Selain kaya akan nutrisi, ternyata ada buah yang dapat menghilangkan bau mulut seketika. Mengonsumsi buah-buahan tertentu juga merupakan cara menjaga kesehatan gigi dan membuat nafas segar. Mau tau buah apa saja?

Kondisi bau mulut seringkali terjadi tanpa kita sadari. Ini biasanya ketika kesehatan mulut dan gigi sedang terganggu. Misalnya gigi berlubang, karang gigi, gusi yang sakit, dan sisa makanan yang belum dibersihkan. Bakteri di mulut akibat kurang merawat kesehatan gigi dan mulut juga menjadi penyebab bau.

Tanda Mulut Sehat Apa Saja?

Mulut yang sehat dapat membuat nafas lebih segar dan bebas bau tak sedap. Tanda mulut yang sehat menurut situs Close-up.com, di antaranya adalah gigi yang putih alami, gusi sehat, nafas segar, bebas rasa sakit, dan lidah dan mulut yang lembap.

Gigi senantiasa bebas dari plak, kotoran, dan warnanya putih alami. Gusi juga senantiasa tidak bermasalah dan bebas peyakit seperi peradangan maupun infeksi. Selain itu, kecukupan cairan di mulut juga perlu karena berkaitan dengan tumbuh kembang bakteri di mulut.

7 Buah yang Dapat Menghilangkan Bau Mulut Seketika

Kita pasti menginginkan aroma mulut yang segar bebas bau tak sedap. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan yang dapat menyehatkan rongga mulut, termasuk gigi, gusi, lidah, dan produksi air liur. Berikut ini adalah buah yang dapat menghilangkan bau mulut seketika.

1. Jeruk

Dilansir dari Wolipop, jeruk dapat meningkatkan produksi air liur karena kandungan vitamin C nya. Jika air liur lebih banyak, maka bakteri penyebab bau dapat dibuang dari mulut. Selain itu, vitamin C dalam jeruk mampu mencegah sariawan dan radang pada gusi. Asam dalam jeruk juga mampu menghambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut.

2. Strawberry

Siapa yang suka strawberry? Ternyata buah berukurang kecil dan merah cantik ini juga punya manfaat bagi mulut. Sebagaimana jeruk, srtoberi punya kandungan vitamin C yang dapat menghilangkan bau mulut. Vitamin C dalam stroberi mencegah peradangan sehingga menjaga kesehatan gusi dan rongga mulut.

Selain itu, strawberry juga dapat memutihkan gigi lho. Caranya dengan menumbuknya dan menggosokkan ke gigi. Tunggu hingga 15 menit dan basuh dengan air. Kandungan asam malat pada stroberi inilah yang mampu mencerahkan warna gigi.

3. Nanas

Siapa sangka, buah nanas juga dapat menghilangkan bau mulut. Rasanya yang cukup mencolok karena punya rasa lebih asam dan manis sekaligus dengan kandungan air melimpah mampu meningkatkan produksi air liur juga.

Mengonsumsi buah nanas dapat membersihkan sisa makanan sehingga bulut lebih segar dan bersih. Buah ini cocok kita konsumsi ketika habis makan atau menyantap cemilan.

4. Pir

Manfaat buah pir di antaranya menetralkan bakteri penyebab bau dan mengurangi warna kuning gigi. Buah satu ini juga punya banyak kandungan air sehingga sapat membersihkan kotoran di gigi dan mulut. Dengan kata lain, buah pir dapat menyegarkan mulut dan memutihkan gigi.

5. Apel

Dalam situs grid.id, apel adalah buah yang punya manfaat membersihkan gigi. Kandungannya juga mampu meningkatkan air liur dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tidak heran jika mengonsumsi buah apel membuat nafas terasa segar seketika.

Biasanya buah apel adalah buah paling efektif dalam menyegarkan nafas. Hal ini karena teksturnya yang cukup kasar dapat “menggosok” gigi termasuk membersihkan plak.

Buah ini juga dapat menetralkan keasaman mulut sehingga mencegah gigi berlubang. Kandungan antioksidan pada apel mencegah kerusakan jaringan dan infesksi bakteri. Gusi, gigi, dan rongga mulut lebih sehat.

6. Anggur

Buah anggur memiliki antioksidan yang melimpah sehingga dapat melawan bakteri penyebab penyakit periodontal, yaitu penyakit sekitar gigi. Salah satu penyakit ini adalah periodontitis, yaitu infeksi gusi yang merusak jaringan lunak, gigi, dan penyangga gigi.

Mengonsumsi anggur juga mencegah menempelnya plak pada permukaan gigi karena memiliki kandungan antosianin.

7. Semangka

Buah semangka memiliki kandungan air yang banyak. Kadar air dalam semangka memicu produksi air liur sehingga mulut terbebas dari sisa makanan dan bakteri.

Dengan begitu, gigi dan gusi lebih sehat terawat. Nafas juga menjadi lebih segar jika lebih rutin mengonsumsi semangka.

Itulah 7 buah yang dapat menghilangkan bau mulut seketika. Kandungan nutrisi buah-buahan di atas mempu menjaga kesehatan gigi, gusi, dan rongga mulut. Bahkan, memakan buah tersebut juga dapat menyegarkan nafas dengan cepat.

Berita sebelumya8 Penyebab Sulit Mendapatkan Jodoh, No 4 Paling Banyak Terjadi
Berita berikutnya8 Cara Menghadapi Menstruasi Pertama Anak, Tanamkan Sikap Positif
Hallo... Saya Iim. Salam kenal ya teman-teman. Blog ini tempat saya menuliskan ide dan gagasan tentang berbagai hal. Topik blog ini seputar gaya hidup (lifestyle), woman life, parenting, travelling, teknologi, dan dekorasi rumah (termasuk topik properti). Email kerjasama : iimrohimah15@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here