keluarga,  Liburan,  Tips

17 Ide Kegiatan Di Rumah Selama Libur Panjang, Bikin Asik dan Pastinya Positif

Adanya wabah Covid 19 mengharuskan semua orang berada di rumah. Belajar di rumah, bekerja di rumah, beribadah di rumah.

Awalnya kebijakan #diRumahAja berlangsung untuk dua minggu. Namun, sekarang diperpanjang hingga dua minggu ke depan lagi. Situasi mengharuskan demikian. Bahkan banyak yang memperkirakan akan lebih lama lagi.

Meski begitu, tentu kita berharap agar semua ini cepat berlalu. Virus corona yang merambah negara kita maupun dunia segera berakhir, supaya bisa beraktivitas seperti sedia kala. Kita semua juga tidak lagi dibuat khawatir dengan kondisi kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan sosial. Amiin..

Selagi kondisi masih serba di rumah, ternyata banyak hal-hal baru yang biasanya jarang dilakukan, kini bisa. Selain asik, kegiatan-kegiatan berikut ini juga positif dan bisa membuat kita tidak lagi jenuh berada di rumah dalam waktu lama.

Apapun situasi baru yang kita alami karena kebijakan #diRumahAja, terutama yang WFH alias work from home, kegiatan berikut mungkin bisa jadi tambahan ide.

1. Nonton TV atau Film

nonton tv, menonton televisi, menonton tv, watching tv, menonton tv bersama, menonton tv bersama keluarga
menonton tv atau film by ctv news

Ini memang mainstream ya. Tapi, tidak semua orang bisa menonton acara televisi di jam yang biasanya digunakan untuk bekerja di kantor.

Gunakan acara-acara televisi yang menghibur di jam-jam tertentu untuk membunuh kebosanan.

Nonton film juga bisa jadi alternatif. Atau malah hiburan utama ya. Film streaming netflix atau iflix gratisan. Pasti seru.

2. Nonton YouTube

menonton youtube
menonton YouTube

Punya jaringan internet unlimited pastinya leluasa nonton channel youtube. Mau nonton acara apa saja, tinggal ketik kata kunci, langsung jadi.

Mulai dari video yang menginspirasi, menghibur, lucu, seram, informatif, semua ada. Youtube layak jadi teman hiburan selagi libur di rumah.

3. Bikin Konten

menulis blog
contohnya membuat konten blog by liputan6

Sekarang sudah jamannya serba Online. Siapa saja bisa memproduksi konten apapun di dunia maya. Salah satunya blog dan YouTube.

Punya hobi mancing, bisa dibuat video dan upload di youtube. Mengapa mancing? Soalnya memancing cenderung berlokasi di tempat sepi jauh dari keramaian.

Senang menulis hal-hal bermanfaat, bisa diposting di blog. Tips membuat dekorasi rumah, mengurus anak, tips seputar pekerjaan, dan apa saja.

Situasi liburan yang mengharuskan #diRumahAja bisa jadi kesempatan panjang untuk membuat konten sesuai minat kita. Asik dan produktif pastinya.

4. Eksplorasi Memasak

ekspolasi masakan by cnet

Biasa ke kantor, jadi tidak sempat masak. Padahal Anda termasuk orang yang suka masak.

Nah, kegiatan #diRumahAja bisa jadi kesempatan bagus untuk coba-coba resep baru. Atau sekedar mengeksplorasi keinginan memasak dan menghidangkan nya. Hasilnya dicicipi bersama pasti seru.

5. Menata dan Bersih-bersih Rumah

membersihkan rumah by warm

Hari-hari biasa bikin beberapa lokasi dalam rumah jadi berantakan, kotor atau tidak tertata dengan benar? Nah, kini saatnya ditata rapi dan dibersihkan.

Ada pakaian tidak terpakai di lemari, bisa mulai dipilah pilih dan disisihkan. Ada lemari rusak dibetulkan, rak piring acak-acakan dirapikan, barang-barang bekas dikumpulkan di satu tempat untuk diberikan /dijual ke tukang rongsok saat kondisi kembali normal nanti.

Dan banyak hal lainnya yang mungkin tidak terurus di hari-hari biasa, kini bisa mulai dibenahi dan dibersihkan.

6. Mencari Ide Usaha Sampingan

membuat ide usaha sampingan by sahabat pegadaian

Libur panjang juga bisa digunakan untuk mendapatkan ide usaha sampingan. Apalagi jika kita termasuk orang yang usahanya atau pekerjaannya terdampak oleh wabah Covid 19 saat ini.

Banyak inspirasi yang bisa didapatkan di rumah. Terutama inspirasi dari media online. Ide-ide bisnis bisa diperoleh di sana.

Usaha sampingan yang hanya sementara selagi masih kebijakan #diRumahAja dan WFH, atau untuk dijadikan pekerjaan jangka panjang.

7. Bermain Bersama Anak

bermain bersama anak by spectrum news

Di rumah seharian otomatis jadi lebih dekat dengan anak-anak. Saatnya memanfaatkan kesempatan untuk bermain bersama mereka. Meskipun mungkin di rumah ada sebagian orang yang justru harus konsentrasi kepada pekerjaan, namun tidak sedikit yang makin leluasa menghabiskan waktu bersama anak.

Apapun situasinya, kedekatan memberikan kesempatan besar untuk bisa bermain bersama.

Menjajal permainan edukatif tidak ada salahnya untuk dicoba. Tebak-tebakan, memainkan ular tangga, dan lain-lain sangat efektif membangun keakraban dengan buah hati tercinta.

8. Berkebun

berkebun di rumah by dekoruma

Punya halaman depan atau belakang rumah yang kosong? Jika senang berkebun, bisa jadi kesempatan untuk menyalurkan hobi ini.

Selain soal hobi, menanam tanaman dan merawatnya bisa membuat penghijauan yang nantinya menambah sejuk udara. Berkebun juga menambah koleksi tanaman bermanfaat, baik sayuran segar untuk dikonsumsi, maupun tanaman obat alami. Sekedar tanaman hias pun tidak jadi masalah. Rumah lebih indah dan asri.

9. Otak Atik Otomotif atau Elektronik

memperbaiki elektronik by freepik

Senang dunia otomotif bisa disalurkan saat ini. Punya waktu lebih luang di rumah, bisa modifikasi kendaraan pribadi, atau bahkan membuka peluang jasa modifikasi kendaraan.

Hanya sekedar otak atik untuk perbaikan sederhana juga tidak jadi soal.

Libur panjang juga bisa jadi kesempatan memeriksa barang-barang elektronik di rumah. Siapa tahu ada kipas angin yang rusak atau kotor. Memeriksa kondisi kulkas, komputer dan CPU, dan lain-lain.

Kalau semua barang-barang tersebut beres, pekerjaan rumah pun nantinya jadi lancar kan ya?

10. Olahraga

olahraga by Kompas

Walau di rumah, olahraga masih bisa dilakukan dong. Kesehatan adalah hal yang wajib dijaga. Salah satunya dengan berolahraga.

Beruntung jika Anda yang tinggal di lokasi minim keramaian, seperti dekat pesawahan, bisa lari pagi dan jalan kaki. Kondisi libur juga bisa digunakan untuk berjemur di bawah matahari pagi pukul 9 hingga 10.

11. Perawatan di Rumah

luluran di rumah by berita satu

Perawatan di rumah, bisa banget. Punya lulur mandi, lotion, scrub, konditioner, masker wajah, masker rambut, bisa digunakan saat ini.

Apa salahnya lebih menikmati momen mandi lebih lama dari biasanya? Hiburan dan bikin tubuh terawat. Makin cantik dan ganteng pula.

Tidak hanya perempuan, laki-laki pun kalau mau bisa kok. Nggak akan dianggap macam-macam kan ya? Bisa juga saling melulurkan scrub mandi dengan pasangan, pasti makin mesra.

12. Membaca

membaca buku by get literary

Membaca buku, koran, majalah, komik, apa saja. Membaca selain asik, juga wawasan makin bertambah.

Walau serba online, membaca tulisan offline juga tidak ketinggalan jaman. Media lama masih punya kelebihan sendiri pastinya.

13. Tidur Siang

tidur siang by liputan6

WFH bisa membuat pekerjaan mungkin lebih fleksibel. Yang tadinya di kantor susah untuk istirahat apalagi tidur siang, di rumah bisa.

Kenapa tidur siang? Seperti dilansir dari bola.com, tidur siang punya banyak manfaat. Di antaranya, bisa meningkatkan mood, kreativitas, daya ingat, menjaga kesehatan jantung, hingga mencegah diabetes lho. Jadi, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu untuk tidur di siang hari. Ada sisi positif nya kan kerja di rumah?

14. Main Game

main game by centra usaha

Main game adalah penghilang kebosanan paling populer buat mereka yang biasa stay at home. Buat Anda yang tidak biasa di rumah, juga bisa dicoba nih. Asal jangan keterusan dan ketergantungan aja ya.. hehe

Banyak game seru di Play Store, atau install di PC. Jenis-jenis game beragam, sangat untuk jadi teman hiburan saat liburan di Rumah.

15. Nyemprot Disinfektan Bareng Kelurahan 

menyemprot disinfektan by Popmama

Yang satu ini terinspirasi dari suami sendiri dan informasi di harian kompas Minggu, 29 Maret 2020. Ada beberapa orang yang biasa sibuk bekerja, justru saat ini jadi bingung mau ngapain.

Entah karena sepi pelanggan (bagi pedagang dan wiraswasta) atau ingin bersosialisasi saja. Opsi satu ini, selain bisa membuat kita tidak terisolir dari orang-orang, juga pastinya berpahala.

16. Nonton Drama Korea

menonton drama korea by gamebrott

Meski sering jadi kambing hitam atas kemalasan para remaja, nonton drama korea saat harus #diRumahAja dan WFH, bisa jadi opsi kali ya.

Jenis hiburan untuk setiap orang suka-suka yang menjalani. Tapi, kayaknya ini lebih cocok untuk mereka yang banyak waktu luang di masa WFH ini. Nonton drakor bisa sangat-sangat memperpendek waktu. Bahkan bisa lupa waktu. Yah, bisa bikin kebijakan #diRumahAja lebih sukses kayaknya.

17.  Menjajal Hobi Baru atau Hobi Terpendam

mencoba hobi baru by sassy mama

Libur yang lama barangkali juga bikin sebagian orang bingung mau apa. Menjajal hobi baru bisa jadi pilihan. Atau punya hobi terpendam yang ingin digeluti sejak lama.

Punya hobi dan bakat melukis mungkin? Menulis, beternak, budidaya tanaman, ikan hias, dan lain-lain.

Itu dia 17 Ide kegiatan Di Rumah Selama Libur Panjang. Gimana? Ada yang bisa jadi inspirasi?

4 Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *