Ibu dan Anak, Tips

12 Ide Kado untuk Bayi Newborn yang Sangat Bermanfaat dan Tidak Menguras Dompet

Bingung ngado apa saat ada teman atau saudara baru lahiran? Nah, karena saya baru saja melahirkan dan alhamdulillah mendapat banyak kado untuk bayi saya, rasanya ingin sharing mengenai ide kado untuk bayi baru lahir yang murah namun manfaatnya besar.

Sebenarnya dengan kehadiran saudara atau teman yang menjenguk dan sekedar memberi support, sudah merupakan kebahagiaan tersendiri. Tapi, biasanya bagi mereka yang menjenguk, rasanya kurang lengkap jika tidak membawa kado. Betul?

Memang, selain kita diberi naluri untuk memberi, saling memberi hadiah juga merupakan kegiatan yang berpahala. Hati pun senang jika bawa hadiah buat mereka yang baru punya bayi. Sebaliknya ada rasa tidak nyaman kalau tidak membawa apa-apa.

Masalahnya, tidak jarang orang malah bingung mau ngado apa. Padahal tidak perlu terlalu unik atau mahal kok.

Berdasarkan apa yang saya rasakan, kado yang pas untuk bayi baru lahir prinsipnya:

  1. bermanfaat
  2. tidak masalah jika keluarga bayi sudah punya (beli)
  3. tidak harus mahal
  4. meringankan beban keluarga yang punya bayi

#1 Sabun Bayi Set

Tidak perlu harus idealis ingin memberi hadiah yang tahan lama. Satu set sabun Bayi yang ada panduan perawatan bayi nya juga sangat bermanfaat sekali. Isi lengkap untuk mandi dan perawatan bayi.

Harga terjangkau, biasanya berkisar antara 80.000 hingga 110.000. Sudah termasuk biaya bungkus kado dari baby shop. Satu set saja bisa bikin teman yang dikunjungi bahagia lho.

#2 Baju Bayi 

Baju bayi juga salah satu hadiah paling bermanfaat bagi bayi dan keluarga si empunya bayi. Bayi baru lahir cepat sekali besar. Pakaian nya pun memang cepat mengecil dan tidak muat lagi.

Maka dari itu, berikan pakaian minimal 3 bulan di atas waktu jenguk. Misal memberi kado saat bayi umur seminggu, maka beli pakaian untuk kira-kira bayi umur 3 bulan atau 4 bulan. Untuk pakaian usia di bawah 1 tahun, berikan saja pakaian sehari-hari bayi. Bisa baju tidur atau baju biasa di rumah. Bukan untuk pergi-pergi ke luar. 

Selain itu, untuk bayi laki-laki yang menyusu dengan sangat baik, bahkan tubuhnya lebih besar dari perkiraan.

Memberikan kado berupa pakaian bayi juga bisa mengurangi budget yang harus dikeluarkan untuk bayi. So, lumayan meringankan beban dan bermanfaat tentunya.

Oh ya, jika ingin membeli baju untuk ke luar rumah, lebih baik beli untuk bayi 1 tahun ke atas. Selain karena bayi cepat besar, juga kemungkinan bayi akan jarang dibawa jalan-jalan ke luar. 

#3 Selimut Bayi

Selimut adalah salah satu barang yang meskipun si mpunya baby sudah beli, tetap akan berguna. Selimut seringkali kotor oleh bayi. Entah karena popok yang bocor di malam hari atau cepat kotor karena bayi yang mudah berkeringat.

Selimut cadangan (apalagi yang kualitas bagus) sangat berguna tentunya.

Beli satu selimut saja sudah cukup kok. Asal kualitasnya dimaksimalkan, maka sudah jadi kesenangan tersendiri buat yang menerima kado.

Pengalaman saya dapat hadiah selimut bayi yang sangat lembut dan high quality cukup bikin seneng banget. Jadi, jangan ragu memberi hadiah selimut ya.

#4 Handuk Bayi

Handuk bayi juga merupakan salah satu perlengkapan yang seringkali harus ganti. Orang tua bayi biasanya tidak terpikir punya handuk lebih dari satu untuk bayinya. Dapat kado handuk bayi pasti sangat bermanfaat buat salin ketika handuk lainnya dicuci.

Jangan lupa pilih handuk yang benar-benar halus dan cocok untuk dedek bayi ya. Tidak perlu memikirkan barang lain jika sudah memilih handuk untuk dijadikan kado. Cukup maksimalkan kualitasnya saja. Handuk bayi kualitas terbaik sudah bikin kado Anda jadi spesial kok.

#5 Gendongan

Banyak juga berpikir bahwa gendongan sudah pasti dimiliki yang punya bayi. Nyatanya, yang mau punya bayi biasa hanya beli satu gendongan saja. Apalagi orang tua baru atau ibu /ayah muda. Ragu untuk beli gendongan seperti apa, akhirnya kadang beli satu saja takut tidak bisa pake. Pengalaman pribadi sih.

Dengan adanya kado berupa gendongan ini, bisa juga jadi ganti saat gendongan lain kotor atau rusak. Barang yang satu ini termasuk yang masih bermanfaat walau punya lebih dari satu. Apalagi kalau bentuknya unik dan mudah dipakai.

#6 Tas Bayi

Kado lainnya yang tak kalah bermanfaat adalah tas Bayi. Tidak semua orang tua memikirkan membeli ini lho. Padahal tas Bayi sangat berguna saat dibawa ke puskesmas atau rumah sakit untuk kontrol dan imunisasi.
Tas Bayi punya fungsi yang berbeda dengan tas biasa. Selain cocok desainnya ketika bawa bayi, juga biasanya tas Bayi cocok untuk membawa perlengkapan seperti dot, botol asi, kantung untuk pakaian kotor, dan sebagainya.

Tas Bayi sederhana harganya berkisar antara 80.000 hingga 200.000. Kalau memang ada budget lebih, Anda bisa membeli yang benar-benar berkualitas tinggi. Cuma, pengalaman saya dapat yang 80rb an juga sudah bermanfaat dan tahan lama.

#7 Buku Panduan Merawat Bayi

Bagi Ibu muda atau ayah baru, ilmu perawatan bayi sangat penting. Dapat buku yang kaya akan ilmu tentang bayi akan sangat membantu.

Sekarang, buku jenis perawatan bayi biasanya didesain dengan sangat menarik. Cocok buat orang tua yang suka membaca. Buku ini biasanya banyak dijual di Gramedia.

Satu buku yang kaya ilmu seputar bayi dari A – Z pasti akan sangat membantu. Kalaupun saat ini sudah ada internet, seringkali orang tua juga bingung mencari dengan kata kunci apa. Jadi, ilmu di buku juga bisa memancing perbendaharaan kata kunci yang biasanya akan dicari di google.

Misalnya, di buku dikenakan istilah “kolik” yang sebelumnya tidak pernah didengar oleh orang tua. Atau buku mengenalkan soal “ruam popok” dan sebagainya. Saat orang tua bayi kekurangan informasi dari buku, bisa tahu apa yang harus ditanyakan kepada mbah google. Kurang lebih ilustrasinya begitu. Sekali lagi, itu pengalaman saya.

#8 Seperangkat Sarung Tangan dan Kaus Kaki Bayi

Mengapa seperangkat sarung tangan dan kaus kaki bayi masuk daftar kado bermanfaat? Karena pakaian ini berukuran paling kecil sehingga sering cepat hilang atau ngumpet di mana. Baru beli sudah hilang.

Maka, bisa nih jadi ide untuk memberikan kado sederhana ini. Beli saja dalam jumlah banyak. 100.000 bisa dapat 7 hingga 10 set (sarung tangan dan kaos kaki).

Pakaian yang satu ibu bermanfaat sejak bayi lahir hingga usia 3 bulan. Pasalnya meski usia satu bulan lebih bayi sudah mulai lepas kaos tangan dan kaki, tapi pakaian yang satu ini akan sesekali bahkan mungkin tetap digunakan.

Mengingat kuku bayi yang cepat panjang dan sering tidak sengaja mencakar wajahnya sendiri. Bahaya kan? Punya banyak stok sarung tangan akan sangat bermanfaat pastinya. Kaus Kaki juga bermanfaat untuk malam hari atau pagi hari sehabis mandi. Supaya bayi tidak kedinginan.

#9 Seperangkat Sabun Cuci

Saya mendapat hadiah dari para tetangga berupa sabun cuci, sabun cuci piring, pewangi pakaian (sejenis molto), baik dalam kemasan besar maupun sachet (banyak).

Mungkin tips ke 9 ini terkesan numpang biaya hidup banget ya… hehe.. tapi gimana lagi. Tetangga saya pada ngasih itu. dan ternyata, selama dua bulan lebih saya tidak mengeluarkan uang untuk biaya cucian.

Walau sifatnya sementara, rupanya seperangkat sabun cuci ini mampu membuat lebih hemat pengeluaran.

Ibu-ibu tahu betul kalau punya newborn baby akan banyak sekali cucian. Itu betul banget ternyata.

Bagaimana menurut Anda? Punya tetangga lahiran, bisa jadi inspirasi juga nih. Bawa sabun cuci dan pewangi pakaian juga bikin senang yang punya bayi.

#10 Mainan Stimulasi Bayi

Tidak perlu harus langsung dipakai kan? Setidaknya di usia 2 bulan bayi perlu stimulasi lho. Mainan yang cocok untuk bayi 2 bulan atau 3 bulan bisa jadi kado juga.

Bisa dengan beli online atau baby shop. Pasti banyak yang menjual berbagai jenis mainan stimulasi indra bayi.

Saya beli online untuk mainan bayi 2 bulan (3 boneka lucu warna mencolok serta berbunyi saat ditekan-tekan) sekitar 65.000. Lumayan ekonomis kan? Manfaatnya bagus pula. Mainan ini akan terus dibutuhkan untuk main bersama bayi dalam rangka menstimulasi inderanya. Saat bati mulai berkomunikasi di usia dua bulan, mainan ini mulai akan digunakan setiap saat. 

#11 Feeding Set

Seperangkat alat makan bayi (feeding set) juga bisa jadi ide hadiah. Nanti feeding set akan digunakan saat bayi memasuki usia bayi mendapat makanan pendamping ASI (MPASI) yaitu umur 6 bulan.

Walau masih lama, tapi jika yang punya bayi sudah dapat hadiah berupa alat ini, setidaknya mereka sudah tidak lagi perlu membelinya. 

Feeding set bisanya berisi piring, sendok, garpu, gelas minum bayi, dan ada juga yang tambah mangkuk.

#12 Snack Tamu

Yang terakhir ini agak numpang biaya hidup juga ya Bun. Tapi, karena ada yang ngasih saya snack, ternyata ini juga bisa bermanfaat banget.

Maklum, di masa bayi baru lahir, akan banyak tamu berkunjung ke rumah. Rasanya tidak enak kan, kalau tidak sedia aneka snack di meja tamu?

Nah, adanya orang-orang yang memberi snack, lumayan mengurangi tenaga untuk bolak balik beli snack ke minimarket and supermarket. Dan pastinya bikin hemat pengeluaran juga.

Snack tamu biasanya berupa makanan ringan seperti pastel mini, sus kering, kacang tanah sangrai, atau bisa berupa bolu kering dan lain-lain. Apa saja yang cocok disuguhkan tamu. Malah ada yang berupa brownies dan bolu pandan. 

Ternyata ibu yang menyusui butuh sekali cemilan. Tidak hanya nanti bikin senang si ibu, juga ayah tidak perlu keluar cari snack. Tamu lainnya ikut dapat suguhan beragam jadinya. So, siapa bilang bawa snack juga tidak membantu dan membahagiakan? 

Tapi biasanya nomor 12 dan 9 tadi akan lebih cocok diberikan kepada orang yang sudah sangat akrab. Kesannya memberi snack atau sabun cuci itu begitu informal bahkan bisa dikatakan bukanlah kado. Tapi tepatnya ya seperti pemberian saja atau oleh-oleh. Jadi, sesuaikan saja dengan orang yang akan kita beri hadiah ya Bun.

Nah, itu dia 12 Ide Kado untuk Bayi Newborn yang Sangat Bermanfaat dan Tidak Menguras Dompet. Sepengalaman saya, semua pemberian teman, keluarga, tetangga di atas tadi sangat bermanfaat.

NB: Jika punya budget lebih, bisa kok Bunda pikirkan memberi kado kelahiran berupa:

  1. baby stroller (harga 500rb hingga 2 jutaan)
  2. slowcooker (harga 200 ribuan hingga 300 ribu)
  3. baby puree (berkisar antara 600rb hingga 1 jutaan)
    Ketiga barang ini akan sangat sangat berguna dan bermanfaat. Terutama saat bayi mulai MPASI dan akan berlangsung pemakaiannya hingga usia 2 tahun. Bisa searching di toko-toko online mengenai harga dan detail manfaatnya. Semoga jadi inspirasi.