ciri penyakit tipes
Kesehatan

Ciri Penyakit Tipes yang Parah dan Harus Segera Ditangani

Teman-teman pernah mengalami sakit tipes? Memang sakit tipes ada yang masih ringan dan ada juga sakit tipes parah. Ciri penyakit tipes parah biasanya jika penderita sudah harus menjalani rawat inap di rumah sakit atau sudah terdiagnosa mengalami komplikasi.

Cerita Penyakit Tipes yang Harus Diwaspadai

Sakit tipes itu meskipun seringkali dianggap penyakit merakyat. Dalam artian, hampir semua orang pernah mengalaminya. Betul tidak?

Meskipun begitu, sebaiknya penyakit ini tidak Anda anggap sepele. Jika tidak segera ditangani, bisa berakibat fatal. Seperti komplikasi hingga menyebabkan kematian.

Seperti beberapa bulan lalu, salah satu teman SMA saya meninggal. Kami, teman-teman di grup WhatsApp yang mengetahui itu begitu berduka atas kepergiannya. Tidak kami sangka salah satu dari kami pergi lebih awal.

Saya sendiri tidak menyangka jika penyebabnya adalah sakit tipes. Mungkin karena terlambat ditangani, atau memang teman saya sejak awal sudah memiliki penyakit lain yang menyebabkan kondisinya menurun.

Bagaimanapun, hal ini membuat saya sendiri makin waspada dengan penyakit satu ini. Saya juga ingin agar pembaca dan teman-teman tidak menganggap enteng sakit tipes. Jika sudah ada gejala, lebih baik berjaga-jaga dengan memeriksa kondisi penderita ke dokter.

Penyebab Tipes dan Gejala Umum

Sakit tipes adalah sejenis sakit demam yang dalam ilmu kesehatan dikenal dengan demam tifoid akibat bakteri salmonella typhii.

Berbagai sumber menyebutkan bahwa penyakit tipes atau sering juga orang sebut typus ini umum dialami orang dewasa dan anak-anak. Namun, tidak boleh disepelakan karena jika tidak ditangani dengan baik bisa berakibat fatal.

Umumnya, tipes yang masih tergolong normal, memiliki ciri-ciri yaitu demam tinggi disertai keringat dingin, tubuh lemas, gangguan pencernaan, sakit perut, hilangnya nafsu makan, serta sakit kepala.

Gejala penyakit tipes ini meskipun umum, namun sangat tidak nyaman. Bahkan, meskipun masih dianggap gejala tipes ringan, tapi bisa membuat penderitanya tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Penderita gejala tipes bahkan hanya bisa tiduran dan istirahat.

Kondisi ini membuat penderita sakit tipes harus mendapatkan perawatan yang segera mungkin agar ia lekas sembuh dari penyakit tipes.

Ciri Penyakit Tipes yang Parah dan Harus Segera Ditangani

Bakteri penyebab tipes bisa tetap bersarang di tubuh meskipun penderita sudah sembuh. Hal ini terjadi jika pengobatan belum tuntas.

Bahkan ada ciri ciri tipes yang tergolong berbahaya, yaitu jika terjadi komplikasi. Sebagaimana berbagai sumber kesehatan menyebutkan, ada beberapa ciri tipes yang tergolong serius dan perlu penanganan segera. Apa saja?

Terjadi Perdarahan Dalam

Penyakit tipes berhubungan dengan gangguan pencernaan. Pada kondisi yang parah, bisa terjadi pendarahan di bagian usus. Tandanya antara lain: penderita merasa lelah sepanjang waktu, mual muntah, sakit perut yang hebat, kulit pucat, detak jantung tidak teratur, muntah darah, serta warna feses gelap atau hitam.

Gangguan Pernapasan

Pernafasan juga bisa terganggu akibat penyakit tipes. Gangguan pernafasan berupa pneumonia bisa terjadi akibat bakteri yang menginfeksi saluran pernafasan.

Apa yang bisasanya menjadi tanda gangguan pernafasan akibat dari tipes? Penderita mengalami kelelahan, demam, nyeri otot, serta sakit dan sesak di bagian dada.

Kompikasi Organ Lainnya

Ciri penyakit tipes yang parah juga adanya komplikasi kepada organ tubuh lain. Infeksi bakteri salmonella thypii bisa menyerang ginjal, pankreas, jantung, bahkan bisa ke otak.

Meskipun begitu, jangan menunggu adanya komplikasi kepada organ lain. Sebaiknya, penderita sakit tipes segera diperiksa dokter, minimal jika sudah menunjukkan gejala berikut ini.

Pertama, sakit kepala yang tidak kunjung mereda.

Kedua, demam tidak kunjung reda setalah 3 hari dan sudah minum obat penurun panas.

Ketiga, mengalami sakit perut atau kram perut yang parah

Keempat, diare lebih dari 3 hari.

Meskipun sebelumya sudah mendapatkan vaksin demam tifoid, tapi berbagai sumber kesehatan menyebutkan bahwa vaksin belum tentu menjamin perlindungan sepenuhnya. Jadi, tetap harus segera ke dokter.

Refrensi :
https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/kesehatan/read/3-penyakit-yang-membuatmu-wajib-rawat-inap-di-rumah-sakit
https://www.pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/kesehatan/read/5-gejala-tipes-yang-harus-diwaspadai
https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/berbagai-gejala-tipes/

Itulah Ciri Penyakit Tipes yang Parah dan Harus Segera Ditangani. Apablila ciri di atas ada pada orang yang mengalami sakit tipes, sangat besar kemungkinan ia membutuhkan rawat inap di rumah sakit.

Satu Komentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *