Apa Itu Tanda Tangan On Promise dan Cara Membuatnya?

Bayangkan, jika kita sedang terburu-buru untuk menyelesaikan sebuah kesepakatan bisnis. Sementara itu, mitra bisnis berada di luar kota. Kita membutuhkan tanda tangannya pada dokumen sesegera mungkin.

Dulu, untuk melakukannya, kita harus mencetak dokumen, menandatanganinya secara manual, mengirimkannya melalui kurir, dan menunggu mitra bisnis menandatanganinya dan mengirimkannya kembali. Proses ini bisa memakan waktu cukup lama hingga berhari-hari, bahkan bisa juga sampai berminggu-minggu.

Ini tentu memperlambat pekerjaan kita. Waktu yang kita butuhkan juga semakin lama. Tenaga yang kita keluarkan juga pastinya lebih banyak.

Tetapi sekarang, dengan tanda tangan on promise, kita bisa menyelesaikan proses ini dalam hitungan menit.

Cukup upload dokumen ke platform tanda tangan elektronik, tambahkan tanda tangan, dan kirimkan kepada orang yang ingin kita ajak kerjasama. Mereka dapat menandatanganinya dari mana saja dan kapan saja.

Bahkan, karena kemudahannya, ini bisa dilakukan juga melalui smartphone. Dokumen elektronik bisa disepakati dengan mudah, cepat, dan aman.

Apa Itu Tanda Tangan On Promise?

Tanda tangan on promise adalah tanda tangan elektronik yang dibuat dengan teknologi digital dan disematkan pada dokumen elektronik.

Tanda tangan ini memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan basah (tangan) dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti menandatangani kontrak, perjanjian, dan dokumen lainnya.

Meskipun mungkin bagi sebagian orang terasa asing, tapi alangkah baiknya mulai mengikuti perkembangan digital seperti ini. Anda tidak perlu mencetak dokumen, menandatanganinya secara manual, dan kemudian memindainya kembali.

Tidak hanya soal kemudahan, memanfaatkan teknologi ini juga punya sejumlah kelebihan. Tanda tangan on promise lebih aman daripada tanda tangan basah karena menggunakan teknologi kriptografi untuk melindungi dokumen dari pemalsuan dan manipulasi.

Bahkan, jika dilihat dari segi isu lingkungan, penggunaan tanda tangan on promise dapat membantu mengurangi penggunaan kertas dan tinta, sehingga lebih ramah lingkungan.

Privy, Solusi Identitas Digital dan Tanda Tangan Elektronik

cara membuat tanda tangan digital di Privy

Privy adalah perusahaan teknologi yang menyediakan solusi identitas digital dan tanda tangan elektronik terpercaya di Indonesia.

Didirikan pada tahun 2016, Privy memiliki misi untuk menghadirkan identitas tunggal yang terintegrasi secara universal di dunia digital bagi penggunanya.

Privy didirikan oleh Marshall Pribadi, CEO yang terdaftar di Forbes 30 Under 30 Asia dan Endeavour Entrepreneur. Platform ini, sekarang sudah memiliki 40 juta pengguna dan 2.600 pelanggan.

Solusi yang Ditawarkan Privy

Identitas Digital Privy

Solusi identitas digital yang memudahkan pengguna untuk memverifikasi identitas secara online dengan mudah dan aman. Terutama karena Privy telah mendapatkan status sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Privy Sign

Solusi tanda tangan elektronik yang memudahkan pengguna dalam menandatangani dokumen digital dengan mudah dan aman.

Tanda tangan digital Privy dibuat menggunakan kriptografi asimetris dan infrastruktur keamanan publik untuk memastikan bahwa setiap tanda tangan terhubung dengan identitas yang terverifikasi.

Solusi Bisnis

Privy juga menawarkan berbagai solusi bisnis untuk membantu perusahaan meningkatkan efisiensi dan keamanan proses bisnis mereka. Solusi ini termasuk onboarding pelanggan digital, verifikasi identitas online, dan manajemen dokumen elektronik.

Manfaat Menggunakan Privy

Bagi Anda yang belum menggunakan Privy, perlu tahu juga bahwa ada sejumlah manfaat yang bisa Anda peroleh. Tidak hanya mudah digunakan, tapi juga aman dan terpercaya.

  • Privy bisa digunakan dan diakses dari berbagai perangkat, baik dengan komputer, laptop, tablet, hingga smartphone.
  • Solusi Privy juga aman dan terpercaya karena telah mendapatkan berbagai sertifikasi keamanan, termasuk ISO/IEC 27001:2013 dan ISO/IEC 27701:2019.
  • Privy adalah perusahaan teknologi yang terpercaya dan telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama di Indonesia.

Cara Membuat Tanda Tangan On Promise di Privy

Anda bisa memproses kebutuhan berbagai dokumen digital dengan Privy dengan lebih praktis. File yang bisa Anda unggah mulai dari Docx, PDF, Xlsx, dan Pptx. Saat Anda perlu tanda tangan orang lain, bisa menghubungkan orang yang bersangkutan dalam satu aplikasi.

Cara membuat tanda tangan digital bisa melalui aplikasi mobile atau desktop. Berikut langkah-langkahnya:

Menggunakan Aplikasi Mobile

cara membuat tanda tangan digital dengan aplikasi Privy
  • Download aplikasi Privy melalui Play Store atau App Store.
  • Masukkan Privy ID dan password, lalu klik “Continue”.
  • Pilih dokumen yang akan ditandatangani dari menu “Pending”.
  • Klik “Insert Signature”.
  • Geser tanda tangan Anda ke lokasi yang diinginkan.
  • Klik “Continue”.
  • Klik “Yes”.
  • Masukkan kode OTP yang telah dikirim ke nomor handphone Anda, atau gunakan mekanisme verifikasi biometrik yang tersedia di handphone Anda.
  • Klik “Continue”.
  • Dokumen Anda telah ditandatangani.

Menggunakan Aplikasi Desktop

  • Buka website Privy.id di PC atau laptop Anda.
  • Masukkan ID Anda dan password, lalu “Continue”.
  • Klik “Upload Dokumen” untuk mengunggah file yang ingin ditandatangani, atau pilih file yang sudah ada sebelumnya dari menu “Draft”.
  • Pilih apakah Anda ingin menandatanganinya saja, menandatangani sekaligus membagi dokumen tersebut dengan orang lain, atau hanya membagikannya saja.
  • Setelah dokumen berhasil diunggah, klik “Sign Document”.
  • Geser tanda tangan Anda ke lokasi yang diinginkan, lalu klik gambar centang.
  • Masukkan OTP yang masuk ke nomor handphone.
  • Klik “Sign”.
  • Selesai.

Privy tidak hanya bisa digunakan untuk tanda tangan satu arah saja, tapi Anda bisa menambahkan beberapa penerima dokumen. Selain itu, mudah juga menentukan status masing-masing pihak yang diberi akses.

Sebagai penerima dokumen di Privy, Anda memiliki peran sebagai berikut:

  • Signer: Penerima yang mempunyai tugas menandatangani dokumen.
  • Reviewer: Bertugas untuk mengecek isi dokumen.
  • Approver: Orang yang bertugas menyetujui isi dokumen.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatur urutan proses tanda tangan berdasarkan hirarki tertentu. Caranya, ubah mekanisme penandatanganan menjadi “Serial” yang bisa dipilih di platform.

Untuk melakukannya, tahan dan geser urutan penerima dokumen sesuai dengan hirarki yang diinginkan, kemudian klik “Share Document” untuk membagikannya.

Supaya lebih jelas, Anda bisa menonton tutorialnya di bawah ini:

Kesimpulan

Tanda tangan on promise adalah solusi yang mudah, efisien, dan aman untuk menandatangani dokumen elektronik. Dengan menggunakan tanda tangan on promise, Anda dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Anda juga ikut serta dalam meningkatkan pelestarian lingkungan.

Rekomendasi platform untuk proses tanda tangan digital ini adalah dengan Privy. Platform ini mudah digunakan, aman, dan tentunya terpercaya. Coba sekarang di Privy atau bisa download aplikasinya juga melalui website tersebut.

Referensi:
https://www.privy.com/
https://blog.privy.id/cara-membuat-tanda-tangan-digital/
https://www.youtube.com/watch?v=GJjttbuLLiQ

You May Also Like

4 Comments

  1. Dian Restu Agustina Mei 30, 2024 at 10:24 am

    Wah recommended ini tanda tangan digital on promise di Privy. Cara membuat tanda tangan digital yang mudah dilakukan bisa melalui aplikasi mobile atau desktop yang aman dan tepercaya bikin hemat waktu, biaya dan tenaga

  2. Icha Marina Elliza Juni 2, 2024 at 3:20 am

    Cukup pake Privy gak perlu lagi ribet ya kak urusan tanda tangan digital alias on promise. Solusi banget buat kita juga yang sering tanda tangan kerjasama melalui email atau surat elektronik.

  3. Vivi Juni 3, 2024 at 11:58 am

    Yang paling penting itu aman ye kan.
    Biar orang ndah mudah membubuhkan tanda tangan kita sembarangan.
    Tandatangan begini bisa menghemat waktu, dan hemat kertas.
    👍

  4. Erin Friyana Juni 9, 2024 at 10:55 am

    Mau tanda tangan online lewat Privy saja ya, Mba. Apalagi ini sah secara hukum, jadi dokumen yang kita tanda tangan juga sah.

Leave a Reply