Ibu Rumah Tangga, Lifestyle, Perempuan, Tips

9 Ide Kegiatan Me Time Supaya Bunda Semangat Kembali Menjalani Peran

Me Time versi ibu rumah tangga pastinya akan sedikit berbeda dengan perempuan yang masih lajang. Mungkin malah beda sama sekali.
Jika perempuan yang masih lajang melakukan me time dengan cara menghindar dari bertemu orang-orang, alias ambil waktu sendiri. Me Time versi ibu rumah tangga justru menghindar sesaat dari rutinitas rumahan. Khususnya beban sebagai istri, ibu, maupun dari pekerjaan rumah. Bisa jadi me time nya malah bertemu banyak orang.
Me Time bukan dimaksudkan untuk semata-mata ingin menjauhi tanggungjawab kok. Sebaliknya, justru jika ibu mengambil waktu untuk dirinya, akan lebih semangat menjalani peran di rumah. So, buat para ayah, perlu sekali pengertian untuk memberikan kelonggaran bagi para Bunda agar bisa sejenak bernafas dari beban sehari-hari.
me time for women by wordpress
Nah, apa saja kegiatan me-time yang bisa Bunda lakukan agar kembali semangat menjalani peran di rumah?
#1 Pijat dan Spa
Tubuh seringkali mengalami pegal dan lelah karena pekerjaan rumah. Memilih rutin pijat dan spa setiap satu atau dua bulan akan sangat membantu membuat ibu lebih rileks dan kembali fit.
Selain itu, rutin melakukan pijat dan Spa bisa membuat Bunda lebih cantik. Para ayah pun akan senang pastinya kalau istri lebih awet muda dan segar. Betul?
#2 Hangout Bareng Teman
Kalau para lajang melakukan me time dengan menghindari teman, ibu rumah tangga (IRT) malah sebaliknya. Butuh sosialisasi di luar lingkungan rumah.
Interaksi dengan suami dan anak saja setiap hari bisa menurunkan kualitas komunikasi Bunda lho. Gak percaya, coba saja.
Adanya teman-teman berkumpul, selain punya wahana bersosialisasi, juga menambah wawasan, sharing ilmu, bahkan bisa mendatangkan semangat dan rejeki juga. Nah tuh!
Tapi, dengan catatan bergaulnya dengan orang-orang yang positif ya Bun.
#3 Sekedar Creambath, Ganti Gaya Rambut, atau Melakukan Smoothing
Merawat rambut dan merasakan pijatan serta aliran air dingin di kepala bisa bikin rileks juga. Merawat rambut bisa membuat Bunda jadi merasa tampil beda dan baru.
Selain itu, perawatan seperti smoothing dapat membuat rambut rapi. Tampil di dalam rumah pun jadi percaya diri.
#4 Shopping atau Cuma Keliling Mall
Perempuan pasti akan sangat bahagia kalau shopping. Itu sudah naluriah ya kayaknya. Jadi, meluangkan waktu untuk shopping cukup bikin semangat menyala kembali.
Bahkan cuma keliling Mall dan melihat-lihat barang bagus, juga bisa bikin bahagia lho. Selain cuci mata, juga bisa menambah wawasan tentang barang-barang bagus jika suatu saat butuh. Semisal ide barang yang bisa dikado ke teman yang ultah atau untuk kebutuhan diri dan keluarga.
#5 Makan di Luar Rumah
Cobalah sesekali makan sendiri di restoran atau cafe tanpa anak dan suami. Terutama jika Bunda seorang pecinta kuliner.
Maklum, kalau sudah menikah dan punya anak, makan di luar pun seringkali tidak bisa dinikmati secara utuh. Seorang ibu pasti akan mendahulukan anak-anak dan suami. Ya, suami yang sudah mencari nafkah dan juga jadi pemandu, pengayom, driver ketika pergi ke luar, masa sih pas makan tidak didahulukan.
Nah, kebiasaan Bunda yang suka mengalah kalau makan di luar, sesekali boleh kok makan sendiri tanpa anak dan suami.
Makan di luar juga bisa menambah perbendaharaan Bunda mengenai menu makanan enak untuk ditiru di rumah. Asik bukan?
#6 Membaca Buku
Buat Bunda yang cinta buku alias senang membaca, kegiatan satu ini termasuk me time yang menyenangkan. Membaca buku yang disukai jadi hiburan dari rutinitas mengurus rumah dan keluarga.
Ambil waktu 15 atau 30 menit di saat pekerjaan rumah agak longgar, dan Bunda pun bisa ter-charging kembali. Selain itu, ilmu juga bertambah ya kan?
Kalau memang setiap harinya tidak sempat membaca sama sekali, bisa ambil di hari-hari tertentu. Komunikasikan dengan pasangan bahwa di hari tertentu Bunda ingin baca buku. Semua perlu komunikasi tentunya ya. Jangan sampai sedang asik membaca, paksu yang tidak paham malah minta dibuatkan secangkir teh panas.
#7 Melakukan Hobi
Tadi membaca juga sebenarnya bagian dari jenis hobi. Ya, jika Bunda punya hobi tersendiri seperti berkebun, merajut, olahraga, eksplorasi resep masakan baru, bisa luangkan waktu untuk itu.
Punya hobi menulis dan blogging, bisa luangkan waktu beberapa hari dalam seminggu untuk menulis blog. Bisa sekedar curhat atau memang ingin berbagi ilmu kepada pembaca di dunia maya.
Pokoknya, hobi apapun, jangan ragu untuk Bunda jalani. Semua demi kebaikan diri Bunda yang efeknya ke keluarga juga.
#8 Menulis Diary
Masih suka curhat di buku? Sah-sah saja kok Bun. Selain dapat menyalurkan emosi, Bunda juga bisa mengasah keterampilan menulis lewat diary.
Kalau curhat di blog terasa malu karena isinya sangat pribadi, kembali ke cara klasik lewat wahana buku diary pun sangat bermanfaat.
Curahkan isi hati lewat diary, karena tidak semua yang kita rasakan bisa kita utarakan ke orang-orang terdekat. Utamanya, orang-orang sekitar kita terlalu sibuk untuk mendengarkan bukan? Bahkan suami yang baik pun, bisa mengalihkan perhatiannya ke handphone saat kita baru curhat 5 detik saja. Hay hay itu sudah watak laki-laki kali ya.
#9 Membeli Produk Perawatan untuk di Rumah
Me Time bisa dilakukan di rumah juga kok. Tidak sempat perawatan di salon, juga bisa dilakukan sendiri.
Beli beberapa produk bodycare, skincare, perawatan rambut yang Bunda sukai. Misalnya berupa scrub, lulur mandi, masker wajah, lotion, conditioner, vitamin rambut, hingga body colonge.
Lalu mulai manjakan diri sendiri saat mandi. Merawat tubuh dan rambut serta wajah juga sangat menyenangkan lho. Apalagi jika sudah beli produknya, bisa perawatan rutin jadinya. Asik bukan? 
“daripada berlelah-lelah membawakan masakan untuk mendapatkan hati seorang pria, lebih baik suntikan botox di wajah” artinya, daripada susah payah menyenangkan hati orang yang kita cintai, lebih baik cintai diri sendiri. Nanti juga orang akan mencintai kita dengan sendirinya.
by The Legend of The Blue Sea