agar anak gemuk sehat
Parenting,  Tips

Agar Anak Gemuk Sehat Secara Alami, Coba Yuk Tipsnya Bun..

Kebanyakan Bunda pasti ingin agar anak gemuk dan sehat. Kalau anak sehat pasti rasanya senang dan lega ya.   

Banyak cara yang Bunda-bunda tempuh agar anak gemuk sehat. Bahkan ada yang menggunakan segala cara yang mungkin keliru, seperti di postingan sebelumnya. Postingan sebelumnya membahas kesalahan orang tua untuk membuat anak gemuk dengan memakai cara instan dan cara-cara lainnya yang sebenarnya bisa saja tidak sesuai saran dokter dan bisa jadi keliru untuk kesehatan anak.  

Nah, supaya anak gemuk sehat alami, ada cara yang telah disepakati ahli kesehatan sebagai cara yang benar lho Bun. Dan itu efektif. Apa sajakah itu?

Pertama, Beri Anak Makanan Berkalori Tinggi

Kalori tinggi bukan berarti asal kalori dong. Kalori yang dimaksud adalah kalori baik dari sumber makanan berupa: alpukat, keju, daging sapi, ayam, telur, pisang, dan bisa juga minyak zaitun (sebagai campuran makanan si kecil).  

Makanan-makanan tersebut bisa jadi asupan menu harian si kecil. Jika sebelumnya tidak pernah atau jarang memberikan makanan di atas kepada anak, mulai sekarang jadwalkan saja Bun. Semoga dengan memberikan anak makanan tersebut, badannya pun bisa gemuk sehat sesuai harapan bunda.  

Makanan kalori tinggi tersebut termasuk lezat dan enak. Anak saya (7 tahun) juga suka. Terutama alpukat. Biasanya saya berikan dengan cara diserut dan diberi susu kental manis. Pisang juga suka. Hanya jenis pisang tertentu seperti pisang kapok, pisang raja, dan pisang nangka.  

Adapun telur dan daging bisa divariasikan sesuai kesukaan si kecil. Keju dan minyak zaitun bisa ditambahkan kepada telur goreng, omelet, maupun makanan lain.  

Kedua, Tambah Porsi Makan Anak

Jika biasanya anak makan sedikit, Bunda bisa tambah porsinya. Memang tidak mudah jika kendala yang Bunda hadapi adalah anak susah makan. Jangankan porsi kecil, mau makan saja sudah sukur.   Kalau begitu, biasanya Bunda harus benar-benar ekstra perhatian kepada pola makan si kecil. Harus benar-benar jeli apa makanan yang benar-benar disukai anak dan cara menyajikannya seperti apa.  

Mungkin dari semua jenis ikan, ternyata anak hanya suka ikan lele. Atau daging yang ia suka hanya daging kambing. Cara masaknya pun ikan lele hanya suka jika digoreng dengan bumbu kuning. Daging kambing yang disate. Itupun harus yang dagingnya empuk. Itu salah satu contoh bagaimana dilema nya menghadapi anak susah makan.  

Tapi ya, memang butuh sekali kesabaran ya Bun.. dengan mengetahui apa yang disukai buah hati, maka kita pun bisa memberikan ia porsi makan yang lebih banyak. Anak pun bisa terjaga postur tubuhnya agar tidak kurus.   Meskipun demikian, tentu kita harus tetap mengenalkan makanan lainnya secara rutin. Supaya kebutuhan nutrisi anak tercukupi. Gemuk nya pun gemuk sehat nantinya.  

Ketiga, Biasakan Anak Makan dengan Teratur

Makan teratur berarti menepati jadwal makan pada umumnya. Ada sarapan pagi, makan siang, dan makan sore atau malam. Bukan berarti tidak boleh makan di luar jam itu. Justru sangat boleh kalau anak mau.  

Adanya jam makan terjadawal dimaksudkan agar si kecil jangan sampai tidak makan sesuai kebutuhan. Misal tidak sarapan dengan dalih belum mau. Tidak makan siang dengan alasan sudah kenyang makan jajanan. Tidak makan malam karena keburu ngantuk.  

Dengan memiliki aturan waktu makan, diharapkan anak tercukupi kalori serta gizinya. Jangan sampai ia kurus karena kurang asupan makanan dan nutrisi.  

Keempat, Lengkapi Nutrisi Si Kecil

Meskipun banyak jenis makanan penambah berat badan, namun nutrisi lainnya harus lengkap. Misalnya karbohidrat harus selalu ada karena memiliki kandungan energi buat tubuh anak. Vitamin dari buah-buahan juga perlu agar metabolisme tubuh si kecil lebih lancar. Protein hewani supaya anak tidak lemas, karena protein hewani sangat baik dalam menjaga stabilitas hemoglobin dalam darah. Kita tahu bahwa Hb sangat penting dalam mengantarkan nutrisi makanan ke seluruh tubuh.  

Jadi, berbagai cara apapun yang Bunda tempuh dalam mendongkrak berat badan Anak, tetap saja nutrisi lengkap harus tercukupi ya.  

Nah, empat cara agar anak gemuk sehat ini semoga bisa bermanfaat buat para orang tua. Khususnya yang punya masalah dengan berat badan dan tubuh anak yang tidak kunjung gemuk.  

Namun, perlu ingat bahwa yang penting anak sehat walau tubuhnya tidak terlalu gemuk. Hanya saja, bila terlalu kurus, orang tua khawatir juga ya. Jadi, cara-cara di atas merupakan usaha agar tubuh anak lebih berisi dan sehat sekaligus kuat. Tidak kurus dan lemah.  

Semoga berhasil membuat tubuh buah hati lebih baik dan berisi ya Bun. Salam sehat.

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *