cocok untuk hiduran ringan di rumah atau di sela-sela waktu belajar anak dan kerja untuk kalangan dewasa.

– Pastinya Gratis

Satu hal yang paling nyaman untuk pengguna adalah bahwa permainan di situs ini gratis. Tidak ada status untuk upgrade ke berbayar. Semua permainan memang untuk hiburan yang terinspirasi dari situasi pembatasan kegiatan umum selama pandemi.

Kamu tertarik mencoba? Siapa tahu banyak games favorit kamu juga di sana. Anak-anak juga bisa kok kita ajak bermain dan mencobanya sendiri. Sesekali  bisa main bersama untuk menciptakan kehangatan bersama buah hati. Begitu juga dengan pasangan. Cek langsung di situs Plays.org.

You May Also Like

Leave a Reply