Parenting,  Seputar Anak,  Tips

Anak Bunda Bosan Sarapan Nasi? Yuk, Coba 8 Menu Alternatif Ini

Menu sarapan pagi anak selalu identik dengan nasi goreng atau nasi dengan telur ceplok mata sapi. Menu sarapan yang hampir sama setiap harinya bisa membuat buah hati bosan.

Selain itu, makan nasi putih terlalu banyak juga memang  kurang baik untuk kesehatan. Pasalnya, nasi mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Nah, berikut ini menu alternatif sarapan untuk buah hati yang bergizi dan bisa membuat sarapan lebih seru. Tenang saja Bun, cara membuat sarapan untuk anak ini mudah dan sesuai dengan situasi pagi hari yang menuntut serba praktis.

1. Sereal dan buah

Sereal dan Buah

Ada banyak pilihan sereal di supermarket untuk sarapan si kecil. Mulai dari rasa buah, coklat, madu, dan jagung.

Supaya mencegah gula berlebih, Bunda bisa memilih rasa jagung. Hidangkan bersama susu dan potongan buah. Susu plain lebih baik. Namun, bisa juga kok diganti susu coklat atau stroberi.

Adapun buah yang digunakan bisa potongan buah pisang, kiwi, stroberi, apel, dan lain-lain.

2. Smoothies buah dan yoghurt

smoothies buah dan yoghurt

Bunda juga bisa membuatkan sarapan berupa smoothies buah dan yoghurt. Hal ini terutama jika anak malas mengunyah dan ingin makan sarapan yang lebih praktis.

Yoghurt ini bagus sekali untuk sistem pencernaan buah hati. Selain mengandung bakteri baik, proteinnya juga lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Padukan pula buah kesukaan si kecil dengan yoghurt dan madu. Madu lebih baik digunakan ketimbang gula pasir supaya si kecil tidak terlalu banyak mengonsumsi gula.

3. Salad Buah

salad buah

Memang kurang familiar menyantap selain karbohidrat di saat sarapan. Namun, bagaimanapun, salad buah bisa tetap menjadi alternative untuk buah hati. Apalgi jika anak Bunda cepat merasa enek saat menyantap makanan.

Karena untuk sarapan, hindarilah buah yang bercita rasa asam agar tidak memicu asam lambung.

Buah yang bisa Bunda pilih di antaranya pisang, papaya, stroberi, melon, tomat, atau alpukat yang cenderung mengenyangkan. Tambahkan salad dressing berupa mayonais, yoghurt, atau bisa juga ditambah madu sesuai selera si kecil.

Jangan khawatir, makan buah di pagi hari bagus untuk untuk membersihkan pencernaan.

4. Salad Kentang

salad kentang

Bunda tetap takut si kecil kurang kenyang? Bunda bisa mengganti dengan salad kentang.
Caranya, campur kentang rebus, potongan telur rebus dan mayonais. Aduk rata lalu taburi dengan keju parut dan paterseli cincang (jika ada).

Bunda juga bisa menambahkan potongan daging dan kacang polong supaya menambah varian gizi untuk Buah hati.

Menu khas Jerman ini lezat dan mengenyangkan lho Bun.

5. Pancake

pancake

Menu yang satu ini mungkin tidak begitu asing untuk dijadikan menu sarapan. Tapi, seringkali para Bunda juga melewatkan ide untuk membuat menu satu ini.

Pancake yang rasanya manis, bisa kok dijadikan menu sarapan.

Cara membuatnya gampang kok Bun. Siapkan tepung terigu, telur, mentega, susu, dan gula pasir.
Supaya rasaya lebih bervariasi, tambahkan potongan pisang, cokelat, maupun buah-buahan kesukaan si kecil pada adonan.

Tuangkan sirup maple (jika ada) di atas pancake buatan Bunda, serta gula halus. Menu ini bisa juga untuk bekal sekolah si Buah Hati.

6. Sandwich

sandwich

Roti tawar sudah biasa jadi stok di rumah ya Bun. Nah, dengan bahan dasar ini, bisa membuat varian sarapan un tuk Buah Hati menjadi sandwich yang enak.

Sandwich bisa berisi telur goreng (atau daging), dengan tambahan sayuran, dan keju. Bakar atau panggang di atas Teflon agar aromanya lebih menggugah selera.

Bunda juga bisa mengakali cara yang lebih simpel dengan mengolah roti tawar menjadi frech toast. Caranya, redam roti tawar dalam telur kocok campur susu (sebentar saja), lalu panggang di atas Teflon.

Rasanya yummy!

7. Pasta

pasta

Pasta juga bisa lho menjadi alternatif sarapan anak.

Spaghetty Bolognese dicampur saus daging, atau macaroni saus keju. Supaya lebih menarik, Bunda bisa membentuk spaghetti menjadi bentuk karakter animasi dengan potongan sosis, lembaran keju dan nori lho.

8. Omelet

omelet komplit

Jika buah hati Bunda termasuk pecinta telur, maka omelet layak dicoba.

Caranya, tambahkan potongan sayur, jamur, kentang rebus, atau daging dan keju bersama telur kocok. Panggang dengan margarin atau sedikit minyak goreng.

Rasanya pasti lezat dan lebih mengenyangkan.

Itu dia 8 Menu Alternatif Sarapan untuk Anak Selain Nasi. Banyak kan Bun?
Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *