5 Cara Kuliah S2 di Luar Negeri Gratis Uang Saku Menggiurkan

Cara kuliah S2 di luar negeri gratis bukan hal yang mustahil lagi saat ini. Apalagi semakin banyak lembaga dalam maupun luar negeri yang gencar meningkatkan taraf pendidikan. Baik itu warganya sendiri atau mahasiswa asing yang memang memenuhi kualifikasi.

Buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, ada banyak sekali pilihan beasiswa yang bisa menjadi jembatan untuk mewujudkan itu. Bahkan dengan uang saku beasiswa luar negeri yang besar.

Jika kamu memenuhi syarat, kenapa tidak? Kamu bisa mendapatkan pendidikan magister secara gratis dibiayai lembaga yang mengadakan beasiswa tersebut. Biaya pendidikan dan biaya hidup ditanggung secara penuh.

Cara Kuliah S2 di Luar Negeri Gratis yang Bisa Kamu Tempuh

Kuliah di luar negeri sering menjadi impian bagi banyak orang, terutama untuk melanjutkan studi S2. Namun, biaya pendidikan yang tinggi seringkali menjadi kendala. Tidak sedikit orang yang akhirnya mengurungkan cita-cita tersebut. Padahal ada banyak jalur yang bisa kamu tempuh jika kamu mencari informasi lebih banyak.

Nah, artikel ini akan membahas cara kuliah S2 di luar negeri gratis yang bisa kamu tempuh. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari jalur ini, lho. Simak selengkapnya.

cara kuliah s2 di luar negeri gratis
Source via Freepik.com

1. Beasiswa Pemerintah Luar Negeri

Salah satu cara terbaik untuk menempuh studi S2 di luar negeri adalah melalui beasiswa pemerintah luar negeri. Banyak negara menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional yang memiliki prestasi akademik dan keunggulan lainnya.

Contohnya adalah Fulbright Scholarship di Amerika Serikat atau Chevening Scholarship di Inggris. Penting untuk memeriksa persyaratan dan deadline aplikasi dengan seksama. Cek juga berapa uang saku yang mereka tawarkan untuk mahasiswa penerima beasiswa.

2. Beasiswa dari Perguruan Tinggi dan Lembaga Swasta

Perguruan tinggi di luar negeri dan lembaga swasta sering memberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional. Beasiswa ini bisa mencakup seluruh biaya studi atau sebagian, tergantung pada programnya.

Calon mahasiswa S2 dapat mencari informasi tentang beasiswa ini melalui situs web resmi perguruan tinggi atau lembaga pendidikan yang diinginkan. Silahkan temukan banyak informasinya seperti di Kobi Education.

3. Program Magang dan Penelitian

Cara kuliah S2 di luar negeri gratis lainnya adalah melalui magang dan penelitian. Beberapa negara menawarkan program magang atau penelitian yang memungkinkan mahasiswa S2 untuk belajar sambil bekerja.

Program ini seringkali mencakup biaya studi dan memberikan tunjangan hidup. Selain itu, pengalaman magang atau penelitian dapat meningkatkan kualifikasi akademis dan profesional.

4. Kerjasama Antar Perguruan Tinggi

Beberapa perguruan tinggi memiliki kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Melalui kerjasama ini, mahasiswa dapat mendapatkan kesempatan untuk kuliah di luar negeri dengan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan gratis. Penting untuk mengeksplorasi program kerjasama antar perguruan tinggi sejak awal.

5. Ikut Program Pembiayaan dari Organisasi Internasional

Beberapa organisasi internasional, seperti UNESCO, UNICEF, atau WHO, menyelenggarakan program pembiayaan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di bidang yang relevan dengan misi dan tujuan organisasi tersebut. Menyimak informasi mengenai program-program ini dapat menjadi peluang emas untuk mendapatkan pendidikan S2 secara gratis.

7 Contoh Beasiswa S2 Luar Negeri dengan Uang Saku yang Menggiurkan

Impian melanjutkan studi S2 di luar negeri memang seringkali dihadang oleh kendala biaya. Namun, berbagai beasiswa menawarkan peluang dengan uang saku yang menggiurkan, menjadikan impian ini lebih dekat untuk terwujud.

Buat kamu yang ingin tahu cara kuliah S2 di luar negeri gratis seperti langkah di atas, ternyata ada berbagai lembaga yang memberikan uang saku secara penuh. Apa saja beasiswa S2 luar negeri yang memberikan uang saku menggiurkan?

uang saku beasiswa S2 luar negeri
Source via Freepik.com

1. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan memberikan pembiayaan studi lanjut di dalam dan luar negeri. Dengan uang saku bervariasi, beasiswa ini mencakup berbagai fasilitas seperti dana kuliah, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Syarat-syaratnya termasuk Warga Negara Indonesia, usia maksimal, skor IELTS atau TOEFL, dan lulusan LPDP wajib pulang ke Indonesia setelah lulus.

2. Eiffel Excellence Scholarship

Beasiswa ini diselenggarakan oleh French Ministry for Europe and Foreign Affairs untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di Prancis. Dengan fasilitas seperti biaya hidup dan tiket pesawat, beasiswa ini memberikan dukungan finansial yang substansial. Persyaratan meliputi pendaftaran oleh universitas di Prancis dan berusia kurang dari 25 tahun.

3. Gates Cambridge Scholarship

Beasiswa ini didanai oleh Bill and Melinda Gates Foundation untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi di University of Cambridge. Dengan benefit seperti biaya kuliah penuh dan uang saku, beasiswa ini menawarkan dukungan finansial komprehensif.

Persyaratan mencakup IPK minimal, proposal penelitian, dan skor TOEFL atau IELTS. Beasiswa ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tahu cara kuliah S2 di luar negeri gratis dengan feedback terbaik untuk diri kamu.

4. Erasmus Mundus Joint Master Degree

Beasiswa ini ditawarkan oleh Uni Eropa untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi S2 di Eropa. Dengan uang saku yang cukup besar, mahasiswa dapat merasakan pengalaman belajar di dua kampus dengan negara berbeda di Eropa. Syarat-syaratnya mencakup lulus S1, skor IELTS minimal 6.5, dan berbagai dokumen aplikasi.

5. KAUST Fellowship

Beasiswa ini ditawarkan oleh King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) untuk program master atau doktoral. Dengan benefit berupa biaya hidup, biaya kuliah penuh, akomodasi, dan tunjangan lainnya, beasiswa ini memungkinkan mahasiswa untuk fokus pada studi mereka. Persyaratan meliputi ijazah, CV, dan skor TOEFL atau IELTS.

6. ADB-JSP Scholarship

Beasiswa ini populer di kalangan mahasiswa Asia dan menawarkan dukungan finansial menyeluruh, mencakup biaya kuliah penuh dan uang saku. Persyaratan melibatkan diterima di perguruan tinggi yang ditunjuk, pengalaman kerja minimal, dan kesediaan untuk kembali ke negara asal.

7. DAAD Scholarship

Didanai oleh Kementerian Federal untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan Jerman, DAAD Scholarship menawarkan berbagai fasilitas, termasuk biaya kuliah penuh dan uang saku. Persyaratan mencakup pengalaman kerja minimal, sertifikat bahasa Jerman atau Inggris, dan lulusan dengan nilai di atas rata-rata.

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang cara kuliah S2 di luar negeri gratis dan contoh lembaga yang menyelanggarakannya. Kamu juga bisa mencari berbagai sumber beasiswa dan memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mewujudkan impian mereka untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi di luar negeri tanpa harus khawatir akan beban biaya yang berlebihan. Jika ingin tahu lebih banyak tentang informasi beasiswa, kamu bisa temukan di Kobi Education sekarang juga.

You May Also Like

1 Comment

  1. ainun Desember 13, 2023 at 9:13 pm

    jadi inget waktu aku masih mahasiswa dulu, rajin banget dateng ke pameran pendidikan, karena waktu itu pengennya lanjut S2 keluar negeri.
    Sekarang keinginan untuk lanjut sekolah muncul lagi, jadi galau juga nih

Leave a Reply